logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Deteksi Leukemia pada anak sejak dini

www.desacilembu.com

Deteksi Leukemia pada anak sejak diniDeteksi Leukemia pada anak sejak dini, Desa Cilembu ~ Menurut penelitian yang dilakukan Rumah Sakit Pusat Pertamina(RSPP), setiap tahun, ada 3000 anak usia dibawah 15 tahun didiagnosa menderita Leukemia, di Indonesia ini hampir 60% nya Leukemia yang ditangani Rumah sakit sudah memasuki stadium lanjut.
Secara umum ada dua jenis kelompok besar kanker, yaitu :

  1. Kanker Cair, bentuk cair dalam tubuh adalah darah biasa disebut Leukemia
  2. Kanker Padat, kanker ini dapat terlihat karena berbentuk benjolan yang dapat terjadi dalam tubuh seperti pada otak, ginjal, hati, mata dan banyak lagi.
Leukemia (Kanker darah), sering terjadi pada anak, sebab itu, ngga ada salahnya jika kita dapat mendeteksinya lebih awal dengan cara mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang Leukemia.
Leukimia itu berada di sumsum tulang yang merupakan tempat produksinya :  
  • sel darah merah (eritrosit),
  • sel darah putih (leukosit), dan
  • keping darah (trombosit)
Leukimia (Kanker darah) terjadi jika produksi ke tiganya ngga berjalan dengan baik dan maksimal, akibatnya kadar eritrosit dan trombosit menjadi rendah, sementara sel darah putih (leukosit)nya diproduksi secara berlebihan yang pada akhirnya, sel darah putih yang seharusnya menjadi pelindung, justru menekan eritrosit dan trombosit, karena mengalir bersama darah, maka dapat menyebar ke otak, tulang, hati, kulit, gusi, limpa dan testis.
“Sel darah putih akan memakan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh dan keping darah yang berperan dalam proses pembekuan darah,”

proses ini bisa disebut sebagai gejala kanker darah(Leukemia)

Deteksi Leukemia pada anak sejak dini dengan mewaspadai, jika anak mengalami:
  • anak terlihat pucat tanpa sebab
  • sering mengalami demam 
  • sering mengalami mimisan
  • sering mengalami perdarahan kulit, gusi
  • mudah mengalami memar
Kewaspadaan harus ditingkatkan jika ditemukan juga gejala gejala, seperti :
  • adanya bintik merah dan coklat tua, mirip demam berdarah
  • berat badan turun dan mudah lemas disertai denyut jantung yang cepat
  • nyeri pada tulang
  • perut yang membesar
  • testis membesar dan keras
jika gejala gejala diatas dialami anak, artinya 90% terkena kanker darah(Leukemia), maka segeralah memeriksakan anak pada dokter ahli.

Bila Hal tersebut dialami, tetaplah tenang dan lanjutkan berdo'a pada pemberi hidup, karena berarti leukemia yang diderita sang anak terdeteksi sejak dini, sehingga dapat segera ditangani, hingga semakin besar kemungkinan untuk dapat disembuhkan.
Itulah maka betapa pentingnya bagi orang tua memiliki pengetahuan tentang gejala leukemia, sebagai ilmu dan kewaspadaan diri terhadap kesehatan keluarga.

Metode pengobatan medis 
Metode pengobatannya menggunakan Metode Stem Cell, Direktur Laboratorium Regional Cordlife Andrew Ekaputra menjelaskan, stem cell sangat penting dilakukan karena memiliki kemampuan dalam mengganti dan meregenerasi kerusakan genetika dan beberapa penyakit yang berkaitan dengan kelainan darah, Untuk memastikannya, kata Bambang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah tepi untuk mengetahui jumlah haemoglobin, leukosit dan trombosit. Selain itu, perlu diperiksa sumsum tulang belakang. Sebab, harapan hidup pasien leukemia kini sudah lebih dari 50 persen.

“Kalau ditemukan sejak dini, harapan sembuh sangat besar. Ada pasien saya yang didiagnosa leukemia sejak usia 4 tahun bisa sembuh dan sekarang sudah dewasa memiliki dua anak,” katanya.

Tinggi rendahnya harapan hidup pasien, jelas Bambang, ditentukan oleh dua hal. Yakni, penemuan kanker pada stadium awal, serta kepatuhan pasien dalam pengobatan. Pengobatan utama leukemia bisa ditempuh lewat kemoterapi. 
 
Semoga Deteksi Leukemia pada Anak Sejak Dini ini menjadikan kita para orang tua kian waspada terhadap gejala sekecil apapun yang terjadi pada anak-anak tercinta.
dari berbagai sumber di google

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger