logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Belajar jadi JURNALIS

www.desacilembu.com
Belajar jadi JURNALISDESA CILEMBU, Belajar jadi JURNALIS ~ tanpa diduga mamang yang manis ini berkesempatan mendapatkan ilmu tentang bagaimana jadi jurnalis yang baik, berkualitas dan bertanggungjawab via acara yang dilaksanain oleh kantor tempat mamang mengais rezeki dan mengabdi pada bangsa dan negara ini...halaaa....
Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini pada dasarnya sebagai awalan dari salah satu bentuk kontribusi, silaturahmi dan kerjasama dengan sebuah koran lokal dan media online Jawa barat. Ngga bisa dipungkiri peran penting dari media terhadap kinerja dan kemajuan sebuah lembaga, disamping memang sudah sepatutnya sebuah kantor, lembaga atau apapun namanya menjalin kerjasama dengan pihak manapun, agar semua orang dapat terlibat baik langsung maupun ngga langsung terhadap kemajuan pembangunan pada bidangnya masing masing.

Ilustrasinya :
Ruas Jalan Raya....sementara ini, masyarakat beranggapan hanyalah tanggung jawab Departemen Pekerjaan Umum, secara fisik dan pengawasan memang benar, tetapi secara penggunaan dan pemanfaatan, tanggungjawab, sesungguhnya berada diberbagai pihak, seperti Departemen Perhubungan, Kepolisian, Pengusaha(sebagai alat transportasi barang/jasa), dan tentu adalah masyarakat pengguna.
Apa lacur, sekarang ini yang terkait tersebut hanya mempersalahkan P.U doang...sementara yang terkait lainnya itu, ngga secara sadar ikut menjaga dan turut merawat keberadaan Jalan Raya tersebut, 
contoh : 
  • Pengusaha dan perusahaannya mengangkut barang menggunakan truk truk besar melebihi tonase kententuan.
  • Masyarakat....taat pajak ngga coba?
  • Perhubungan dan Kepolisian.....ya gituh deh....(tau dong apa yang saya maksudkan...?!)
Belajar jadi JURNALIS
Sebelum ng'lantur makin jauh, yu...kita kembali ke laptop.
dibawah inilah corat coret ilmu yang saya serap hasil mendengarkan pembicara menjelasknan, supaya ngga lupa, makanya tak posting, moga berguna untuk saya pribadi dan siapapun yang nyasar ke sini dan baca ini sampai tuntas.

Cara membuat berita yang baik :
    Belajar jadi JURNALIS
  1. unsur dasar What, Who, Where, When, Why dan How dari sebuah berita dan informasi. Yakni Apa, Siapa, Di Mana, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana. Semuanya haruslah benar dan berimbang untuk dijadikan materi berita dan informasi(5 W + 1H, yang pertama dan utama)
  2. What (Apa) adalah materi yang akan dibuat menjadi berita dan informasi.
  3. Who (Siapa) adalah tokoh dengan karakternya yang menjadi bagian dalam materi berita dan informasi.
  4. Where (Di mana), adalah bagian penting dari materi berita dan informasi Anda. Data lokasi peristiwa yang dijadikan adalah unsur penting kedekatan antara berita dan penyimak informasi.
  5. When (Kapan) turut menjadi patokan utama aktualitas berita dan informasi Anda saat diterima khalayak. Waktu kejadian peristiwa yang diceritakan menentukan kecepatan berita dan informasi disampaikan kepada publik.
  6. Why (Mengapa) juga menjadi syarat yang tak boleh terlupakan. Sebab unsur mengapa membeberkan kronologi sebab akibat dari peristiwa dalam berita dan informasi Anda.
  7. Konsep Bagaimana membantu pewarta buat menyampaikan berita dan informasi mengenai proses sekaligus kronologi peristiwa.
  8. Berita dan informasi Anda harus berisi peristiwa yang saling berhubungan di dalamnya.
  9. Berita dan informasi haruslah disampaikan dalam bentuk yang lazim digunakan dan dimengerti semua orang. 
  10. Hubungan sebab akibat secara logis adalah patokan utama saat bertutur dalam cerita.
  11. Emosi adalah satu kekuatan koneksi yang nyata-nyata kuat di antara berita atau informasi. Gambar, suara, dan kata-kata bisa dibentuk untuk mengekspresikan beragam emosi dari cerita dan karakter manusia dalam berita.
  12. Dalam proses pembuatan materi berita dan informasi, sebaiknya menyusun kerangka materi dari rincian struktur berita sebelum materi tulisan atau grafis dikerjakan dari yang paling utama hingga ke bagian pelengkap.
  13. Akurasi adalah kewajiban yang tak boleh terjadi bila menginginkan sebuah berita dan informasi yang informatif dan lengkap.
  14. Kemas paket materi berita dan informasi secara apa adanya. Jangan mencampurbaurkan pendapat atau opini terhadap peristiwa yang dijadikan materi berita dan informasi.
  15. Deskripsi. Pengungkapan data sebagai keterangan yang lebih mendetail amat membantu publik untuk menggambarkan peristiwa yang tengah menjadi pokok berita dan informasi.
  16. Perekam peristiwa. sebaiknya : mendekati obyek yang akan direkam, menjaga kestabilan foto atau video dari guncangan saat merekam, serta hindari pergerakan video yang terlalu cepat, terkecuali untuk penekanan situasi dan kondisi peristiwa.
Begitulah ilmu dadakan tentang Belajar jadi JURNALIS yang terserap dalam kegiatan tersebut, tentu jauh dari sempurna....namanya juga hasil mendengarkan, banyak hal yang terlewatkan tentunya...tapi...ya lumayan lah buat nambahin file dikepala saya.

Maafkan kepada para Jurnalis sungguhan dan khususnya wartawan senior Pontianak Post sahabat saya Kang Asep. [clb]


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger