DESA CILEMBU

Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)

Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)Ngomongin soal Jalan raya, sebelumnya kita telah diskusikan tentang IRI, kesimpulan dari diskusi tersebut "kita semua jadi tambah bingung"...oleh karenanya, daripada korsletnya tambah tragis, mendingan kita serahkan saja urusan IRI pada ahlinya saja....;o)

ASPHALT MIXING PLANT (AMP) adalah unit mesin yang digunkan untuk memproduksi material campuran aspal dengan material agregat batu.

Proyek pembangunan Jalan raya perkerasan lentur ataupun pelapisan ulang (overlay) menggunakan asphalt mixing plant sebagai material lapis perkerasan seperti asphalt concrete, dimaksudkan agar mutu dan keseragaman campuran tetap terjamin dan homogen
Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)
Dasar Pemeriksaan AMP adalah :
Manual Nomor 001/BM/2007, Tentang Pemeriksaan Peralatan Unit Produksi Campuran Beraspal (AMP) dan Petunjuk Sertifikasi Kelaikan Operasi Peralayan Dilingkungan DITJEN. BIna Marga Nomor 001/BM/2009
Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)

Komponen-komponen pada AMP
  1. Cold Bib (Bin Pendingin)
  2. Pengangkut Agregat Dingin (Collecting Belt Cold Conveyor)
  3. Pengering (Dryer)
  4. Pemanas (Burner)
  5. Pengumpul Debu (Dust Collector)
  6. Elevator Panas (Hot Elevator)
  7. Bergetar Saringan (Screen)
  8. Bin Panas (Hot Bin)
  9. Bin Penimbang (Weigh Bin)
  10. Pencampur (Pugmil)
  11. Pemasok Aspal
  12. Bahan Pengisi (Filer)
  13. Tenaga Penggerak
  14. Bin Filer
  15. Peralatan Laboratorium Lapangan
1.  Cold Bin 
Komponen yang harus diperiksa 
No.
Komponen Yang  Diperiksa
Kondisi *)
Ket.
Baik
Rusak
Tidak
Lkp.
Tdk. Lkp
1
Pelat pemisah antar bin
2
Dinding bin / hopper
3
Bukaan pintu bin
4
Pintu pengatur bukaan dan penguncinya
5
Skala meter bukaan
6
Motor penggerak
7
Penggetar
8
Pengatur kecepatan
9
Kontruksi pendukung / rangka
10
Pelindung bin

Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)

Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)


Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)

2.  Pengangkut Agregat Dingin (Collecting Belt Cold Conveyor)
No.
Komponen Yang  Diperiksa
Kondisi *)
Ket.
Baik
Rusak
Tidak
ada
Lkp.
Tdk. Lkp
1
Ban berjalan ( Belt conveyor)
penampung dari bukaan bin dingin
2
Ban berjalan ( Belt conveyor) collector
3
Ban berjalan ( Belt conveyor)
pengantar ke dryer
4
Ban berjalan ( Belt conveyor)
feeder penuang (ke dalam dryer)
5
Alat penimbang berat agregat
6
Roll pemutar
7
Motor pemutar
8
Bearing
9
Sprocket
10
Roller
11
Gear
12
Chain
13
V-Belt
14
Kontruksi Pendukung/ rangka
15
Pelindung kontruksi

Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)

Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)


Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)


Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)


Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)


Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)

3.  Pemanas (Burner)
No.
Komponen Yang  Diperiksa
Kondisi *)
Ket.
Baik
Rusak
Tidak
ada
Lkp
Tdk. Lkp
1
Tangki bahan bakar
2
Pompa bahan bakar
3
Pipa-pipa
4
Blower udara
5
Alat ukur (Flow meter)
6
Penyemprot (Burner)
7
Batu tahan api
8
Konstruksi / rangka

Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)
Petunjuk Pemeriksaan ASPHALT MIXING PLANT (AMP)

Semoga berguna untuk para pemelihara jalan raya.


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

ternyata aspal itu bisa di cek yaa kualitasnya
berarti aspal jalan raya di tempat saya klw di cek pasti kualitas abal2 krn cepat sekali rusak

Balas

dengan proses1 ini jalan yang diaspal lebih terjaga mutunya dibanding dengan cara kuno, aspal yang digunakan bisa ekonomis

Balas

Baru juga tau kalau aspal bisa dicek tapi kan nggak bisa dirasa

Balas

ah masa....air dan genangannya juga bisa jadi penyebabnya ko'

Balas

kira kira begituh deh...;o)

Balas

hiyah, katanya sih begituh...;o)

Balas

kalau bisa dirasa, namanya asparagus...halaaa...

Balas

wah ternyata besar-besar juga ya pak mesin nya yang digunakan untuk memproduksi aspal ini. Saya terus terang belum pernah lihat pak. Soalnya belum pernah jalan-jalan kesitu hehehe :D

Balas

Hahaha kalau liat meisn mesin yang gede gede kaya MOLEN itu sudah kayak di film TRANSFORMER aja deh. Itu tu yang bisa melahap pasir, mobil, rumah dll di sedot hahhahahahahahhaa

Balas

sama dong, saya juga cuman liat digambar ini doang ko'....;o)

Balas

serasa di lingkup bina marga..!

Balas

Judulnya..sy kira game asphalt kang :)

Balas

kang hadi ternyata orang teknik yang hebat juga ya, sangat fasih membahas masalah permesinan.. bijin lebel khusus mesin pasti sangat menarik kang.. itung itung amal ilmu pada teman dan orang yang membutuhan, hehe

Balas

Liat gambar2 nya gitu jadi penasaran mau liat langsung.. Selama ini liat aspal kalau sedang ada perbaikan jalan hehehe :D

Balas

Bersambung ?
Baik sekali info ini untuk daerah kami karena saat ini sedang dibangun dua jalur jalan penghubung antar kabupaten, pelebaran jalan.

Balas

kalau jalanan aspal semuanya mengacu sama hal2 diatas, mungkin gak akan ada lg yg asal ngaspal jalan yaa, jadi aspalnya awet hhe

Balas

aspal aja bisa awet muda, apalagi Akang Hadi. Ayo Kang, Akang bisa!

Balas

itu bukan di transformer, tapi di film Kum-Kum

Balas

ini ngomenin siapa coba?

Balas

kang ubi..... bahasanya dewa banget .

Balas

support suppport mamamng.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger