DESA CILEMBU

SUSU yang Disukai

SUSU yang DisukaiDESA CILEMBU, SUSU yang Disukai ~ sebelum lanjut membacanya, diingatkan...!!untuk membersihkan terlebih dulu segala jenis virus yang menempel di pikiran yang sudah terlanjur melekat gara-gara kepincut dengan suguhan SUSU yang Disukai,....pastinya disukai oleh semua orang dari segala kalangan usia, terutama sangat disukai oleh anak-anak.

SUSU yang Disukai, terutama oleh anak-anak ini...justru sangat disarankan diberikan oleh para orang tua sebagai alternatif bijaksana terhadap mereka yang hobinya mengkonsumsi makanan sejenis yang terbuat dari selain yang berbahan dasar selain dari SUSU ini. Selain bisa dibeli ditoko terdekat, makanan inipun dapat di buat sendiri dirumahnya masing-masing....ngga mungkin juga membuatnya dirumah tetangga,..kan?
;o)

SUSU yang Disukai yang dimaksudkan disini adalah Permen Susu adalah permen yang terbuat dari bahan dasar SUSU dengan kualitas SUSU yang tidak perlu yang sangat baik, oleh karenanya pembuatan Permen Susu ini dapat dijadikan alternatif usaha rumahan dengan memanfaatkan produksi SUSU SAPI hasil perahan para peternak dilingkungan yang ada di DESA CILEMBU dan atau di lingkungan sekitar sohib berada. 

Tahapan Pembuatan PERMEN SUSU
SUSU yang Disukai
  • persiapan bahan
  • pemanasan SUSU
  • penambahan gula
  • pengentalan
  • pencetakan
  • pengemasan
Proses Pembuatan Permen Susu
a. Peralatan dan Bahan yang digunakan
Alat:
  • Kuali atau Wajan atau Penggorengan
  • Sutil kayu atau Pengaduk kayu
  • Pemanas
  • Cetakan
  • Timbangan
Bahan-bahan: (misal untuk 0,5 kg permen)
  • susu segar : 2 liter
  • gula pasir sekitar 20% : 400 gram
  • agar-agar : 1 gram
b. Prosedur Pembuatan Permen Susu 
  • Menguapkan air susu dengan memanaskan susu sampai volume tinggal setengah bagian
  • Mendinginkan adonan/hangat
  • Menambahkan agar-agar, gula pasir  
  • Mengentalkan adonan dengan memanaskan  
  • Menuang adonan permen kedalam cetakan 
  • Biarkan suhu adonan permen sampai hangat
  • Mengiris permen
  • Mengemas  permen setelah dingin
Pemanasan susu merupakan salah satu tahapan pembuatan permen susu. Pemanasan dengan suhu  yang tinggi akan mempengaruhi flavor, odor, viskositas dan lemak. Flavor dan odor berubah disebabkan oleh pengaruh panas terhadap protein dan laktosa susu. 
Viskositas akan berkurang pada suhu pasteurisasi dan akan bertambah pada suhu mendidih. Pengaruh lain dari pemanasan tinggi adalah terbentuknya warna coklat karena terjadinya reaksi antara amino group (protein, asam amino,peptida) dengan gula, reaksi ini disebutreaksi Maillard.Prinsip pemanasan dalam pembuatan permen adalah untuk menguapkan sebagian besar air dalam susu. Kadar air yang rendah menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme dapat ditekan, sehingga pada akhirnya masa simpan produk menjadi lebih panjang.
SUSU yang Disukai Proses pemanasan dianggap telah selesai apabila adonan terlihat lepas atau tidak lengket pada penggorengan, atau dapat dilakukan pengujian kematangan adonan yaitu dengan cara mengambil sedikit adonan yang sedang dimasak dengan sendok, dan masukkan ke dalam gelas berisi air dingin, apabila adonan dapat mengeras maka proses pemanasan telah selesai. 
moga SUSU yang Disukai nya bisa dipraktekkan dirumah dan jadi tambahan penghasilan bagi keluarga
(Pelatihan Pengolahan Hasil Ternak bagi Penyuluh Peternakan Tahun 2011  oleh DR. Ir. Endang Setyawati SW, MP)
(sbr.)
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

86 komentar

cara membuat permen susu termasuk mudah juga yaa mas, bahan - bahannya pun tidak terlalu sulit di temukan. thanks mas Cilembu :)

Balas

Semakin banyak olahan berbahan dasar susu.

Balas

Saya pernah makan dari hasil produksi susu yang di olah dan di kemas menjadi permen, dodol, kerupuk dan lainnya Mang. Melihat hasil karya inovasi pengolahan bahan dasar susu ini menjadi makanan yang lain saya sangat salut. Semoga hal ini bisa meenciptakan lapangan uasaha dan pekerjaan yang baru bagi masyarakat setempat ya Mang..... :D


Salam

Balas

ternyata, susu yang dibikin permen toh..

Balas

maaf yei neng HY ku.
saya kesulitan komentarin balik blognya kalo kotak komentarnya pake G+

Balas

Dari dulu sampe sekarang saya bilang juga apa Kang Lembu...?
Susu kan...? yah Pasti kalau Kang Lembu lagi nyantay kaya di pantey
Ya harus pegang susu, eehh Minum susu maksudna hhh
Apa lagi susu yang itu tuuu hh oopps.. jangan negatif dulu yah niley saya?
Emang nya saya cowok apakah? hhh maksudna Kopi susu + mocca
Itu tu baru susu special. wah cckck kepanjangan punten we nya Kang?

Balas

Cara membuat permen susu memang mudah Mas Ferdon
Yang susah nya mah nyari Kang Admin blog ini, orangnya
Agak unik, menrik, lain-lain deh. hatur punten we Kang Lembu :)

Balas

Waaah kayaknya cara pembuatannya sederhana juga..

Balas

Pokoknya sesuatu yang dibuat dari susu dan dicampur dengan susu enak ya Kang..?

Apa bedanya susu kental manis dengan susu cap nona Kang?

Balas

Sederhana tapi rasanya mantab..

Balas

Iya Kang Saud, kopi+ nyusu mak sruput....

Balas

Oalah begitu to kang kalau saya sih tetep suka susu cap noba yang bawa ember itu lho

Balas

hiyah...semudah ngecup akang berdua...;o)

kang SK : unik sama antik kan identik dengan tuwa...huh

Balas

aaaamiiiin...yang jadi kendala bagi kami adalah pemasarannya yang sangat tersendat, kemasan harus sempurna barulah kita bisa menembus super market, kenapa yah para pengusaha besar itu ngga bantu para UKM dilingkungan dimana supermarket itu berdiri ya?...
kasihanilah kami kaum du'afa yang ingin bangkit ini...halaaaaa

Balas

awalnya pasti mengira SUSU yang lain ya...;o)

Balas

hmmm...jadi kebelet pengen meres susu deh ih...;o)

Balas

Tapi kalau gulanya banyak bisa bahaya dong Kang buat anak2, tapi susu nya asli susu sapi yah.. Mantap :)

Balas

Ternyata begitu cara membuat permen "Susu yang Disukai" ya Kang.
Keren dan mantap dah infonya.

Balas

Haha..tak kirain susu kongslet kang
Ndak taunya... Permen susu toh :)

Inget dulu jaman SD..sangunya permen ini yg ada gbr sapi nya :)

Balas

Nebeng pertamax ah.. :), sipp pak.. anak2 memang suka yang manis2... asal jangan berlebihan aja kalo engga gginya bisa bolong2.. :)

Balas

wah saya belum pernah melihat permen susu ini kang,, apa pemasarannya tidak sampai sumatra ya kang..?? ini susu apa hayo bahan dasarnya hehehehe

Balas

wah,saya sudah jarang nemuin permen susu macam ini ni..
bolehlah pakde dikasih gratisan :D

Balas

nyimak aja mas.. gak bisa buat kayaknya

Balas

wah kayaknya akan pindah kelain hati nih Kang :D

Balas

Aduh, jangan salahkan gue ya, jika ada virus diotak gue, soalnya judulnya gimana gitu, ternyata permen susu toh, hehe....

Balas

Mau dong pakdhe.....

Balas

Yang saya fikirkan ketika membaca judulnya adalah susu yang berwadah elastis

Balas

kalau saya lebih suka produk turunan dari susu

Balas

pernah nyoba rasanya manis
enak banget tapi untuk buat gak bisa kayaknya
hehe

Balas

betul sekali, ini permen disukai oleh banyak kalangan usia termasuk saya hehe

Balas

kang CM termasuk OTDA juga ya....otak dada...;o)

Balas

miriplah dengan RSS...;o)

Balas

beda merknya doang atuh kang....soalnya yang paling disukai mah...susu yang ngga ngeluarin air susu....;o)

Balas

padahal ngga boleh bawa susu pake ember...ngga steril.

Balas

hiyah bahaya kalau kebanyakan gulanya mah....paste.

Balas

belum tentu juga begitu seh...tergantung mud azh...;o)

Balas

selain permen susu, kang Ione suka yang apa lagi emangnya? :D

Balas

dasar om om...pikirannya ngga jauh dari anu...;o)

hah...permen model itu kan adanya tahun 60 an...emang kang pur SD nya tahun 60 an gituh?

Balas

peluang banget dong...coba kang MN bikin dan produksi di Sumatra pasti bakal cepet kaya...ngga ada pesaing seh.

susu ibue'...;o)

Balas

alamatnya di inbox deh..dan tunggu beberapa hari kedepan...okeh

Balas

bisa hiyah...bisa juga sekalian mendua...;o)

Balas

ice susu pake soda kan?

Balas

mau susu, atau permen susunya?

Balas

emang keturunan Susu itu selain cantik cantik, tinggi kulitnya putih bagaikan susu...;o)

Balas

selalu azh...menyerah sebelum mulay...loyo banget deh ih...;o)

Balas

Wah, resep bagus ini Pak, izin nyimak. Sayang dikampung saya nggak ada membudidayakan sapi perah :-(

Balas

kambing sepertinya juga bisa mba bos, hehehe........

Balas

wkwkwkwk. otak saya langsung ke arah gunung kelud pada sebagian lainnya ke patuha, hehehe. saya kira susu sapi, e gak tahunya memang susu sapi. hehehe

memang susu sapi perah ini sangat bagus ya untuk kesehatan

Balas

kalo permen-permen susu yang beredar dipasaran sama ga ya kang dengan persu hasil olahan ini?

Balas

kalau untuk saya cara membuat permen susu ini masih terasa rumit,mungkin harus mengikuti pelatihan dulu yah Kang,biar nanti apabila bikin sendiri bisa langsung jadi,tapi kalau hanya baca kemungkinan jadi hanya 75 % saja,soalnya prosesnya tidak segampang membuat masakan .Tapinya setelah baca artikel diatas paling tidak sudah ada baayangan untuk membuat yang namanya permen susu. ( susu ) Haturnuhun Kang untuk artikelnya....

Balas

biar tidak loyo makanya lihat tuh susunya hahaha ( susu sapi ) hahaha

Balas

Kalau saran saya mah, sambil bergerak memperbaiki apa yang menjadi persayratan. Bias di eksplore melalui media sosial Kang, siapa tahu bisa mengundang investor yang tertarik ? Minimal di kawasan daerah sana potensinya ikut etrus di puss lewat media sosial sih. Jangan menyerah gitu ah...... :D

Lari sebelum di kecup basah......

Balas

Tangan dua ya Mang.....:D

Balas

justru disitu letak tantangannya..

bener kata kang CC dari susu kambing juga okeh ko'

Balas

sama kang, paling ditambahi perasa azh seh...rasa duren dll gituh deh

Balas

buwahahaa....pasti libido lagi tinggi ya kang...;o)

Balas

suka juga minum susu asli dan juga coklat.. hehee

Balas

wah pasti bikin seger ya pak kalau tiap hari minum susu :)
apalagi kalau masih anget susu nya :)

Balas

tapi percaya lah chef kang De mah moal gagal.
sugan we atuh sedulure yang ada diGarut dibukakeun usaha susu..eh permen susu maksudnya...;o)

Balas

jangan kebanyakan nanti "n'dut" loch...;o)

Balas

kalau numpang buat permen susu di rumah tetangga kan boleh juga sebenarnya kang hadi...apalagi kalau tetangganya juga diajarin buat permen susu...kan asyik rame-rame buat permen susu...sambil menikmati susu yang disediakan tetangga...iya kan iya kan iya kan.......kalau salah....ambil handuk putih dulu ach :-)

Balas

bikin badan sehat ya pak kalau rutin minum susu, . dan konon katanya bisa bikin awet muda lho :)

Balas

kalau ane lebih suka susu cap nona gan. tapi ane masih cari belum ketemu haha

Balas

simple ternyata bahannya ya kang cilembu.. gk butuh tempat yang besar cukup juga untuk dapur yang minimalis kalo dibuat konsumsi sendiri jadi hemat uang buat pengeluaran jajan :)

Balas

kalu saya lebih suka susu yang masih segar kang hehehe

Balas

owh permen susu.
pernah nyoba sekali sih, rasanya memang enak bingit...

Balas

xixixixi. kondisi lagi normal kang..

saya pikir dah penampakan baru.. eh berkunjung pagi masih disuguhi susu kental manis uenak, hehe

Balas

pokonya makjleb deh...;o)

Balas

menikmati susu tetangga....?!
hadeuh abang ni...susu tetangga ko'di icip icip seh...;o)

Balas

hiyah benenr...nih buktinya...masih muda selalu kan?

Balas

jomblotragis dong...;o)

Balas

cocok untuk usaha rumahan untuk bantu suami cari tambahan gituh deh.

Balas

baru diperes daru susu nya y

Balas

klo takut basah mending pakai jas ujan aja, pak Indra

Balas

susu yg berwadah elastis dan menarik serta aman dari jangkauan kucing, tapi tidak dari jangkauan bapak-bapak.....

Balas

tuh peres aja susu kaleng, mang. dijamin awet

Balas

TAPI lebih dahsyat SUSU MURNI PUNYA IBU...

Balas

kelihatan cara membuat susu mudah ya.. boleh dicuba buat sendiri di rumah..

Balas

banyak orang suka susu ya pak. Makanya sekarang harga susu dipasaran jadi naik hmmmm ;)

Balas

paling enak yang alami, memerah sendiri

Balas

kalau susu saya lebih suka yang murni kang selain sangat baik untuk kesehatan juga bikin seger, tapi permen susu juga lumayan enak juga kang :)

Balas

tp itukan bukan permen?

#polos

Balas

apa dong?

#benar-benarpolos

Balas

Mau nyari susu lagi Ah..
wkwkwkkkkk...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger