logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

PANEN JAGUNG

www.desacilembu.com
PANEN JAGUNGDESA CILEMBU, PANEN JAGUNG dan Pola Tanam ~ walaupun negeri ini disebut sebagai negara agraris, tapi ngga semua orang bisa panen jagung seperti yang dilakukan ibu dan anak-anaknya ini, panen yang dilakukan oleh keluarga ini emang ngga seperti umumnya ibu tani yang hendak memanen hasil bumi...liat azh...masa mau panen Jagung, pakaiannya lebih mirip kaya ibu tani yang mau pergi kepasar...."disitulah sensasinya"....ujarnya sambil menebarkan senyuman...manis banget....halaaa.
Ladang jagungnya ngga luas luas banget seh, cuman namanya masa panen, petani macem ibu ini...kan, sukanya cuman saat panennya doang...saat tanamnya seh...boro-boro mau keladang jagung ini....;o)
diledekin, jawabannya masih sama...."sensasinya itu loch"...ujarnya lagi sambil mlengos

Panen Jagung rata-rata berusia 100 hst, tapi tergantung juga dengan varietas apa yang kita tanam, pokoknya kalau daunjagung/klobot kering, warnanya kekuningan, dan ada tanda hitam dipangkal jagung, jika panennya dilakukan kurang pas, dapat menyebabkan kadar kaorbohidratnya akan meningkat, dan protein pada jagung tersebut akan turun.
Penundaan masa panen selama 7 hari saat yang seharusnya dapat menurunkan kadar air, akan tetapi dapat dengan mudah terserang cendawan, tetapi jika panen ngga ditunda tunda, maka serangan cendawan bisa ditekan menjadi minimal.

Intinya panen jagung yang dilakukan oleh para petani, ngga semudah seperti yang dibayangkan oleh para bapak-ibu, tuan dan nyonya yang bisanya cuman menikmati jagung bakarnya doangan lah...gituh.
ribet dan jlimet.
PANEN JAGUNG
Jagung memang tanaman yang mudah dalam penanaman dan perawatan, yang terutamanya adalah dengan menanam jagung, biaya yang diperlukan ngga terlalu banyak ...makanya meskipun harus tetap hati hati dalam panen dan pasca panen, tanaman jagung ini sangat menguntungkan hingga para petani senang menanamnya.


PANEN JAGUNG

sebagai tambahannya, yu...barengan dengan saya, kita praktekan Pola Tanam nya :

Persiapan Lahan

Lahan yang subur dengan curah hujan 82 - 200 mm/bulan, dan sinar matahari yang dapat secara langsung tanpa terhalangi adalah yang paling ideal untuk menanam Jagung.

Persiapan Bibit

cara pemilihan bibit yang baik dengan cara merendam  bibit jagung dalam air selama satu malam, bibit yang mengapung adalah ciri bibit yang jelek, dan yang tumbuh kecambahlah yang layak untuk ditanam, dengan sebelumnya dicampurkan dengan fungisida agar ngga jamuran dan mati sebelum tumbuh.

Cara/Teknik Penanaman
cara ke :
  1. Tumpang sari
  2. Tumpang Gilir,
  3. Bersisian 
  4. Tanamcampur
Cara No. 2 Tumpang Gilir adalah yang terbaik karena hasilnya akan lebih banik dan banyak.

Pemeliharaan 
Siramlah tanaman jagung yang masih muda minimal dua kali sehari, selain penyiraman, penyiangan dan pemupukan juga sangat penting untuk dilakukan agar pertumbuhan jagung bisa lebih maksimal.

Panen
dapat dilakukan dalam kurun waktu yang berbeda tergantung pada kebutuhan pasar atau harga pasar yang lebih menguntungkan, dengan cara memilih waktu panen saat jagung masih muda (semi), dan panen saat jagung berusia tua
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger