DESA CILEMBU

PERLINDUNGAN HUKUM Produk IG UBI CILEMBU SUMEDANG

SERTIFIKAT IG (INDIKASI GEOGRAFIS) TERBIT PADA 24 APRIL 2013)
SEJAK TERBITNYA SERTIFIKAT INDIKASI GEOGRAFIS, maka :
PENGGUNAAN TANDA IG DAN MUTU PRODUKNYA DIATUR DAN DILINDUNGI oleh UU No. 15 Tahun 2001 Tentang MEREK

Dalam pemasarannya DILINDUNGI antara lain oleh :
UU No. 8 Tahun 1999 Tentang PERLINDUNGAN KONSUMEN
UU No. 18 Tahun 2012 Tentang PANGAN
PERLINDUNGAN HUKUM Produk IG UBI CILEMBU SUMEDANG

TUJUAN
  1. Memberi pemahaman kepada pelaku usaha UBI CILEMBU SUMEDANG tentang perlindungan hukum penggunaan sah dan tidak sah tanda IG (INDIKASI GEOGRAFIS) dan pemalsuan mutu UBI CILEMBU SUMEDANG
  2. Mencegah berlanjutnya penggunaan tidak sah tanda IG dan pemalsuan mutu UBI CILEMBU SUMEDANG
  3. Mendukung upaya penegakan hukum terhadap penggunaan tidak sah tanda IG dan pemalsuan mutu UBI CILEMBU SUMEDANG

DEFINISI IG (INDIKASI GEOGRAFIS) 
Suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang yang karena faktor Geografis, yaitu faktor alam dan faktor manusia, atau kombinasi dari kedua hal tersebut,memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan
CIRI KUALITAS KHAS UBI CILEMBU SUMEDANG
  1. Bentuk umbi memanjang
  2. Daging berwarna kuning sampai kuning kemareahan
  3. Telah disimpan minimal 7 hari
  4. Setelah di OVEN memiliki :  Rasa manis dan legit dengan aroma yang khas, Memiliki karamel yang terasa manis, berwarna kecoklatan, terletak diantara kulit dan daging umbi
  5. Memiliki kandungan gizi sesuai buku persyaratan
PEMILIK IG (INDIKASI GEOGRAFIS) UBI CILEMBU SUMEDANG adalah  :
ASOSIASI AGROBISNIS UBI CILEMBU 
(ASAGUCI)
Yang memiliki anggota :
  1. 1501 orang petani
  2. 125 orang pedagang
(buku persyaratan dapat diubah selama ciri dan kualitas khas yang menjadi dasar terbitnya Sertifikasi IG tetap ada)

PENGGUNA TANDA IG (INDIKASI GEOGRAFIS)
hanya boleh digunakan pada :
  1. Produk UBI CILEMBU SUMEDANG dalam bentuk :  Ubi jalar mentah atau UBI jalar OVEN kelas I, II, III, dengan bentuk umbi memanjang
  2. Kemasan yang berisi 100% UBI CILEMBU SUMEDANG dengan adala wilayah produksi di Kecamatan PAMULIHAN, TANJUNGSARI, SUKASASRI, dan RANCAKALONG dengan ciri kualitas yang telah ditetapkan dalam buku persyaratan
  3. Kemasan Ubi campuran dengan menyebutkan secara jelas prosentase kandungan UBI CILEMBU SUMEDANG dalam ubi campuran tersebut
CARA PENGGUNAAN LABEL dan LOGO :
  1. Pada masing masing umbi  UBI CILEMBU SUMEDANG (dalam bentuk cetakan atau stiker berperforasi, sehingga akan rusak bila dibuka), atau
  2. Dicetak pada masing masing kemasan UBI CILEMBU SUMEDANG, atau
  3. Sebagai segal pada tutup kemasan (dalam bentuk cetakan atau stiker berperforasi, sehingga akan rusak bila dibuka), atau
  4. Kombinsasi dari cara cara diatas (kode Keterunutan dapat ditempatkan tersendiri)
PENGGUNA TANDA IG (INDIKASI GEOGRAFIS)
LABEL DAN LOGO UBI CILEMBU SUMEDANG HANYA BOLEH DIGUNAKAN OLEH :
  1. Anggota ASAGUCI
  2. Pemakai tanda IG UBI CILEMBU SUMEDANG yang terdaftar di DITJEN HKI dan Mendapat ijin ASAGUCI
PENGGUNAAN TANDA IG (INDIKASI GEOGRAFIS)
  1. Penggunaan Label dan Logo IG (UBI CILEMBU SUMEDANG) oleh BUKAN ANGGOTA ASAGUCI atau Bukan oleh PEMAKAI TERDAFTAR...DILARANG
  2. Penggunaan Label UBI CILEMBU atau UBI SUMEDANG oleh BUKAN ANGGOTA ASAGUCI DIPERBOLEHKAN
Oleh : DR. IR. H. RIYALDI, MM
Staf khusus IG DITJEN. PERKEBUNAN, KEMENTRIAN PERTANIAN TIM AHLI INDIKASI GEOGRAFIS DITJEN. HKI, KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM
Hotel Khatulistiwa, Sumedang, 24 April 2014

Penampakan LOGO dan LABEL yang dimaksud diatas, dan lebih detail megenai pasal pasal UU PERLINDUNGAN HUKUM Produk IG UBI CILEMBU SUMEDANG akan diposting lebih lanjut dicannel dan waktu yang sama...tunggu yah...
NB.
Alhamdulillah...mimpi tentang di HAK PATEN kannya UBI CILEMBU tempo hari, akhirnya terealisasi.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

50 komentar

Tak di sangka saya dapat Pertamax di artikel Tentang
Label dan kemasan Ubi Cilembu, berhadiah 1 kripik Ubi gak Kang..? hh =D

Balas

kurang paham mengenai hal ini :)

Balas

saya juga mau kalau keripik mas saud kapan-kapan pengen pesan ubi nya juga hehe pengen merasakan ubi cilembu seperti apa rasanya :D kan saya belum pernah mencoba hehe

Balas

Ada hukumnya juga ya UBI CILEMBU SUMEDANG, walaupun tidak begitu ngerti soal hukumnya itu.

Balas

Lengkap banget nih Kang penjelasannya, jadi tambah penasaran aja nih ma ubi cilembu :D

Balas

lapor bos, ditempat saya ada yang jual ubi cilembu bakar bos, saya juga baru tahu beberapa waktu yang lalu, hehehe...

Balas

kemarin sih nyoba waktu ke kota batu tapi rasa ubinya gak kek di puncak mang....

lama gak kunjung mari ternyata mamang sudah ganti cat rumah ya :D

Balas

umbi cilembu memang mantab...rasanya enak :)

Balas

Alhamdulillah.. Akhirnya bisa dipatenkan ya, Bang :)
Semoga ubi cilembu makin dikenal seluruh negeri ^^

Balas

wah makin mantep aja anie usahanya mang Lembu, semoga makin sukses aja ya kang
Salam sukses slalu :)

Balas

Dengan begitu ubi Cilembu makin mantap ya kang. Semoga usahanya makin lancar jaya kang Lembu :)

Balas

ubi cilembu memang pantas mendapatkan IG. karena sementara ini belum bisa dibudi dayakan diluar daerah asalnya. bisa tumbuh dan berbuah tapi rasanya tidak lagi sama :)

Balas

berarti dengan membudidayakan ubi cilembu, sama dengan mempertahankan warisan leluhur hehe :D

Balas

karena kang SK mah udah biasa dan tau rasanya kripik ubi, maka yang dapet kiriman kripik minggu ini adalah de' FRISKA LEE....hauydeuh..:)

Balas

ya udah kalau gituh...akang kedapur gih...nyiapin kopi untukpara tamu yah...:D

Balas

imbas dari semangat warga petanidan pedagang yang pengen ubi cilembu mendunia...:)

Balas

masih belum lengkap ko' kang..masih ada sambungannya, kan belum ada detail pasalnya, logo dan labelnya juga belum tuh.

Balas

makjleb ngga rasanya?
kalau makjleb laporkan temen temennya, kalau ngga laporkan ke saya yah...:p

Balas

kalau diPuncak kan ya puncak....tau dong rasanya dipuncak...puncak apa coba?

kebetulan baru gajian....:p

Balas

emang pernah ngerasani geto...?!
*ambigo

Balas

aaaamiiiin.
terimakasih atensi dan do'anya...moga sukses juga untuk beib...bengbengnya jangan lupa yei...:p

Balas

aaaamiiiin terimakasih do'anya...bisnis rupiah serebu duarebu doang kang...:)
lumayanlah ...Alhamdulillah

Balas

mampir bentar Kang. besok-besok mampir lagi.. :D

Balas

bener-bener resmi ya, samai ada perlindungan hukum produknya juga..

Balas

hmm kayaknya enak ubinya mas,,,
terima kasih sudah berbagi mas,akhirnya saya tau kalau ada undang-undang dari produk IG Ubi, selamat malam mas...

Balas

Terpaku (@.@)" ., baru kali ini menyaksikan tayangan kaya mutu ini. Lanjutkan mang lembuuu ^^

Balas

Baru tau yang informasi kaya gini..
Terimakasih sebelumnya kang :)

Balas

semoga dengan ini ubi cilembu semakin makjleb dan semakin memakmurkan para petaninya ya kang

Balas

belum tau bos, liat tulisannya doang dipinggir jalan, mau nyobain tapi belum minta ijin sama sibos, takutnya ga boleh gitu, hehehe...

Balas

aaamiiin...semoga rakyat cilembu makin sejahtera ya kang

Balas

ternyata... kirain IG instagram :D sukses terus maaang ubi-nya...

Balas

persis banget kang, itulah keistimewaan UBI CILEMBU, yang kemudian jadi tanggungjawab kami rakyat desa cilembu untuk menjaga dan menyayanginya.
terimakasih yah :)

Balas

Hiyah banget....kalau bukan kita yang menjaga dan mengembangkan warisan leluhur itu, siapa lagi coba?...:p

Balas

lagi sibuk mliriki yang setipis silet ya kang...:p

Balas

betul kang, guna mendorong masyarakat untuk selalu menjaga kualitas ubi cilembu sebagaiproduk desa kebanggaan.:)

Balas

hihih boleh juga nih, tapi buat teh aja ya kang :)

Balas

terimakasih atensinya
salam sehat dan ceria selalu ya kang

Balas

halaaa....
kebanyakan konsletnya seh ya....:p

Balas

wah..telat dong...:)
sama sama...salam sehat dan ceria selalu yah

Balas

aaammiiin...dengan begitu niat saya ke Mekah pun segera dapat dilaksanakan ya kang...:)
aaamiiin...aaaamiiiin.

Balas

Kopi...!!

:p

Balas

wah hebat pak ubi cilembu sudah punya payung hukum sendiri, luar biasa, sukses selalu pak untuk bisnis nya ya ;)

Balas

:D...:p
aaamiiiin makasih atensinya...sehat dan ceria selalu kan?

Balas

aaaamiiiin....semoga para petaninya makin sejahtera.

Balas

Alhamdulillah ya pak udah paten ten ^^

Balas

Celamet ya kang udah paten moga makin lancar bisnis nye :)

Balas

aaamiiin...semua ngga terlepas berkat doanya m'ba Susi ko';)

Balas

makasih kang.
kecup kering ah

Balas

Lestarikan Ubi Cilembu sebagai budaya Indonesia!! :D

Balas

DI JEPARA BANYAK UBI CILEMBU DI PINGGIR JALAN APA DARI DESA CILEMBU YA

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger