logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

MANFAAT INDIKASI GEOGRAFIS

www.desacilembu.com
MANFAAT INDIKASI GEOGRAFIS ~ Menindak lanjuti didapatkannya Sertifikat Indikasi Geografis (jaman dulu biasa kita kenal sebagai HAK PATEN) pada UBI CILEMBU SUMEDANG yang diserahkan langsung oleh Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH. MH., FCBArb dari Ditjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) kepada Bupati Sumedang kala itu Dr. H. Don Murdono, SH. M.Si. pada tanggal 20/06/2013, telah dilakukan sosialisasi tentang Perlindungan Hukum Produk IG UBI CILEMBU SUMEDANG yang dilaksanakan (24/04/2014) di Hotek Khatulistiwa - Jatinangor - Sumedang yang kemudian menyepakati LOGO dan LABEL RESMI untuk kemudian wajib dipakai oleh seluruh anggota 1501 orang petani dan 125 orang pedagang Ubi Cilembu Sumedang yang terdaftar sebagai anggota ASAGUCI(Asosiasi Agrobisnis Ubi Cilembu).
Manfaat IG

Pertanyaannya adalah : faedah atau manfaat apa yang akan didapatkan dengan terbitnya Sertifikat IG (Indikasi Geografis) ini bagi masyarakat?

  1. IG dapat digunakan sebagai strategi pemasaran produk  pada perdagangan dalam dan luar negeri,
  2. Memberikan nilai tambah terhadap produk dan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pemilik/pembuatnya,
  3. Meningkatkan reputasi produk Indikasi Geografis dalam perdagangan internasional,
  4. Persamaan perlakuan sebagai akibat promosi dari luar negeri, dan
  5. Perlindungan IG sebagai salah satu alat untuk menghindari persaingan yang curang.
Penegakan hukum terhadap pelanggaran IG telah diatur dalam UU No. 15 Tahun 2001 Tentang MEREK, dan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2007 Tentang IG (Indikasi Geografis), dapat berupa penegakan hukum diluar pengadilan dan penegakan hukum melalui jalur pengadilan.
  • PENEGAKAN HUKUM DILUAR PENGADILAN. 
Dalam PASAL 84 UU No. 15 Tahun 2001 Tentang MEREK, memberikan peluang penegakan hukumbila terjadi pelanggaran IG dengan menempuh alternatif penyelesaian sengketa melalui Arbitrasi bahkan sangat dimungkinkan melalui jalur Mediasi dengan menggunakan mediator.
Penyelesaian sengketa dengan cara ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan penyelesaian melalui penegakan hukum di pengadilan, karena tidak akanmemakan waktu dan biaya yang mahal.
  • PENEGAKAN HUKUM MELALUI JALUR PENGADILAN
*  Penyelesaian Sengketa melalui system Peradilan Perdata ~ untuk perbuatan melawan hukum atau wanprestasi  tuntutannya dapat berupa ganti rugi dan atau tuntutan supaya tidak lagi memakai IG, sedangkan gugatan dengan dasar Wnprestasi tuntutan berupa pemenuhan prestasi.
Dalam Pasal 57 ayat (1) UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek menyatakan bahwa pemegang Hak atas IG dapat mengajukan gugatan terhadap pemakai IG yang tidak sah, berupa permohonan ganti rugi dan penghentian penggunaan serta pemusnahan etiket IG yang digunakan secara tidak sah tersebut.
  • PENYELESAIAN SENGKETA MELALUI SYSTEM PERADILAN PIDANA
*   Penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana IG    secara formal berlaku UU No. 8 Tahun 1981 tentang KUHP, sehingga tindak pidana ini dapat dimulai adanya penyidikan oleh penyidik dari pejabat POLRI, dapat juga penyidik dari PNS dilingkungan Direktorat Jenderal HAKI kementerian Hukum dan Hak Azasi manusia seperti tercantum dalam pasal 89 UU No. 15 Tahun 2001.
Tidak Pidana IG hanya terdiri dari 3(tiga) pasal, yaitu :
  1. Pasal 92,
  2. Pasal 93 dan
  3. pasal 94 UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek
PASAL 92 (1)
Unsur Pidana :  
Barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan tanda yang sama pada keseluruhan dengan IG milik pihak lain untuk barang yang sama atau sejenis barang yang terdaftar
Ancaman Hukuman :
Pidana Penjara 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,-

PASAL 92 (2)
Unsur Pidana
Barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan tanda yang sama sama pada pokoknya dengan IG milik pihak lain untuk barang yang sama atau sejenis barang yang terdaftar.
Ancaman Hukuman :
Pidana Penjara lama 4(empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. 800.000.000,-

PASAL 93
Unsur Pidana
Barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan tanda yang dilindungi berdasarkan indikasi asal pada barang atau jasa sehingga dapat memperdaya atau menyesatkan masyarakat mengenai asal barang atau jasa tersebut.
Ancaman Hukuman :
Pidana Penjara lama 4(empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. 800.000.000,-
(Inspektur Polisi dua wahidin agusni, SH)

Manfaat IGUntuk diketahui tentang MANFAAT INDIKASI GEOGRAFIS dan Pasal dari UU.No. 15 tahun 2001 yang dapat menjeratnya, diketahui.....oleh seluruh masyarakat luas, terutama kepada masyarakat yang berniat mengajukan Sertifikat IG produk unggulannya  

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger