DESA CILEMBU

Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU

Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU
Ubi dilkebunku
yang lainnya
Desa Cilembu, Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU ~ setelah kunjungan kerja SBY ke Sumedang(3/2), dan seminggu setelahnya mlototin laptop dari pagi, siang sampe pagi lagi...bikin laporan kerja nambal jalan raya ngga lupa sambil ng'blog dong....ngga ng'blog sehari, serasa kremian seh...;o) sejak 3 hari lalu, mamang bisa tarik napas panjang, karena pimpinan mengistirahatkan Tukang Tambal Jalan raya selama 3 hari untuk tidur dirumah masing-masing, kesempatan ini pastinya dimanfaatin buat ngasuh anak dan istri, seperti biasanya, ngasuhnya ngga ke mall, atau ke tuwentiwan yang jarak tempuhnya 30 km dari rumah(alesan nya jauh...padahal aslinya mah...duit mamang cuman sdikit...halaaa, ngapain ngaku disini coba?).

Sebagai suami dan ayah yang keren, kondisi tongpis ngga menghalangi untuk selalu memupuk rasa sayang dan mampu menjaga keharmonisan dan keceriaan anak anak....untuk dapat ng'lakuin hal tersebut dibutuhkan kecerdikan, dan sedikit trik akal bulus...jangan sampe tongpis yang bikin kepala cenat cenut jadi mengganggu liburannya.
maka dengan gaya seolah olah baru ketiban rezeki 1 m, sore itu saya berteriak sambil mengepalkan tinju kepada anak-anak, 
"dua  jagoan ayah yang ganteng ganteng...besok kita piknik sambil panen buah kebembem yang ada dikebun UBI CILEMBU yu...?!".
dengan kompaknya keduanya menyambut ajakan dengan berteriak juga,
"asssik.....asoooooy...." ujar mereka.
"hmmmm....", gumam, ibuna(udah hapal dengan akal bulus ayah...hehehe)

Secara...pagi buta belanja bahan baku untuk ng'liwet ngga lupa ikan asin peda, dan sejumput bahan untuk bikin sambel terasi goreng, plus 3 papan pete' muda kesukaan ibu'na untuk mencocol sambel. 


Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU
ini buahnya
singkat cerita...sesampai dikebun, tanpa melakukan ritual adat seperti halnya jika orang desa akan melakukan panen, kita mah tanpa basa basi langsung weh Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBUmaklum pohon buah kebembem yang hendak dipanennya cuman sepohon doangan...;o)

Buah kebembem yang oleh warga cilembu disebutnya mangga kuini, memiliki kulit yang berwarna hijau kekuningan dengan bintik bintik kecoklatan, daging buah kuning kejinggaan, dengan rasa yang manis asam berserat dan banyak mengandung air sari buah, sangat cocok kalau diolah jadi manisan....pokoknya mah makjleb lah.
Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU
Buah Kebembem yang cuman ada sepu'un doang
karena saya ditakdirkan ngga bisa naik pohon, niat panennya ditunda, akhirnya cuman buah yang masih bisa di jangkau doangan yang dipetik, meskipun gituh...dapet juga setengah karung mah...lumayanlah...lagian acara intinya kan ngajakin piknik keluarga sambil makan liwet dengan lauk ikan peda dan cocolan sambel goreng, doang....;o) 
Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU
narsis plus pamer kebun ubi cilembu yang ijo royo royo

Akal bulus seorang ayah dalam rangka mengantisipasi tongpis dianggap berhasil, buktinya sore sesampainya dirumah, anak-anak dan sang istri pada kecapean...tuh liat azh fotonya...lagi pada nyantey kaya dipantey kan...?

Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU
,sepulang panen, nyantey kaya dipantey...
sambil nunggu buahnya jadi manisan
Begitulah cerita Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU semoga jadi inspirasi bagi para bapak/ayah/abah/papah yang lagi tongpis

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

142 komentar

Sorry ye Om Tante Kakak Mba Semuanya
Saya PERTAMAX Lagi

Iyessssssssssss

Balas

Kayaknya Bukan cuma celana aja yang bisa diplorotin.
Laptop ternyata juga bisa (diplorotin)
Super sekali mang Lembu

Balas

Enak nih buah kebembem, tapi jangan pakai plorotan dong ah....... :D

Salam

Balas

Super kelas berapa Kang ?

Balas

Sekilas memang berbentuk atau berupa buah Mangga ya. Tapi kok saya baru dengar ya namanya Buah Mangga Sengkuni. Eh apa tadi disebut Mangga Kuini ya. Rasanya manis manis nda tuh. Pengen liat bentuk bagian dalam buah Mangga Sengkuni ini. Eh Salah Kuini. Pasti buahnya kesunggaannya mas Anas ya

Balas

Kelas PERTAMAX donk. Hiehiheie Duluan saya hiehiehe
Uhuiii

Balas

selamat siang abah cilembu , , , ,
bagi bagi donk bah , , , , hehehehehehe

Balas

Ho Oh. Nanti bisa jadi saingan sama Celana
Saingan diplorotin

Balas

Mau dibagi Celana apa Laptop?
Bagi Ubi CIlembu atau KEcup Basah?

Balas

bedah daerah beda penyebutan ya pak.. kalo di tempate saya itu namanya quine aja..

Balas

kreatif sekali mas Cilembu mengajak keluarga piknik tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak, akan saya coba nanti kalau sudah berumah tangga
saya kan menjadi Ayah yang Tongpis, seperti kata Kang Cilembu
hahahaha

Balas

mendingan tak kecup banjir sekalian dah....;o)

Balas

kedua bapak diatas dapet hadiah kecup basah dari saya nih.

Balas

Boleh juga akal bulus nya Kang Lembu, bisa saya terapkan bila suatu
saat lagi tongpis nih. terima kasih deh Kang?

Balas

Wah Kang Lembu sudah main kecup-kecupan nih
Hat-hati jangan sampai jangan sampai kena radiasinya hhh :D

Balas

buah naon eta teh kang, doank buah mangga....haseeeuuuummmm

Balas

emang haseum pisan kang, yang matengnya ge' kalau dimakan pada nyelap digigi seratnya....ini teh cuman nerapin akal bulus liburan tongpis doang jeh...;o)

Balas

selain ubi, buah pun siap untuk dilancarkan ya mang, diantos di bumi sakarung buah na wkwkwk

Balas

neng sengkuni mah putih cantik dan seksi kang.. sebelom buat si anas pasti saya duluan lah.....;o)

Balas

sekalian kang SK nya juga tak kecup deh

Balas

si m'bah pasti nyebutnya tetep Kuweni...maklum si m'bah ngga bisa nyebut hurup Q...;o)

Balas

hadeuh...jangan mendo'akan diri sendiri Togpis dong kang....kalau gituh mah...bakal tambah panjang jomblonya dong....;o)

Balas

jangan keseringan juga kale....tar malah dicap pelit sama anak dan istrinya...halaaaa

Balas

buah kebembem itu buah mangga ta kang lembu?

Balas

wah enak nih yang lagi mau manen buah mangga, di daerah rumah saya udah gak ada pohon buah, sedih gak ada panen-panenan kang...

Balas

buah kebembem itu rasanya kaya apa Kang ? sy belom pernah nyoba je ...

Balas

saya nggak dapet...huuu

Balas

bisa di paket ke Denpasar nggak Kang tuh buahnya?

gimana kalau kita tukeran pakai buah Maja?

Balas

Ini sebenarnya Panen kebembem apa piknih sih Kang ???heuheu,tapi yang jelas saya bisa merasakan bagaimana senengnya tuh dua anak dibawa main-main ,apalagi Ibuna pasti nyantel terus sampai malam heuheueheu,,,,,,

Balas

oh iyah kalau di kampung sayamah ( GARUT ) itu namanya buah kaweni wanginya sampai ke batas desa lho hehehe

Balas

di tempat saya juga akrabnya..di sebut kweni mang

Balas

mang sama kayak dilembur saya, nu kitu teh disebutnya bembem, da di daerah lain mah banyaknya disebut kweni aja hihi*asa aya batur

Balas

baru denger buah kebembem ^^

Balas

hadeuh....raja plorotin dan asistennya nih

Balas

Tapi sekarang musim mangga udah abis ya kang...dan udah susah buat di cari
Kalo pun ada...harganya juga ngetok banget

Kaya kemarin saking kepengen makan mangga..mbok nya anak2 juga cari di swalayan..aanya cuma kebem2 nih kang..sekilonya 19990 deh kalo ndak salah ^^

Balas

Berapa2 nih mas
Sekantong2 apa mau sekarung2 ^^

Balas

baru denger kalau de' Elsa ternyata baru denger kebembem...;o)

Balas

o ternyata saya belum komen

Balas

buah kebembem itu kayak ap mas

Balas

kita kawan bang KS,gak dapat pertamax
numpang pun jadi lah

Balas

ohh buah mangga kaweni, kirain teh buah apa.. margi asa nembean nguping..hehehe.. *komen sambil bayangin manisannya yang pasti enak juga :D

Balas

tapi kenapa coba,kalo makan mangga kueni mulut terasa gatal?

Balas

akang mah masih mendingan cuman mulutnya yang gatel...saya mah segala penjurunya jadi gatel semua...halaaaa

Balas

Buah kebembem kayak pipi sajah yang tembem. Ternyata Pakel eh sama kagayah Pakel Sama Kueni. Kueni kan mangga rasa pakel atau pakel kayak mangga.

Balas

Saya masih dapat lengo jarak weeex...
:p

Balas

ngga sekalian ngbayangin manisnya adminnya juga atuh...;o)

Balas

kaya apa ya....ya kaya gituh tuh...;o)

#sambil sidakep

Balas

yang nyebut kebembem, pasti orang depok, bekasi, betawi dan bogor pinggiran deh....termasuk saya atuh yah...."bener asa aya batur yeuh...;o)

Balas

hah...mahal be'eng tuh....mendingan transferin ke sinih 19990, tak kirim sepohon deh nih...;o)

Balas

buwahahaaa.....nyantelnya ituh yang ngga nahan teh kang...;o)

ya hiyah lah, wanginya sampe nyebrangin desa, wong pohonnya jadi tanda batas desa jeh.

Balas

hiyah..pokoknya mah bisnis bumi dan langit deh....segala ada.

Balas

sekultivar gituh deh.

Balas

buah kebembem...saya baru tahu Kang. KApan-kapan dikirim ya se truck...

Balas

pasti rumahnya diperumahan elite ya...?

Balas

Wah nama buahnya unik mas..tpi klu saya liat itu mirip buah kueni klu orang jawa bilang

Balas

haha seru juga yah liburannya mas, kayaknya ini lebih mengarah ke tips dan trik liburan keluarga jika kantong sedang cacingan hehe :D boleh dicoba nih triknya jika sudah berkeluarga nanti :D

Balas

namanya kok unik...kebembem...di tempat saya kuweni namanya :D

Balas

berarti kantongnya kruget kruget dunk :D

Balas

ditempat saya juga namanya kuweni :D

Balas

Kyak pencit ya pak dhe

Balas

pertama bingung, Buah kebembem itu apa? ehhh ternyata kuini Toh...hehe

Balas

Kalau di tempat saya namanya pakel kang ...
itu pada nyante karena kekenyangan buah kebembem ya kang .. :)

Balas

jago banget deh emang kang lembu...saya juga mau niru akal bulusnya ah, maklum saya kan masih polos belum ngeh keyek begituan kang.
eh emang buah nya kok mirip mangga ya, apa emang jenis mangga?

Balas

kebembem ,,,kueni yang tembem,,,
bikin ngiler,kang

Balas

wah msih tgl 17 udah tongpis nasib karyawan ya gan.. hehe
bisa ane tiru nih akalnya.. jadi ngirit tapi bisa seru2n.., tapi mslhnya kebun siapa yang ane petikin... hehe

Balas

Waduh... panen ga bilang2, jadinya ga ikut bantu'in panen deh, hehehe.....

Balas

Kok komentar saya kok nggak nongol kang.? Masuk spam pa ya.? Hmmm...

Balas

keluarga yang harmonis, :)
patut dicontoh :D

Balas

kesimpulannya pakel itu pipi yang tembem...gituh kan maksude'..?

Balas

boleh...12500/kg nya...m'ba.
sebelumnya konfirmasi dulu ke no. hp diatas....;o)

Balas

sulit digambarkan dengan kata-kata jeh kang...;o)

Balas

bweh...saya mah baru tau kang nama lain kweni tu kbembem...lucu namanya :D
tipsna mantep lah kang nnati saya praktekeun klo lagi tongpis....tapi bingung da ga punya kebon gmn atuh ??

Balas

saya baru tau buah kebembem mas soalnya buah tersebut sepertinya tidak ada di tempat saya

Balas

kebemben itu beda dengan kuweni ya....

Balas

saya lengo tanah deh

Balas

kebembem kayak pipi mamang yang montok ya..
asyiik

Balas

Aduh, tadi sempat bingung ni KEBEMBEM apaan coba? Rupa2nya mangga kuini.. Kalau dulu waktu ke sulawesi utara, tika diberitahu mangga kuini.. Yg Ternyata beda nama kalau di sulses di sebut macan. Apa kebembem sama dgn mangga macan? Tapi kayaknya beda.. Aduh, kambuh deh TJS nya.. Tanya, jawab sendiri :D

Balas

Buahnya bisa di pesen engga nih? hehe :)

Balas

hiyah ituh emang gituh...kan

Balas

mirip yang kremian ya kang...;o)

Balas

unik ya...tapi ngga mirip sama adminnyakan?...;o)

Balas

emang ituh bu'le...;o)

Balas

kekenyangan jalan kaki naek turun sawah.

Balas

huuu...kang agus kura kura dalam perahu deh ih...

Balas

enak juga makan buah kweni yang mateng dipohon, sepertinya skg jarang buah kweni ditanam di kampung sy, biasanya buah gedong, dan sejenisnya, kalau buah kweni dan buah limus kalau getahnya suka bikin radang dikulit ya Mas, teringat teman sy mungkin karena tdk tahu, bagus katanya untuk tumbuh jambang, he.he

Balas

hehee..sekarang udah ngga bingung lagi kan?

Balas

baru dengar namanya sob

Balas

Haduh kasian dong, kenapa gak digendong ...?

Balas

tentu enak buah kebembem itu ya.. saya belum pernah merasainya..

Balas

kebembem teh naon yah kang, sayamah belum tahu..

Balas

wahhh lagi panen banyak nih

Balas
This comment has been removed by the author.

Saya belum pernah makan buah jenis ini..
gimana ya rasanya

Balas

belum pernah nyobain mas... apakah itu hanya satu daerah?

Balas

ditakdirkan gbs manjat pohon... tp kl "manjat" ibue anak-anak paling jago kan, mang?

Balas

wah saya ampe senyum-senyum sendiri baca postingannya kang, musti ditiru nie triknya biar dalam keluarga tercipta sebuah keharmonisan....
Buah kebembem eta buah naon kang? sim abdi mah da teu teurang eta buah :)

Balas

kalau adminnya....tampan...100%...bisa dibuktikan kok...coba masuk kamar, kemudian cari kaca untuk 'NGILOO". :D

Balas

wah sukses selalu ya buat desa celembu, mantap

Balas

aku ikhlaskan saja :-)

Balas

plorotannya kan optional :-)

Balas

apapun niat kang hadi mau cantik sexy...silahkan dech,,,,,,, :-)

Balas

bagi rata saja lah........aku duduk manis nonton sajalah :-)

Balas

beda nama tak masalah, yang penting barangnya sama jenisnya,,,,asalkan jangan nama sama...tapi jenis barangnya beda-beda :-)

Balas

siapa dulu dong kang hadi :-)

Balas

akal campur bulus ya....kalau saya lebih suka blues :-)

Balas

yang penting kan niat membahagiakan anak istri kesampaian..meskipun bibir pada ke-aseman :-)

Balas

aku nggak heran dech dengan kang hadi...selalu punya ide yang orisinal asli top markotop cetar membahana...kalau untuk menyenangkan anak dan istri...benar-benar luarbiasa :-)

Balas

halaaa....abang nih bisa azh deh ih....wong kepepet jeh....tongpis bang....;o)

Balas

yang duduk manis...selain dikecup sekalian dibanjir air se ember...;o)

Balas

NGayal Makan buah kebembem

Balas

Alhamdulillah...dikolom ini abang ngga salah minum obat....*normal

Balas

jimmy hendrik atau noah kang?

Balas

seuprit seuprit azh lah

Balas

Tongpis ga masalah Kang, yang penting rasa kebersamaan dan kebahagiaan yang didapat anggota keluarga bisa tercapai. kesini aja kerasa nuansanya Kang.......

Muantap dah.............

Balas

hihii...jadi malu deh ih

Balas

anak muridnya abang

Balas

bawa kebembem ke surabaya.
yang tembem pasti pipinya de' maya

Balas

hehehe...padahal saya teh karyawan merangkap bos loch.
bos goblag.

Balas

bisa jadi...maklum satpamnya belom tak gajih bulan ini mah kang....;o)

Balas

untung ngga dibantuin...kalau dibantuin pasti minta bagian deh...;o)

Balas

aaaaamiiiiin.....emang akang udah laku gituh?...mana coba buktiin keluarganya diceritain di blognya...berani ngga?

Balas

Punten kang saya jarang mampir.blog jg jarang update,maklum lagi sibuk d dunia nyata(sok sibuk)Lihat gambar pohon kebembem teh jadi ingat ka lembur.di ciamis nama nya buah limus

Balas

kebon tetangga juga boleh ko'...bilang azh ke yang punyanya ijin mau ng'dodolin anak dan istri gituh kang

Balas

ke'nya ada kang, cuman namannya beda kalih.

Balas

ke- bem- bem
ku we ni
.....beda kan...;o)

Balas

semoga ajah kebembem sama dengan macannnn....#nyebut macannya bergaia ala bencong...;o)

Balas

bisa...tapi harus transfer dulu...;o)

Balas

bener banget kang, buah ini ngga ada yang sengaja budidaya in, palingan cuman untuk peneduh dihalaman gituh azh....kesian banget kan.

hiyah gituh...kalau beneran bisa juga dong buat numbuhin rambut rambut yang laen?

Balas

kalau udah masak mah manis dan harumnya semerbak banget

Balas

ah masa..eta buah mun can asak bisa bikin gatel seluruh tubuh...;o)

Balas

cuman sepohon doangan panennya deh ih.

Balas

uenak...jadi ngga bisa dijabarkan dengan kata-kata...bayangin yang enak enak azh deh yah.

Balas

disemua daerah juga ada, cuman beda panggilannya doang.

Balas

hehe...ngga usah dibahas kalau manjat yang itu seh....ngga disuruh juga manjat sendiri tuh....;o)

Balas

soal buah kebembemnya besok azh dijelasinnya...mendingan ngomongin soal manjat memanjat pohonnya azh yu.

Balas

apanya yang mantap coba?...;o)

Balas

diliat sambil mesam mesem

Balas

ayah yang sering tongpis kudu banyak stok akal bulusnya kang...ke'sayah ginih lah....;o)

surantap banget kan

Balas

buah kebembem kirain buah apa , ternyata mengga kuini ya, saya ngertinya mangga kueni hehe
baunya wangi, lumayan mang kalau setengah karung manennya hehe

Balas

Baru tahu lo kalau nama lain mangga kueni ini kebembem....dari awal tadi sudah bertanya2 spt apa buah yg namanya kebembem ini....semoga slalu ngeblog terus biar gak merasa kremihen...hehe...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger