DESA CILEMBU

ARTI LOGO DPU

ARTI LOGO DPU DESA CILEMBU, ARTI LOGO/LAMBANG  DINAS PEKERJAAN UMUM(DPU) ~ Kalau liat logo ini pastinya moalbireuk (baca: ngga salah) semua udah paham dan langsung otaknya klik ke Pekerjaan Umum (P.U), tapi yakin belum banyak yang memahami filosofi dari logo tersebut....sama-lah dengan adminnya kalo gituh mah....;o)

Yu...kita megenali Logo P.U dengan seksama yu...lumayan buat tambahan ilmu, sapah tau anak kita ada yang nanyain arti dan gambar logo P.U yang sebenernya mah simpel, tapi malahan bikin bingung otaknya anak-anak dan termasuk bapak dan ibunya juga kan...?...hayooo pada ngaku dah...kalm...ngga akan di setrap ko'..!!
ARTI LOGO DPU
TRILOGI PEKERJAAN UMUM. 
  • Bekerja Keras
  • Bekerja cepat
  • Bertindak Tepat
Keterangan :
  1. Gambar berupa BALING-BALING Berwarna BIRU KEHITAMAN dengan ukuran yang tertulis
  2. Warna dasar LOGO adalah KUNING KUNYIT.
  1. BALING-BALING  ~  DINAMIKA YANG STABIL dan STABILITAS yang DINAMIS. Menggambarkan DINAMIKA dengan berdaun 3(tiga) yang meruakan segitiga berdiri tegak lurus, yang menggambarkan STABIITAS.
  2. Bagian DAUN yang menghadap KEATAS ~ mengandung filosofi PENCIPTAAN RUANG.
  3. Bagian LENGKUNGNYA dari DAUN BALING-BALING ~ Memberikan perlindungan untuk RUANG KERJA TEMPAT TINGGAL BAGI MANUSIA.
  4. Bagian DAUN BALING-BALING yang mengarah KE KIRI dengan BAGIAN LENGKUNGNYA YANG TELUNGKUP ~ Menggambarkan penguasaan bumi dan alam sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.  Garis Horizontal : bentang jalan/jembatan diatas sungai sebagai usaha untuk pembukaan dan pembinaan daerah.
  5. Bagian DAUN BALING-BALING yang MENGARAH KE KANAN dengan BAGIAN LENGKUNGNYA yang TERLENTANG ~ Manggambarkan usaha pengendalian dan penyaluran untuk dimanfaatkan sebesar besarnya untuk kemakmurn rakyat. Garis Horizontal : bentang jalan/jembatan diatas sungai sebagai usaha untuk pembukaan dan pembinaan daerah.
  6. BALING-BALING dengan 3 DAUN ~ menggambarkan 3(tiga) unsur kekayaan Departemen Pekerjaan Umum, yaitu : Tirta, Wisma(Cipta), Marga
WARNA

Warna KUNING sebagai WARNA DASAR melambangkan KEAGUNGAN yang mengandung arti :
  • KeTuhanan Yang Maha Esa, 
  • Kedewasaan dan 
  • Kemakmuran.
Warna BIRU KEHITAMAN, mengandung arti :
  • Keadilan Sosial, 
  • Keteguhan hati, 
  • Kesetiaan pada tugas dan 
  • ketegasan bertindak.
Warna yang berbentuk dari warna dasar dan lukisan baling-baling membentuk huruf-huruf P.U.

  • Menggambarkan fungsi dan peranan Departemen Pekerjaan Umum dalam pembangunan dan Pembinaan prasarana guna memanfaatkan bumi dan air serta kekayaan alam bagi kemakmuran rakyat, berlandaskan Pancasila.
Sumber : Keputusan Menteri P.U. No. 150/A/KPTS/1966 Tanggal 10 Nopember 1966

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

76 komentar

Sorry Ye Om Tante Kakak Semuanya
Saya Pertamax

Iyessssssssssssssssss

Balas

ternyata begitu ya kang arti dari logo P.U. maklum saya dulu ga diajarkan sama ibu bapak Guru hehehe

Balas

Saya baru tahu pak, tadinya saya juga tak tahu menshu dan tak bermaksud mencari tahu, karena saya pikir nggak ada hubungannya dengan saya. Tapi nice info pak :) (y)

Balas

logo ini ternyata mempunyai makna yang sangat mendalam, bekerja keras dan cepat itu merupakan prinsip yang bagus sekali :)

Balas

waduh saya kalah cepat nih sama kang Asep.... saya nebeng ya kang?

Iyess

Balas

ternyata logo DPU mempunyai makna dan filosofi yang mendalam ya pak. Luar bias ayang merancang logo tersebut :)

Balas

hehe. jadi tambah pengetahuan lagi.. sumprit,, makna lago PU ini baru tahu dari posting ini..kang hadi memang banyak wawasan yak.....

ngemeng ngemeng,, saya juga baru ganti loga.. jadi terinspirasi untuk menulis filosofinya.. thx a lot kang

Balas

tenang...tenang...semua dapat hadiah ko'....;o)

Balas

bapak ibu guru jaman akang mungkin juga sama dengan muridnya....sama-sama ngga tau...;o)

Balas

...nah itu yang dipake setiap hari kan...bikinan dan tanggungjawab P.U...berarti ada hubungannya dong...
#maksa....;o)

Balas

aaaaamiiiin....semoga sampai akhir selalu berusaha keras menggapai filosofinya

Balas

hiya yah....kebetulan yang merancangnya kakaknya dari adik ipar keponakannya.

Balas

ternyata logo itu juga memiliki makna yang mendalam.. semoga terus success..

Balas

Padahal logonya simpel gitu, maknanya luas

Balas

wih kang lembu hebat deh bisa mengungkap semua arti di logo DPU. saya malah baru tau kang, saya tau nya GPU (gosok pijat urut) hahahahaha

Balas

halaaa......wawasan dari hongggkooong..?!

o hiya yah...keren euy logonya

Balas

wah bagus banget mas arti logo DPUnya
Bekerja Keras
Bekerja cepat
Bertindak Tepat
Sip kang makasih infonya :)

Balas

Logo tersebtu filosofinya mendalam. Tantangannya adalah diprakteknya. Kalau PU gayanya seperti Pak Cilembu Thea, keren deh.

Kalau ada jalan rusak itu sebenarnya harus mengadu ke mana Pak? Ke PU langsung atau pemerintah setempat seperti desa? atau kemana ya...?

Balas

Filosofinya dalam dan bermakna yang sangat luas ya mang. Semoga bisa di terapkan dalam semua jajaran DPU ya... :D

Salam

Balas

Hadiahnya Kecup Basah Mang Lembu

Balas

aaaamiiiin.... terimakasih do'anya

Balas

hiya yah...saya juga heran..;o)

Balas

nah tuh kalau gosok pijat urut seh hobi banget tuh

Balas

slama ini saya meremehkan makna logo itu mang lembu.. ternyata makananya cocok deh buat yang buat motivasi pegawainya :D

Balas

ya gituh deh...kaliazh ada gunanya...;o)

Balas

hiyah...praktekinnya yang ruwet ya.

ke pak RT dong...kesian kalo pak RT nya dilangkahi mulu mah...buat apa dijadiin pak RT coba...;o)

Balas

udah kaya samudera Hindia dong....;o)
aaamiiiin....aaaamiiiin....

Balas

ya hiyah lah...masa ubi cilembu seh..
sinih deket deket sinih....supaya ngga mancrot kecupannya nih...;o)

Balas

ternyata ada artinya juga ya.... kirain cuma loga adja

Balas

penjelasannya akurat skali Kang..!, dri uraian makna2nya..mungkin dapat di satukan dr lekukan hitungan diameter pada gambar, Yakni R=20, R=25, R=30. jika digabung didpt angka "75", seperti 13 angka sial, 9 angka beruntung..:):)

Balas

hiya ya....aneh saya juga, kenapa bisa begitu ya...;o)

Balas

ternyata artinya keren banget kan?...;o)

Balas

Artinya berbanding terbalik dengan kenyataan Kang, tiap hari saya melihat pegawai dari dinas PU yang kerjanya hanya nongkrong di warung kopi dari pagi sampai siang hari hehehe, semoga tidak jadi contoh buat di tempat lain :)

Balas

sebuah logo harus mengandung banyak makna ya mang, saya pikir asal jadi aja. yang penting bagus hehehe

Balas

Seperti juga logo-logo badan milik pemerintah yang lainnya, selalu saja memiliki filosofi yang dalam dan agung. Semoga saja bisa diaplikasikan dengan baik ya Kang ...

Balas

Wah cepat amat yaa kang asep dapat pertamaxnya,, hehe

Balas

Ternyata logo PU ini punya makna yg mendalam ya kang..??
Boleh gak saya buatkan tutorialnya cara buat logo PU ini di blog saya ? hehehe

Balas

berarti tidak gampang yah Kang membuat Logo itu,semua warna Tulisan harus mengandung arti,saya pikir asal terlihat bagus doang hehehe

Balas

pasti sangat bangga sekali ya pak apabila kita bisa menyandang logo tersebut untuk baju seragam kita, karena makna nya luar biasa sekali

Balas

Arti logo lain juga dong pak :D

Balas

Ubi CIlembu Pake logo juga kan mang Lembu?

Balas

udah tuh...liat azh di page efbi..nah itulah logonya...;o)

Balas

Alhamdulillah...sekelumit rasa itu emang ada, tapi tetep kalau pas lagi bokek...yaa...garuk garuk kepala juga seh...;o)

Balas

lumayanlah nambah sekedar nambah wawasan, makasih mas infonya :D

Balas

Ooooh... Pak RT juga tahu ternyata. Nanti kalau jalan rusak lagi (semoga tidak), saya coba mengadu ke Pak RT. Saya kira pak RT tidak tahu karena ada isu Pak Camat saja ogah-ogahan menanggapi pengaduan warga seperi itu. Padahal suruh aja ke pak RT ya Pak... :)

Balas

oh jadi ada gambar baling-balingnya menggambarkan stabilitas yang dinamis yah kang, baru tahu saya :)

Balas

Saya pikir logo utamanya yang warna kuning, eh ternyata yang warna birunya :)

Balas

oh ternyata itu ya artinya, baru tau saya..
nice share gan :D

Balas

wah.. ternyata artinya seperti itu yia bos, saya kira ga ada artinya, hehehe...........

Balas

waduh ternyata sudah ada postingan yang ini, nyesel komen di artikel sebelumnya kang hehe...

Balas

halaaa......isengnya farah deh...;o)

Balas

kalau nggak salah logonya tetap seperti ketika namanya PUK/Binamarga ya Kang

Balas

aaamiiiin....moga berguna deh yah

Balas

ya gituh deh...sama dong...;o)

Balas

suka warna kuning ya kang....;o)

Balas

hiyah...saya heran...
nice face gan...;o)

Balas

mas .. kapan2 ane jalan kesana yo hehehe

Balas

Matur thankyu mas cilembu sharenya..:)
iya mas, kita tahu semua logo yg ada mengandukng makna yg dalm dan sakral...

Balas

hiyah gituh katanya ge'....aneh kan?!

Balas

menyesal emang ngga pernah duluan kan...;o)

emangnya ge' begitu dari dulunya...perasaan mah

Balas

mangga diantoskang....ulah hilap nyandak sarungplus handuk kecil yah...;o)

Balas

Iya warna juga konon ada artinya yah Kang,tapi kalau saya tahunya warna Merah Berani,dan putih ,artinya suci,warna lainya lupa lagi deh hehe

Balas

hehee....gituh ya.
kalau kerja dijalanan emang gituh...;o)

Balas

kalau ngga ada arti dan filosofinya ngga seru dong...;o)

Balas

aaaamiiin....semoga selalu diusahakan oleh dinas dinas itu ya kang.

Balas

silahkan kang...dengan senang hati, dengan gituh makin ngetop deh P.U...;o)

Balas

ya gituh deh...kan ada ahlinya...kita serahin azh ke mereka...;o)

Balas

Amiiin, tetap semangat mas. Jangan menyerah sebelum tugas selesai
:D

Balas

Wah saya ketinggalan deui ku Pak Asep Mang Yono Mas Yahya
Nyusul boleh kan Kang Lembu, oke deh makasih atas info tentang
Logo DPU nya, di simpen di hati akh biar pinter kaya Kang Lembu hhhhh

Balas

Wah berarti saya juga termasuk yang kaya gituh yah Kang Lembu..?

Balas

Kunjungan Malam Kang Lembu, belajar menghapal tentan
Logo DPU Akh kali aja suatu saat bermanfaat makasih Kang artikelnya :)

Balas

tau deh...hehehe

Balas

aaamiiin...terimakasih do'a dan atensinya

Balas

sama sama kang...
ya guth deh...:-)

Balas

endonesah dong,,,

Balas

hapalin deh yah sampe ng'lotok diluar kepalanya

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger