DESA CILEMBU

Deteksi Leukemia pada anak sejak dini


Deteksi Leukemia pada anak sejak diniDeteksi Leukemia pada anak sejak dini, Desa Cilembu ~ Menurut penelitian yang dilakukan Rumah Sakit Pusat Pertamina(RSPP), setiap tahun, ada 3000 anak usia dibawah 15 tahun didiagnosa menderita Leukemia, di Indonesia ini hampir 60% nya Leukemia yang ditangani Rumah sakit sudah memasuki stadium lanjut.
Secara umum ada dua jenis kelompok besar kanker, yaitu :

  1. Kanker Cair, bentuk cair dalam tubuh adalah darah biasa disebut Leukemia
  2. Kanker Padat, kanker ini dapat terlihat karena berbentuk benjolan yang dapat terjadi dalam tubuh seperti pada otak, ginjal, hati, mata dan banyak lagi.
Leukemia (Kanker darah), sering terjadi pada anak, sebab itu, ngga ada salahnya jika kita dapat mendeteksinya lebih awal dengan cara mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang Leukemia.
Leukimia itu berada di sumsum tulang yang merupakan tempat produksinya :  
  • sel darah merah (eritrosit),
  • sel darah putih (leukosit), dan
  • keping darah (trombosit)
Leukimia (Kanker darah) terjadi jika produksi ke tiganya ngga berjalan dengan baik dan maksimal, akibatnya kadar eritrosit dan trombosit menjadi rendah, sementara sel darah putih (leukosit)nya diproduksi secara berlebihan yang pada akhirnya, sel darah putih yang seharusnya menjadi pelindung, justru menekan eritrosit dan trombosit, karena mengalir bersama darah, maka dapat menyebar ke otak, tulang, hati, kulit, gusi, limpa dan testis.
“Sel darah putih akan memakan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh dan keping darah yang berperan dalam proses pembekuan darah,”

proses ini bisa disebut sebagai gejala kanker darah(Leukemia)

Deteksi Leukemia pada anak sejak dini dengan mewaspadai, jika anak mengalami:
  • anak terlihat pucat tanpa sebab
  • sering mengalami demam 
  • sering mengalami mimisan
  • sering mengalami perdarahan kulit, gusi
  • mudah mengalami memar
Kewaspadaan harus ditingkatkan jika ditemukan juga gejala gejala, seperti :
  • adanya bintik merah dan coklat tua, mirip demam berdarah
  • berat badan turun dan mudah lemas disertai denyut jantung yang cepat
  • nyeri pada tulang
  • perut yang membesar
  • testis membesar dan keras
jika gejala gejala diatas dialami anak, artinya 90% terkena kanker darah(Leukemia), maka segeralah memeriksakan anak pada dokter ahli.

Bila Hal tersebut dialami, tetaplah tenang dan lanjutkan berdo'a pada pemberi hidup, karena berarti leukemia yang diderita sang anak terdeteksi sejak dini, sehingga dapat segera ditangani, hingga semakin besar kemungkinan untuk dapat disembuhkan.
Itulah maka betapa pentingnya bagi orang tua memiliki pengetahuan tentang gejala leukemia, sebagai ilmu dan kewaspadaan diri terhadap kesehatan keluarga.

Metode pengobatan medis 
Metode pengobatannya menggunakan Metode Stem Cell, Direktur Laboratorium Regional Cordlife Andrew Ekaputra menjelaskan, stem cell sangat penting dilakukan karena memiliki kemampuan dalam mengganti dan meregenerasi kerusakan genetika dan beberapa penyakit yang berkaitan dengan kelainan darah, Untuk memastikannya, kata Bambang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah tepi untuk mengetahui jumlah haemoglobin, leukosit dan trombosit. Selain itu, perlu diperiksa sumsum tulang belakang. Sebab, harapan hidup pasien leukemia kini sudah lebih dari 50 persen.

“Kalau ditemukan sejak dini, harapan sembuh sangat besar. Ada pasien saya yang didiagnosa leukemia sejak usia 4 tahun bisa sembuh dan sekarang sudah dewasa memiliki dua anak,” katanya.

Tinggi rendahnya harapan hidup pasien, jelas Bambang, ditentukan oleh dua hal. Yakni, penemuan kanker pada stadium awal, serta kepatuhan pasien dalam pengobatan. Pengobatan utama leukemia bisa ditempuh lewat kemoterapi. 
 
Semoga Deteksi Leukemia pada Anak Sejak Dini ini menjadikan kita para orang tua kian waspada terhadap gejala sekecil apapun yang terjadi pada anak-anak tercinta.
dari berbagai sumber di google

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

64 komentar

Menakutkan kang,,
belajar hidup sehat saja lah

Balas

Ngeri banget dah jadinya baca postingan ini, padahal bukan cerita horor yah.. Iiih..

Balas

wah klau soal gnian hrs dihinari nih mas

Balas

Kl sdh dengar kemotrapi kok saya ngeri ya kang. Sebab ktnya ada cara lain yg tdk smp ke kemo.

Balas

wah informatif mang, nuhun.

Balas

Benar kata Mas Onqi. Informasi kesehatan ini memang cukup menakutkan. Ini pelajaran berharga buat kita semua, Betapa pentingnya menjaga kesehatan. Semoga kita semua diberikan kesehatan lahir dan bathin oleh Allah SWT

Balas

Kasihan ya penderita leukimia itu.. Semoga bisa ditemukan penyembuhnya

Balas

info yang sangat bermanfaat kang, dengan begitu gejala Leukemia dapat kita ketahui sejak dini ya kang, kesehatan sangat amat mahal dan penting , jadi selalu berusahalah untuk menjaga harta yang satu ini untuk kita dan keluarga tercinta

Balas

Serem nih penyakit, makasih Kang infonya, menarik nih... :)

Balas

wah.. harus cepet di deteksi ya.. kalo telat bisa bahaya... soalnya denger-denger ini penyakit sebenarnya penyakit orang kaya.. harus transfusi dara terus ya..

Balas

Ooohhh jadi anak dibawah umur15 malah bisa terkea kanker??? Harus hati" niih sering di periksa

Balas

wah saya sering mengalami mimisan nih sob kalo ngeliat cewek cabe-cabean. ^_^
kira2 termasuk gejalan leukemia gak tuh? ^_^

Balas

leukemia sangat berbahaya dan harus dicegah sejak dini ya mas :D makasih sharingnya :)

Balas

weleh mengrikan sekali ya kang...yang dibawa ke RS 60% sudah akut ?? berarti awal2nya kurang pemeriksaan ya ?? kudu hati2 euy kudu tanginas meriksain ada gejala sekecil apapun juga

Balas

leukimia memang penyakin yang susah disembuhkan..
mudah-mudahan kita terhindar dari penyakit ini..
Amin

Balas

aaaaamiiiin.....semoga artikel diatas ngga pernah terjadi pada keluarga kita.

Balas

lebih horor dari cerita horor kan?...;o)

Balas

hiyah yah....mendingan kita berdo'a untuk keluarga kita agar selalu diberi kesehatan lahir bathinnya semua deh yu...

Balas

aaaamiiiin. mugi we aya guna'na nya ceu...;o)

Balas

deteksi dini makanya, agar kemungkinan sembuhnya lebih besar.

Balas

leukimia salah satu penyakit yang pastinya dikatui banyak orang, semoga keluarga kita terhindar dari hal seperti ini ya mang, amin

Balas

aaaamiiiin...semoga ini jadi pencerahan bagi kita semua para orang tua.

Balas

tumben kan?...;o)

Balas

andai penyakit sekolahnya S3,pasti dia milih hanya kepada orang kaya doang deh...;o)

Balas

hati hati dan waspada, semoga putra putrinya selalu disehatkan...aaaamiiiiin

Balas

emang masih doyan cabe cabean gituh...?
idiiih..

Balas

kata para pakarnya seh gituh...;o)

Balas

Oalah kang.. Saya sepat bingung leukemia itu apa. Ternyata kanker darah to kang. Hehehe
terimakasih penjelasanya kang. Saya jadi tau deh. Hehehe

Balas

Trimakasih mas infonya jadi tau nih..semoga tidak ada yang kena penyakit ini lah sebab ngeri

Balas

banyak juga terserang leukimia,,,,
mudah"an bisa terobati dan sembuh
amin ,,,

Balas

itu penyakit bisa dari turunan orang tua mas ?

Balas

Metode Stem Cell... Udah ada di Indonesia???

Balas

Sip deh... mkasih ya info nya mas
sangat bermanfaat banget :)

Balas

wah artikel yang bermanfaat banget nie kang, istilah leukimia saja saya baru tahu ini....
terimakasih atas sharing infonya :)

Balas

stem cell katanya ahli kesehatan meang bagus untuk mengobati penyakit dalam, bukan daleman berenda lho ya?
semoga sehat selalu kang

Balas

ho'oh...setangginas tangginas na lah...beh siga domba garut kitu tah....;o)

Balas

aaaamiiiin....mari kita berdo'a untuk kesehatan kita semua yu...

Balas

aaaaamiiiiin...semoga artikel ini hanya sebatas sebagai pengetahuan, tidak untuk dipraktekin ya kang.

Balas

saya juga jadi tau kalau akang baru tau....;o)

Balas

aaaaamiiiiin....
senangnya dipanggil mas, berasa 20 lebih muda geto...;o)

Balas

aaaaamiiiiin....semoga keluarga dan tetangga, juga sahabat sahibit kita sehat semuanya selalu yei

Balas

sbentar ya...tak tanyain sama anakku yang dokter.

Balas

kalau disini mah udah ada...ngga tau kalau di endonesah mah ya?!

Balas

wokeh...makasih kembali, moga be'guna yei

Balas

jarang jarang kan?....kebetulan obatnya ngga salah minum tuh

Balas

daleman ber renda mah silahkan comot sama kang agus azh lah...;o)

Balas

Alhamdulillah hingga saat ini si kecil tidak ada tanda-tanda gejala leukimia seperti yang mang Ubi sebutkan diatas.

Balas

padahal.........................

Balas

saya jadi inget teman saya sma yang menderita leukemia kang

Balas

kewaspadaaan memang perlu ya kang untuk nge deteks gejala yang mirip sama penyakit ini..
matur suwun banget y kang..baut info nya :)

Balas

semoga kita terhindar dari segala jenis penyakit,,, amiin,,
kunjungan baliknya gan,,,

Balas

semoga tidak akan pernah mengalami penyakit ini nice pos

Balas

aaaaamiiiin....semoga

Balas

Alhamdulillah, jangan sampe dong.
moga hanya sebatas jadi pengetahuan doang deh ya.

Balas

kangen ya...?!gimana kabar terakhirnya tuh?

Balas

wspada disegala lini gitu deh kang.
matursuwun...sawangsulna nya'...;o)

Balas

aaaamiiiin...semoga demikian lah yah.

Balas

cabe cabe an...;o)

Balas

OK Kang, ini masukan bagus buat saya. Secara anak saya pernah punya masalah dengan darahnya. dan saya nggak ingin terulang kejadian yang terkait dengan darah ini. ngeri.

Balas

kasean sekali ya, penderitanya kebanyakan anak-anak, padahal usianya lagi bermain-main. tapi, mungkin inilah ujian..

artikel yang bermanfaat..

Balas

Iya betul mamang harus ada kesadaran dari orang tua untuk menyadarkan diri mereka sendiri untuk mendeteksi penyakit leukemia pada anak anak.

Balas

Oh my gusti nu agung mamang teh ngomongin artis asal tasik ini yah muantappp euy berarti artis tasik teh.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger