DESA CILEMBU

PANEN JAGUNG

PANEN JAGUNGDESA CILEMBU, PANEN JAGUNG dan Pola Tanam ~ walaupun negeri ini disebut sebagai negara agraris, tapi ngga semua orang bisa panen jagung seperti yang dilakukan ibu dan anak-anaknya ini, panen yang dilakukan oleh keluarga ini emang ngga seperti umumnya ibu tani yang hendak memanen hasil bumi...liat azh...masa mau panen Jagung, pakaiannya lebih mirip kaya ibu tani yang mau pergi kepasar...."disitulah sensasinya"....ujarnya sambil menebarkan senyuman...manis banget....halaaa.
Ladang jagungnya ngga luas luas banget seh, cuman namanya masa panen, petani macem ibu ini...kan, sukanya cuman saat panennya doang...saat tanamnya seh...boro-boro mau keladang jagung ini....;o)
diledekin, jawabannya masih sama...."sensasinya itu loch"...ujarnya lagi sambil mlengos

Panen Jagung rata-rata berusia 100 hst, tapi tergantung juga dengan varietas apa yang kita tanam, pokoknya kalau daunjagung/klobot kering, warnanya kekuningan, dan ada tanda hitam dipangkal jagung, jika panennya dilakukan kurang pas, dapat menyebabkan kadar kaorbohidratnya akan meningkat, dan protein pada jagung tersebut akan turun.
Penundaan masa panen selama 7 hari saat yang seharusnya dapat menurunkan kadar air, akan tetapi dapat dengan mudah terserang cendawan, tetapi jika panen ngga ditunda tunda, maka serangan cendawan bisa ditekan menjadi minimal.

Intinya panen jagung yang dilakukan oleh para petani, ngga semudah seperti yang dibayangkan oleh para bapak-ibu, tuan dan nyonya yang bisanya cuman menikmati jagung bakarnya doangan lah...gituh.
ribet dan jlimet.
PANEN JAGUNG
Jagung memang tanaman yang mudah dalam penanaman dan perawatan, yang terutamanya adalah dengan menanam jagung, biaya yang diperlukan ngga terlalu banyak ...makanya meskipun harus tetap hati hati dalam panen dan pasca panen, tanaman jagung ini sangat menguntungkan hingga para petani senang menanamnya.


PANEN JAGUNG

sebagai tambahannya, yu...barengan dengan saya, kita praktekan Pola Tanam nya :

Persiapan Lahan

Lahan yang subur dengan curah hujan 82 - 200 mm/bulan, dan sinar matahari yang dapat secara langsung tanpa terhalangi adalah yang paling ideal untuk menanam Jagung.

Persiapan Bibit

cara pemilihan bibit yang baik dengan cara merendam  bibit jagung dalam air selama satu malam, bibit yang mengapung adalah ciri bibit yang jelek, dan yang tumbuh kecambahlah yang layak untuk ditanam, dengan sebelumnya dicampurkan dengan fungisida agar ngga jamuran dan mati sebelum tumbuh.

Cara/Teknik Penanaman
cara ke :
  1. Tumpang sari
  2. Tumpang Gilir,
  3. Bersisian 
  4. Tanamcampur
Cara No. 2 Tumpang Gilir adalah yang terbaik karena hasilnya akan lebih banik dan banyak.

Pemeliharaan 
Siramlah tanaman jagung yang masih muda minimal dua kali sehari, selain penyiraman, penyiangan dan pemupukan juga sangat penting untuk dilakukan agar pertumbuhan jagung bisa lebih maksimal.

Panen
dapat dilakukan dalam kurun waktu yang berbeda tergantung pada kebutuhan pasar atau harga pasar yang lebih menguntungkan, dengan cara memilih waktu panen saat jagung masih muda (semi), dan panen saat jagung berusia tua
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

82 komentar

Sayamah cuma bisa panenya doang ,kalau soal menunda panen ,karbohidrat dan lainya kurang faham Kang hehe,tapi ternyata ada cara dan tehnis penanaman jagung,boleh ditiru nih kebetulan dibelakang gubuk saya ada tanah nganggur,Haturnuhun yah Akang

Balas

Wah enak benar nih, kalau lagi panen gini Mang. Hm.... bisa buat jagung bakar dong ya ? :D


Salam

Balas

besok
balik kampung,tanam jagung.....
makasih inpohnya pa'dhe.....:o

Balas

kalau yang udah ibu2aja masih banyak yang nggaktau apalagi yang masih gadis yamas,beruntung aq nemu artikel ini,jadinya dapat menambah wawasanku.kayaknya petramax nih...hehehe,salam kenal mas,mana nih follow nya mas?

Balas

nggak jadi petramax nih,solar aja ah

Balas

wah gagal PERTAMAX

Balas

Mang Lembu sudah mulai melakukan Diversifikasi usaha.
Dari Ubi CIlembu kini sampai mengurus Panen Jagung

Balas

Polbek Sob. Xixixixixixiix

Balas

Mang Lembu Menanam Jagung D Kebun Kita

Balas

saya ikutan manen aja ya..

Balas

dibakar enak kayaknya ya Kang. saya nggak nanam jagung Kang, jadi nggak ikutan panen deh..hohoho

Balas

saya pernah membantu orang tua menanam jagung di kebunnya, memang sangat rumit yaa mas. apa lagi kalau sudah banyak rumputnya. :D

Balas

Asyik seru nih.. tunggu yang sudah di rebus aj dah....!, ada tuh yang bisa langsung dimakan Kang..!, warna tdk trlalu kuning tp rasanya manis..rasa korbohidratnya,, lengket di gigi..:):)

Balas

panen jagung apa mas,jagung manis atau jagung apa?..

Balas

de' ES : nah kesian tuh tanah dianggurin, kan tanah juga punya anak dan istri yang harus dinafkahi...kalu nganggur gimana dong?

Balas

kang In :...jangan dibakar..nanti kena pasal KDRT...loch.

kang asepanu kasep tea : udah mulay pake bahasanya Viki zaskia gotik deh ih

Balas

*duduk termenung, sambil merhatiin para sesepuh rebutan jagung

Balas

hhmmm....
salam kenal kembali...kecup basah ah
emmmuaaaah

Balas

ngga apa apa kang, yang penting mah...gondrong-lah...;o)

Balas

KITA...?!
akang ajah kale....

Balas

mana yang setipis siletnya kang...pencahayaannya yang bagus dong.

Balas

lain kali kalo banyak rumput, lepasin azh kambing ke kebun jagungnya, suruh mereka makan rumputnya....;o)

Balas

Saya mah nanam enggak, manen enggak, paling bisa hanya nyicipin saja dari pedagang. he...he..

Itu sapertos aya foto ema abdi. Di handapna oge aya foto abdi sareng ki lanceuk. Waduuuh, janten hoyong mulang ka ema, pak.......

Balas

yang penting jagungnya bisi 2 (merek jagung di daerah saya), hehe

Balas

Iya juga yah Kesian BANget Tanah jika di angurin bisa mabok dianya nanti kalau diangurin Kolesomm atau Kti gituh

Balas

Waduh ga kebagian jagung bakar tingal jangele doang inih

Balas

Sudah Panen Jagung Marengan(Panen akir musim hujan) ya Mang Bagusan mana sama panen jagung Labuhan(Panen Awal musim hujan) Mau banget inih jagung manis buat Bakaran...

Balas

Jagung memang enak
Apalagi panennya banyak
Uangnya bisa didapat sekotak

Balas

Wah Kang Lembu lagi Panen Jagung hayang atuh Kang...
Kalau deket mah pasti saya datang ke kebonya Kang Lembu
Untuk ikutan manen Jagung, biar pulangnya bisa bawa 1 mobil Jagung hhhh

Balas

Ngeblog boleh tiap hari yah Kang, tapi jangan sampe tanah kosong
Gak di tanami apa-apa, kalau di tanami jagung bisa panen, yang untung
Siapa coba..? kan Akang sendiri bukan saya. boleh Minta Jagungnya Kang Lembu? hhh

Balas

Negeri kita kayak akan hasil alam tapi kok masih import dari luar negeri ya :D

Balas

ah alesan karbohidrat jagung...padahal aslinya emang giginya kuning ko'...ngaku deh ngaku.

Balas

jagung tetangga....;o)

Balas

Yuhuuu..
asyk dong yang lagi panen jagung
bagi dong gann...

Balas

ah saya sudah lama ga main ke sawah kang, sekarang paling cuma bisa nikmatin jagungnya aja hehe...

Balas

maksudna apa tuh kang di verifikasi.....

Balas

burukeun mulang atuh...ulah hayoh wae milarian dunya...sok sempetkeun sungkem ka ema jeung ka apa...gewat!!...;o)

Balas

ingat panen jagung, jadi ingat kampung halaman waktu kecil dulu. Jadi ridu ayah ibu..............

Balas

ya bagusan nonton yang panen sambil tolak pinggang dan tunjuk sana sini-lah...kan saya mirip Bob Sadino...halaaaa
*ngga nyambung....;o)

Balas

sekotak?!...kotaknya segede apaan coba?...kalau segede kotak rokok seh...sedikit dong...;o)

Balas

bisa.....sekilonya Rp.8000.

Balas

yang import kan para pejabatnya...petani mah ngga tuh...;o)

Balas

wah semoga panennya banyak dan melimpah....

Balas

tuh...ambil azh gih.

Balas

waaah kalau urusan tanaman, saya juga sama kaya ibu diatas, sukanya cuma pas panennya ajaaa :p

Balas

Saya juga bisa nanam jagung kok Pak, gampang ihh, saya kan petani tulen ;-) :D

Balas

wah pasti bisa sambil bakar jagung nih pak, asyik juga ya kalau bisa panen banyak getu :)

Balas

disawah mah padi kale....;o)

Balas

sempetin pulang kampunglah atuh kang

Balas

aaaamiiiin...
makasih kang

Balas

hahay....dua ibu ibu yang berbeda dunia...;o)

Balas

ya sensasi jadi orang desa ya gini ini deh...;o)

Balas

wah banyak banget komennya

nih OOT dikit kang:
balik lagi kang mau kasih tau klo kanglembu udah kufollow,habis komentar dihalaman follow masih nunggu dimoderasi sih,ya disini aja biar tambah rame,laporan selesai kang,sekarang waktunya kabuuuur...

Balas

Kin bade ngempelkeun acis heula, kanggo meser hui Cilembu :)

Balas

kang ikut dong panen jagungnya ... hehehe

Balas

itu pasti yang di dalam foto istri dan anak nya pak cilembu ya? wah kok pak cilembu nggak ikut di foto sekalian :)

Balas

Mang Lembu nya sibuk rekaman

Balas

asiknya mencangkul dikebun

Balas

lebih ngetren dipanen saat muda ya kang harga lebih menjanjikan, kalau nunggu kering harganya murah banget

Balas

hehehe....itulah kelebihan mamang.

ngga bisa follow balik, jalinan temennya dari kemaren diutak atik ngga bisa juga...katanya lagi error, ngga tau siapa yang error, google atau sayanya yang error.
makasih yei udah percaya sama sayah...;o)

Balas

bisa kirim jagungnya lewat JNE kang? hahaha

Balas

Wih, mantap!
Mau dong di undang menikmati kuliner jagungnya :)

Balas

nanti kalau tahun depan panen, tak undang deh yah.

Balas

nanti kalau tahun depan panen, tak undang deh yah.

Balas

nga lah...kan bukan narsis-isme kaya kang asep....;o)

Balas

hiyah kang...apa apa ge' kalau yang muda mah lebih mahal...;o)

Balas

bisa...tapi kita biasa kirimnya minimal satu truk....ongkos kirim...gratis

Balas

bisa dikirim ke banjarmasin ga tuh? :v

Balas

wahh thank banget mas untuk Teknik Penanamannya :D nambah ilmu nih hehe

Balas

Di daerah kami Jagung termasuk tanaman pokok yang banyak ditanam petani setelah Padi. Hasilnyapun cukup melimpah apalagi telah ada benih Jagung Hibrida yang dijual di pasaran. Bila nilai tambahnya dapat ditingkatkan alangkah bahagianya para petani Jagung. Terima kasih sharing dan motivasiya. Salam cemerlang buat Admin Blog Desa Cilembu. Sukses selalu.

Balas

waah jagungnya okke banget....
kayaknya panen besar..

Balas

bisa...kenapa ngga, asal ongkos kirimnya cocok azh...;o)

Balas

aaaamiiiin....semoga manfaat.
makasih juga mampirnya

Balas

Alhamdulillah, berarti budidaya jagung sudah lumayan merata diwilayah pertanian, hanya sayangnya memang harganya ngga bisa seperti harga semen gituh misalnya, hingga petani tetap saja jadi petani yang sederhana hidupnya sepanjang masa....;o)
salam sehat selalu juga yah

Balas

panennya ya segede gede jagung lah....;o)

Balas

wah seneng yah kang kalau pas panen jagung bisa menikmati hasilnya setelah menunggu beberapa waktu hehe...

Balas

Jadi ingat kampung halaman. Sudah lama sekali saya tidak merasakan suasana panen jagung.

Balas

oh gitu ya hehe..

Balas

wah jadi ingat bakar jagung nih saya, hmmm :)

Balas

saya suka jagung rebus yang masih hangat....jadi kangen nih

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger