DESA CILEMBU

MAHAR

Jadilah dirimu  ANGIN yang menyelimuti dan menggenggam bumi dan seluruh isinya
Jadilah dirimu AIR yang menyejukkan dan menghidupkan
15 April ___

MAHAR
Sepenggal kata yang tertulis dalam sebuah judul buku "Yang Mengenal Dirinya, Yang mengenal Tuhannya" mahakarya Jalaluddin Rumi yang saya sertakan sebagai mahar pernikahan...sebuah mahar yang membuat petugas KUA dan para tokoh desa tempat kami melangsungkan pernikahan(dirumah mempelai wanita, kini jadi ibu'na anak-anak, Desa Cilembu) sangat aneh, unik, dan tidak seperti umumnya orang menikah....dan saya yakin temen temen saat menikah, maharnya pasti seperangkat alat sholat plus gelang kalung mas seberat 100 gram atau mungkin mas batangan 20 kg, atau mungkin ada juga yang mas kawinnya mas bambang juragan baso....;o)
Mahar
MaharTentulah mahar dengan disertakannya buku tersebut atas persetujuan mempelai wanita yang sangat mencintai saya dan persetujuan calon mertua, alasan yang cerdik dan sangat masuk akal dari saya yang membuat mereka bertekuk lutut menyetujui dan menerima mahar tersebut, saya bilang begini, "saya sanggup memberi mahar sebongkah mas berlian, tapi setelah pernikahan sebongkah mas dan berlian tersebut saya minta untuk dijual kembali untuk modal usaha dan beli mobil....habislah kemudian, tapi.....kalau maharnya sebuah buku yang isinya sangat makjleb untuk menjalani bahtera rumah tangga, tentu akan menjadi lebih berharga daripada sebongkah mas dan berlian itu, dan yang paling penting....buku tersebut harus kita jadikan cambuk dan motivasi untuk sidia(kini udah jadi istri) melanjutkan kuliah". kata kata rayuan gombal itulah yang membuat mereka menyetujui.
#tiga tahun kemudian....Alhamdulillah dengan segala keprihatinan dan perjuangan akhirnya istri bisa menyandang gelar sarjana.... Saat diwisuda, saya berbisik pada kedua mertua, "pak, ibu...inilah bukti dari mahar buku itu".
hahay.....rayuan gombalku saat menjelang pernikahan itu ternyata dapat dibuktikan....Alhamduuliiilaah.(pake logatnya ustad. Maulana)

Saya mau bilang, khususnya untuk para pria muda yang udah cukup umur dan memang telah menjadi wajib hukumnya menurut Undang Undang dan ajaran Islam tentang usia dan kesiapan seorang laki-laki akan pernikahan, pacaran udah lama cuman baru mampu bermimpi meminang pacarnya untuk dijadiin istri, tapi selalu ragu yang akhirnya menunda lamaran karena takut pada besarnya biaya MAHAR dan biaya pesta hajatan nanggap dangdutnya.
Jangan takut dan ragu kawan....Sholat Istiqaroh-lah, dan lalu baca Bissmillah sambil pasrahkan segala niat sucinya melamar sang kekasih karena ingin beribadah kepada-NYA....insyaAllah dilancarkan dan dimudahkan lamarannya dan MAHAR nya.

Kalau mau ngasih MAHAR sebuah buku seperti saya, judul bukunya jangan sama dengan buku yang diatas itu yah...:o)
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

37 komentar

kalau seorang blogger harusnya maharnya blog ya mas, bukan buku, hehehe :D

Balas

hiyah bener..maharnya blog yang udah ngasilin dollar 4 juta sebulan...asik, unik dan luar biasa kan..?
ya udah kita trendi kan azh yu.... :p

Balas

benar Kang, kalau udah menghasilkan sih bagus tuh buat mahar seumur hidup hehehehe

Balas

Dalam Islam ditentuin ngga Bang, maharnya berapa? Kok di daerah ku kasak-kusuk ya pas ada pernikahan tapi maharnya dengan jumlah kecil. Padahal kan menikah itu ibadah, pahalanya justru berkali lipat dibandingkan pacaran lama tapi nunggu mahar yang banyak :p

Balas

di zaman sekrang banyak orang yang menunda pernikahan dengan alasan belum punya modal mahar, ya termasuk saya juga :D

Balas

jadi ingat dulu waktu nikah, istri saya ndak mau maharny emas intan berlian permata, tpi maunya kitab...akhirny mahrnya kitab shahih bukhari... :)

Balas

jadi teringat masa masa menyunting mantan pacar saya dulu pak, hanya mintak Alquran dan seperangkat alat sholat saja untuk mahar

Balas

Kalau dalam Agama Islam kalau gak salah Mahar bukan sesuatu yang wajib ya Kang
Namun istilah Mahar juga sering di sebutkan bahkan nilai nominal atau barang nya
sering di perguncingkan, alangkah baik jika pasangan muda-mudi sudah cukup
Segalanya, segeralah Menikah biar Mawar seadanya yang penting bisa syah dan halal

Balas

kalau saya nanti menikah mahar nya gak usah repot-repot cukup belikan aja cincin kawin gak usah emas saya maunya yang stailes aja yang harganya cuma 12 ribu dipasar saya terima kok asal serius aja :D

Balas

Ah mulai sekarang aku jadi penggemarnya Mang Ubi ah.... romantis syariah ternyata orangnya bahaha. Iya mang, zaman sekarang yang seperangkat alat sholat mah biasa. Mending minta buku aja tuh. Pokoknya saya bersikukuh lah nanti, maharnya buku aja. Tafsir Fii Zhilal Qur'an wis :D

Balas

Keder iki... mahar itu salah satu rukun nikah, wajib hukumnya! Yang ada besarannya itu, yang gak di tentukan, boleh berapa atau apa aja. Karena mahar itu tanda ketulusan seorang calon suami kepada calon istrinya. An Nisaa' ayat 4

Balas

hiya ya...bakalan langsung jadi menantu kesayangan deh...:p

Balas

yang saya tau mah, kalau besarannya ngga ditentuin, yang penting mempelai wanitanya harus menyetujui dan ikhlas saja.
budaya, adat istiadat dan kebiasaan yang membuat jadi seperti itu, yang akhirnya lama pacarannya dan terjadilah hal hal yang dilarang agama karena adat yang memberatkan itu

Balas

jiah...emang neng Vina kudu nyiapin Mahar geto?

minta maharnya jangan yang umum neng...minta kunci azh maharnya...kecil, mungil dan imut mahar kunci mah.....:D

Balas

:D
soalnya istrinya paham betul kemampuan akang...sungguh istri yang pengertian, semoga cintanya abadi ya kang...:)

Balas

Insyaallah perjalanan rumah tangganya diberkahi karena diniatkannya suci...aaaamiiiin

Balas

setuju kang, hanya saja kesempurnaan ekonomi bisa juga terjadi kala berjuang bersama dalam bentuk rumah tangga, karenanya jangan terhambat oleh mahar, tapi niatkan saja menikah karena ibadah kepada_NYA...hahay...saya terlihat cerdas kalau lagi begini ya...:p

Balas

tuh...udah diperjelas oleh ci ceuceu tah
moga kian mencerahkan, terutama bagi para JOMBLOTRAGIS...:D

Balas

hah...masih jomblo yah...ada kesempatan dong...?

#cling...ngumpet dikolong

Balas

seperangkat alat sholat mah harus dong...hanya yang menyertainya itu kudu yang NEHNIK...agar jadi motivasi kita dalam berjuang dalam membina keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah....gitu...ceu

:)..saya lagi menebar pesona dikolom ini...:p

Balas

Emang bener beda tipis, he he....cerita tentang maharnya bikin ngiri, lain daripada yang lain,he he..

Balas

Kata orang pintar. wanita yang baik itu adalah yang murah maharnya. biar lelaki tidak dibuat kelimpungan. kalau buku mah, terlalu muraaaah atuuu.

Balas

wah unik juga maharnya mas, jadi punya ide bikin mahar pakai sebongkah blog. hehee

Balas

Makasih infonya, Bang. Jadi semakin paham nih mengenai mahar. Aku pikir memang ada syarat jumlahnya, soalnya di sini adatnya gitu sih.. Mungkin karena ngikutin suku di sini ya, mereka pake syarat soalnya

Balas

Manteb tuh ulasan komentarnya, Begitulah Mahar, sebenarnya di dalam Islam nggak memberatkan. Kitalah yang mempersulit.

Balas

saya dulu modal dengkul sudah bisa nikah. Sebab dengkul saya sekseh gituh

Balas

bener2 brilian nih maharnya, keliatannya sih spele tapi makjleb yia bos, hehehe...

tapi kalo ditempat saya kayaknya dihujat habis sama ttangga bos, hehehe...

Balas

:D
KITAaa....?!
kang pakies ajah kalee....

Balas

buhawahahaa...nge-les ah
padahal pake pelet jangjawokan, makanya ibunya nurut azh dikasih dengkul doang ge'.....oh kasihan ibunya oh.....:p

Balas

unik dan nyentrik ya....padahal akal akalan saya doang, kalau ngaku ngga punya duit buat beli mahar...kan gengsong dong atuh...:p

Balas

buwahahaaa....
untung kang Djangkaru BUMI yang bilang gituh...coba kalau Ustad Guntur BUMI yang ngomong...PUPUTnya bakal tak pelet....:D

Balas

hiyah...kenapa ngga?
berpikirnya jangan terlalu konvensional kang, jangan kita disengsarakan oleh adat istiadat yang walau tujuannya tentu baik, kalau bikin kita jomblo seumur umur...emang enak ngga kawin kawin...kawin itu nikmat tauuu...:p

Balas

ngapain takut sama tetangga?!emangnya mau kawin sama tetangga....

kan buku itulah yang menjadikan pacar saya itu jadi sarjana...hahay

Balas

kalo di Jawa namanya aji aji pelet semar mendem

Balas

semar mesem, semar mendem, mendeme ning jero hatine.....(sebut nama cewenya)....:p

Balas

Kreatif dan inovatif sobat, bisa diconth bagi yang mau nikah nanti :)

Balas

silahkan...disini emang dibebasin ko buat meng copas...segala bidangnya...:D

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger