DESA CILEMBU

MANFAAT INDIKASI GEOGRAFIS

MANFAAT INDIKASI GEOGRAFIS ~ Menindak lanjuti didapatkannya Sertifikat Indikasi Geografis (jaman dulu biasa kita kenal sebagai HAK PATEN) pada UBI CILEMBU SUMEDANG yang diserahkan langsung oleh Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH. MH., FCBArb dari Ditjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) kepada Bupati Sumedang kala itu Dr. H. Don Murdono, SH. M.Si. pada tanggal 20/06/2013, telah dilakukan sosialisasi tentang Perlindungan Hukum Produk IG UBI CILEMBU SUMEDANG yang dilaksanakan (24/04/2014) di Hotek Khatulistiwa - Jatinangor - Sumedang yang kemudian menyepakati LOGO dan LABEL RESMI untuk kemudian wajib dipakai oleh seluruh anggota 1501 orang petani dan 125 orang pedagang Ubi Cilembu Sumedang yang terdaftar sebagai anggota ASAGUCI(Asosiasi Agrobisnis Ubi Cilembu).
Manfaat IG

Pertanyaannya adalah : faedah atau manfaat apa yang akan didapatkan dengan terbitnya Sertifikat IG (Indikasi Geografis) ini bagi masyarakat?

  1. IG dapat digunakan sebagai strategi pemasaran produk  pada perdagangan dalam dan luar negeri,
  2. Memberikan nilai tambah terhadap produk dan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pemilik/pembuatnya,
  3. Meningkatkan reputasi produk Indikasi Geografis dalam perdagangan internasional,
  4. Persamaan perlakuan sebagai akibat promosi dari luar negeri, dan
  5. Perlindungan IG sebagai salah satu alat untuk menghindari persaingan yang curang.
Penegakan hukum terhadap pelanggaran IG telah diatur dalam UU No. 15 Tahun 2001 Tentang MEREK, dan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2007 Tentang IG (Indikasi Geografis), dapat berupa penegakan hukum diluar pengadilan dan penegakan hukum melalui jalur pengadilan.
  • PENEGAKAN HUKUM DILUAR PENGADILAN. 
Dalam PASAL 84 UU No. 15 Tahun 2001 Tentang MEREK, memberikan peluang penegakan hukumbila terjadi pelanggaran IG dengan menempuh alternatif penyelesaian sengketa melalui Arbitrasi bahkan sangat dimungkinkan melalui jalur Mediasi dengan menggunakan mediator.
Penyelesaian sengketa dengan cara ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan penyelesaian melalui penegakan hukum di pengadilan, karena tidak akanmemakan waktu dan biaya yang mahal.
  • PENEGAKAN HUKUM MELALUI JALUR PENGADILAN
*  Penyelesaian Sengketa melalui system Peradilan Perdata ~ untuk perbuatan melawan hukum atau wanprestasi  tuntutannya dapat berupa ganti rugi dan atau tuntutan supaya tidak lagi memakai IG, sedangkan gugatan dengan dasar Wnprestasi tuntutan berupa pemenuhan prestasi.
Dalam Pasal 57 ayat (1) UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek menyatakan bahwa pemegang Hak atas IG dapat mengajukan gugatan terhadap pemakai IG yang tidak sah, berupa permohonan ganti rugi dan penghentian penggunaan serta pemusnahan etiket IG yang digunakan secara tidak sah tersebut.
  • PENYELESAIAN SENGKETA MELALUI SYSTEM PERADILAN PIDANA
*   Penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana IG    secara formal berlaku UU No. 8 Tahun 1981 tentang KUHP, sehingga tindak pidana ini dapat dimulai adanya penyidikan oleh penyidik dari pejabat POLRI, dapat juga penyidik dari PNS dilingkungan Direktorat Jenderal HAKI kementerian Hukum dan Hak Azasi manusia seperti tercantum dalam pasal 89 UU No. 15 Tahun 2001.
Tidak Pidana IG hanya terdiri dari 3(tiga) pasal, yaitu :
  1. Pasal 92,
  2. Pasal 93 dan
  3. pasal 94 UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek
PASAL 92 (1)
Unsur Pidana :  
Barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan tanda yang sama pada keseluruhan dengan IG milik pihak lain untuk barang yang sama atau sejenis barang yang terdaftar
Ancaman Hukuman :
Pidana Penjara 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,-

PASAL 92 (2)
Unsur Pidana
Barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan tanda yang sama sama pada pokoknya dengan IG milik pihak lain untuk barang yang sama atau sejenis barang yang terdaftar.
Ancaman Hukuman :
Pidana Penjara lama 4(empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. 800.000.000,-

PASAL 93
Unsur Pidana
Barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan tanda yang dilindungi berdasarkan indikasi asal pada barang atau jasa sehingga dapat memperdaya atau menyesatkan masyarakat mengenai asal barang atau jasa tersebut.
Ancaman Hukuman :
Pidana Penjara lama 4(empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. 800.000.000,-
(Inspektur Polisi dua wahidin agusni, SH)

Manfaat IGUntuk diketahui tentang MANFAAT INDIKASI GEOGRAFIS dan Pasal dari UU.No. 15 tahun 2001 yang dapat menjeratnya, diketahui.....oleh seluruh masyarakat luas, terutama kepada masyarakat yang berniat mengajukan Sertifikat IG produk unggulannya  

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

63 komentar

Geografis tentang tatanan Desa Cilembu dan petani Ubi Cilembunya
Sangat lengkap sekali yah Kang lembu, ckckck semoga petani Ubi makmur sentosa

Balas

Ahaai tak di sangka dapet Pertamax juga Makasih Kang Lembu :)

Balas

Hotel Kang, bukan Hotek
hayoo di mana ketemunya

Balas

tadi saya liat di pacebuk, judulnya Mahar. ko' berubah gini artikelnya Kang? hebat pisan oiyyyy.....

saya kurang ngerti soal geografis, ngertinya GeoTroy..Xxixixixixi

Balas

sangat banyak sekali manfaatnya ya indikasi geografis ini sudah behitu lengkap juga dengan pasal-pasalnya ya :D hehe

Balas

semoga ubi cilembu semakin digjayaa...aamiinn...

Balas

Alhamdulillah uda dapet hak paten ya, Bang.. Bisa donk gencar ekspornya :D

Balas

sudah ada hak paten, tinggal dikembangkan ya kang, biar go internasional lah

Balas

Ubi cilembu ditanam dan di jual di manas aja namanya akan tetap tetap Ubi Cilembu. sudah paten 100% :)

Balas

Kurang ngerti soal ginian, lulusan IPA soalnya hehe

Balas

baru tahu saya kang manfaat indikasi geografis ini. disekolahan dulu belum diajarkan hehehe

Balas

pada pasal 92 (1) itu ada kandungan hak cita intelektual seperti yang digunkan oleh karya cipta indonesia. untuk melindungi hak cipta bagi pemegang merk khususnya musik industri

Balas

Wuihh keren Kang Cilembu, dengan Ubi Cilembunya
moga makin sukses kang..

Balas

dengan adanya badan hukum sehingga bakal memperkuat banding kalau ada yang menggugat pak. Semoga usahanya makin berkembang dengan terus giat berpromosi

^.^

Balas

saya cipok satu persatu

Balas

saya emang udah liat dari tadi, ada akang didepan pagar, makanya langsung saya klik gerbangnya ng'buka sendiri ya...otomatis canggih geto seh...:p

Balas

masih mending, daripada tak tulis hombreng...coba?...:D

Balas

baru dengar ini saya, ternyata banyak sekali manfaatnya sertivikasi ini ya kang,

Balas

baru tau ya...huh.

Geo = bungsu
Troy = abangnya...
:p

Balas

:D
agar para petani dan pedagang ubi lebih bersemangat, dan menjadikan para oknum berhati hati dan meninggalkan status oknum nya...:D

Balas

sekaligus harapan jaya...
kalau putra jaya nama perusahaan ubi cilembu, yang dimiki oleh warga cilembu....:)

Balas

hayo dibantu promosiin atuh....kalm-lah...pie nya 10% deh...cukup kan?

Balas

Oo.. jadi itu nama anak to Kang ... :D .. sama kalo gitu ... Mas Asha..

Balas

Baru kali ini saya tahu Kang .. kalau Tahu apa mesti pake indikasi ya Kang ... soalnya usahanya Emak sm Babeh.. bikin tahu Kang ... ?

Balas

link ke luar negerinya minim euy...ditambah prosedur ekspornya tidak dimudahkan, berbeda kalau produk import dari China...sangat dimudahkan itulah kelemahan kita kang.
lagian produk pertanian mah terlalu banyak aturannya...lieur-lah

Balas

Beuh makin kesini postingannya kang Lembu makin bikin saya harus berulang-ulang nie bacanya, apa karna otak saya yang belum nyampe kali ya :)

Balas

ternyata banyak juga manfaat indikasi geografis yia bos

sayangnya saya ga paham yang beginian, hehehe...

Balas

:D...kita kan bapak bapak yang sayang anak kan?..:p

Balas

:)...hiyah gituh, ..kalau dijual depan rumah, masa namanya jadi ubi depan rumah...ngga enak banget kan?

Balas

kalau soalgituan pasti ngerti ya...:p

Balas

huahahahah... hotekkk niyee
untung sanes ketek...

Balas

kalau dulu sekolahnya di JIS mah kaya sayah...pasti udah tau...dimaklumin ko' kang...:p

Balas

hiyah gituh kang...ngga tau apakah hak cipta untuk musik kah yang nyontek ke Ubi atau sebaliknya...tapi kayanya musik yang nyontek deh...kayanya loch yah...:p

Balas

aaamiiiin...makasihdo'anya.
kalau urusan keren mah saya mah emang bawaan lahir kalee....:p

Balas

aaamiiin...makasih atensi dan dukungannya.
minimal ngga bakalan ada yang ngaku ngaku gituh deh...ya

Balas

sama kang...:D
lumayan lah....:p

Balas

wah tentang manfaat indikasi geografis y...saya melihat pasal2nya teng njelentrek ra karuan gitu jadi mumet sendiri untuk memahaminya...semoga pasal2 yg teng njlentrek ini dapat diterapkan dengan baik ....aamiin :)

Balas

kenap nggadicoba kang, apalagi kalau TAHU nya punya ciri khas yang unik...ayo dong diperjuangkan usaha ema dan babenye sama anandanya...:)

Balas

jelas pisan eta mah otakna weh nu teu ka tepi...jiaahahaa...

Balas

sayang banget ya...:)

besok tak bikin artikel yang begituan deh suapaya paham ya.

Balas

Pak Sal sebenernya beliau pergi ke Jakarta itu karena di kampung banyak hutangnya kang, dari pada ditagih tagih terus, terpaksa dia pergi merantau...gituh cerita yang sebenernya mah.

Balas

hahaha, untung aja gak ikut-ikutan ngantri :p

Balas

oke bos, tapi saya juga bingung mau mematenkan apa, paling puntung rokok bos, hehehe...

Balas

Kalau saya kelihatan ga di sini, biar letak geografinya bagus saya ambil di sini saja Kang :D

Balas

Lumayan belajar sebagai wirausaha kalau mau punya hak paten.

Salam

Balas

Hihihi.. Uda donk, tapi lewat offline. Aku kasih link blognya di kantor Mama :p

Balas

Hmm.... ntar saya coba temui Emak deh Kang ... soalnya, hampir satu kampung tempat saya lahir adalah pembuat TAHU Kang ... makasih banyak infonya ini Kang ...

Balas

hiya kang...daripada manyun ya...:p

Balas

nah tuh apalagi gituh...perjuangkan kang...demi kesejahteraan masyarakat...bantu do'a dari sini.

Balas

bagusan bau ketek, dari pada bokek...hayo...pilih yang mana coba?

Balas

cuman kliatanpantatnya doang kang...:)

Balas

jagain dulu disini ah...gawat kalau ada orang orang KPK dateng nih

Balas

Dendanya banyak banget nol nya...

Balas

saya ikutan numpang nangkring disini aja ya kang, hehehe :D

Balas

undang2nya sangat banyak berarti hukumnya ketat sekali ya mas tentang indikasi geografis, hmmm :D

Balas

luar biasa ya pak ternyata banyak sekali manfaat dari indiksi geografis ini, jadi cocok banget untuk para pengusaha ya :)

Balas

untung angka nol. coba kalau angka sembilan...

Balas

tapi masih sulit penerapannya...maklum namanya juga nyangkut isi perut jeh

Balas

semoga para petaninya juga tambah sejahtera...aaamiiiin

Balas

dengan karpet merah dan paling manis untuk dede....halaaaaa

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger