DESA CILEMBU

Es Krim Ubi Ungu

Es Krim Ubi Ungu ~ semua juga pada tau kan?, kalau selebritis dari Desa Cilembu yang sudah go internasional (Agnes monika mengikuti jejaknya) adalah Ubi 'madu' Cilembu, tapi....sejak tahun 2007 para petani di Cilembu mulai membudidayakan varietas Ubi Ungu, ini disebabkan, karena banyaknya permintaaan konsumen terhadap varietas ubi ungu ini, karena ternyata dari hasil penelitian yang dilakukan BPPTP Jatim, varietas Ubi Ungu ini memiliki manfaat sebagai obat herbal, karena kandungan yang dimiliki Ubi Ungu ini, dapat:
Es Krim Ubi Ungu
  • melancarkan aliran darah, 
  • mencegah kanker, 
  • melancarkan pencernaan, 
  • anti oksidan dan anti bakteri. 
Kandungan antosianin berfungsi melindungi :
  • kerusakan hati, 
  • serangan stroke hingga 
  • penyakit jantung.
Ubi yang satu ini juga mangandung :
  • vitamin A 7.700 Mg per 100 Gram. Jumlah ini bahkan mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat. 
  • Ubi ungu juga mengandung  Cu, lisin, Zn, K, Mg, mineral, lemak, protein, vitamin C, B1, dan serat kasar yang termasuk sumber karbohidrat tinggi.
  • Sedangkan zat selenium dan iodin ubi ungu ini 20 kali lebih tinggi dari ubi lain dan menjadi anti sel kanker yang kuat, 
  • dan membunyai anti bakteri 3,2 kali lebih kuat dari buah blueberry.
Agar konsumsi Ubi Ungu ini menjadi menarik dan menjadi makanan pilihan keluarga yang dapat menyehatkan, maka inovasi dan kreatifitas dalam penyajiannya harus terus digali dan dikembangkan, hingga pada tahun 2009 ditemukan olahan UBI UNGU  ini menjadi ES KRIM (baca: Ice Cream), yang pengolahannya sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja dengan tanpa menggunakan mesin mesin canggih yang harganya mahal, dengan demikian ES KRIM UBI UNGU ini dapat dijadikan usaha rumahan bagi para ibu-ibu dimanapun berada.

CARA KE 1
  • Ubi ungu yang masih segar 1 kg direbus dengan air dua liter. Setelah matang ubi dijadikan adonan pasta.
  • Pasta ini kemudian dicampur dengan bahan lain, seperti susu sapi, tepung DP dan pengeras. Campuran ini yang kemudian dicampur sempurna dan dikeraskan dalam lemari es.
CARA KE 2
  • Ubi ungu dikeringkan dan dijadikan tepung. 
  • untuk mengolah menjadi es krim, tepung ini harus dimasak dan dicairkan ulang untuk mendapatkan warna ungu.  
Keuntungannya bahan baku tepung ubi bisa disimpan dalam waktu lama. Untuk aroma bisa dibuat sesuai selera. Es krim ini mempunyai rasa yang berbeda saat lumer di mulut. Bukan sekedar menjadi cairan, namun ada sesuatu seperti serat. Rasanya pun lebih mantap dari es krim biasa. Saat ditelan es krim ini lebih terasa berat karena seperti ada kandungan yang lebih pekat.
UBI CILEMBU memiliki keistimewaan rasa manis yang luar biasa dan keluarnya cairan seperti madu setelah di oven(lihat cara meng oven yang benar), UBI UNGU memiliki kelebihan dapat dijadikan obat herbal, untuk menjaga kesehatan
....maka, sejak hari ini, marilah kita jadikan Ubi Cilembu, Ubi Ungu dan berbagai Aneka Olahan Camilan Berbahan Dasar UBI sebagai makanan kegemaran kita dan keluarga.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

50 komentar

pertamax nya saya jual dulu yaa mas buat beli es krim ubi ungu di desacilembu, karena eskrimnya di sana enak banget mas. kalau mas mau titip beli nanti biar saya beli'in
hehehehehe :D

Balas

wah telat PERTAMAX lagi sayah Huh

Balas

maklum aja pak asep.. gan ferdon emang suka pertamax... hhe

Balas

wah ubi ungunya banyak manfaatnya yah mas, jadi pengen nyoba nih, makasih buat info dan sharingnya :)

Balas

Selain bermanfaat enak nih sob...
Thanks infonya

Balas

Huaaaaaaa pada kemana nih orang orang

Balas

wah kayanya mak nyuss rasanya kang...di tempat saya belum ada...kayanya harus ke cilembu kalo pengin es krimnya yah...

Balas

Wah...peluang bisnis tuh kang hadi :)
Di Glodok...masih belum ada yg jual loh..
Es crim ubi unggu ini...hehe

Balas

Nungguin tester ice nya di keluarin...kali kang ^^

Balas

Inovasi yang top banget pak
ubi bisa dibuat es krim


Balas

kapan nih es krimnya jadi? udah ditunggu dari tadi kok nggak keluar-keluar?

Balas

Wah, banyak2in artikel model gini, kang. Saya suka kuliner yg dari ubi....

Balas

Iya nih, gituannya lama banget....

Balas

kl belum ada brt bs dijual, mas...

Balas

Ubi ungu memang enak...tapi di buat es krim belum perbah coba..bisa kasih gratisan lho mas ditunggu ya

Balas

kalau tidak pertamax tidak kebagian es krim kayaknya nih ?

Balas

mungkin gituan itu sama dengan lagi nganu ya..

Balas

selain enak di buat gethuk, ternyata bisa juga di buat tepung dan di jadikan es krim, apalagi kandungannya istimewah banget. kalau agnes monica mah kalah jauh sama ubinya kang lembu. pasti klepek klepek deh...
Terima kasih atas supportnya kang, jadi pengen kecup kang lembu deh ih...

Balas

yang kebagian es krim justru yang ngga pertamax

Balas

hiyah kang...alhamdulillah, selain mengenyangkan tentunya.

Balas

hiyah nganu itu beda tipis dengan kurap atau kudis gituh kang...gatell....;o)

Balas

peluang banget kan...gimana kalau siswanya dikasih tugas bikin es krim ubi...sapa tau justru bisa dikembangkan oleh ibunya dirumah, lalu maju dengan pesat, lalu bikin pabrik...kaya raya deh tuh siswa nya....gurunya bangga kan.

Balas

hiyah kang...apalagi diglodok mah orang-orangnya doyan es krim dan senang dengan sesuatu yang herbal herbal....bakal jadi orang kaya deh...sok-lah kita sewa toko disituh.

Balas

jangankan cuman es krim...dibikin mobil juga bisa ko'.
jual ubinya...beli mobil...;o)

Balas

siap...do'ain supaya ngga salah minum obat nya...yei

Balas

wow... ternyata tanaaman yang di pandang sebelah mata banyak manfaatnya juga, harus di budidayakan nih, hehehe...

Balas

pasti enak niih rasanya :D

Balas

Ubi itu warna warna
Ada ungu, kuning juga putih
Andai saya bisa buat es krimnya
Aku kan bikin bentuk dan rasa jernih

Balas

blum pernah nyoba escrim ubi saya sob

Balas

keren nih, ada ubi jadi ice cream. ckckck. ^_^

Balas

kalau gitu untung saya gak pertamax jadi kebagin nie es krimnya :D

Balas

selalu membuat saya pengen ngakak kalo dah ikutan nimbrung dimari :D
hadeuuuh.........

Balas

Mungkin kalo di daerah saya ubi ungu itu yang biasa disebut mantang bulao merenan... :)

Balas

tunggu dipertigaan lampu merah yah...;o)

Balas

Boleh dicoba nih kalau ada waktu

Balas

cilembu geto loch....

ih..kang agusko' ngecup saya seh...emangnya saya cowo apaan coba?

Balas

hayo...budidayain yu....;o)

Balas

yakin lah...apalagi yang buatnya cantik...;o)

Balas

rasa jernih pastunya makjleb
maknyes juga hati memandangnya
apalagi neng ayu sang pembuatnya tersenyum.

Balas

minimal liat gambarnya dulu azh ya

Balas

lebih keren adminnya daripada es krimnya dong....;o)

Balas

bulao si kolorijo ituh kan?

Balas

emang dijual ya waktunya...ko' bisa ngga ada gituh seh?...;o)

Balas

makanya jangan kelamaan disini, kecuali pengen ikutan koslet kaya kang agus...;o)

Balas

Pengen coba ubi ungu ini, dan dari pengalamannya, sepertinya pengen banget buat promosikan inovasi daerah ini Mang. kapan ya aku bisa ke sana ? Suer....... deh..... (nunggu modal dulu nih..... )

Salam

Balas

karakteristiknya khas, kayak sukun, tapi ini lebih unggul. bisa buat yang manis2 begini
keren Kang

Balas

nyamiii enak ini kayakanya

Balas

Di Madiun kota sudah ada yang jual lho, tapi belum sempat beli :). Semoga lain kali bisa beli biar bisa mencicipi Ubi Cilembu

Balas

Tanpa kreasipun Ubi Cilembu sudah wuenak, apalagi dijadiin ice cream. Kreatif banget. Asoy deh :)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger