DESA CILEMBU

MANUSIA TERDIRI DARI

Manusia terdiri dari :
  • Raga (badan kasar/Jasmani) ~ terdiri dari, air, kapur, angin dan tanah
  • Nyawa (badan halus/ruh) ~ terdiri dari Nur/cahaya 
  • Roh (kesadaran/jiwa) ~ An Nafsun/rasa dan perasaan
Raga(badan kasar/Jasmani) memiliki kelengkapan perangkat yang disebut Panca Indra.
Nyawa(badan halus/ruh) memiliki kelengkapan perangkat berupa :
  • Pikiran
  • Angan angan/cita-cita
  • Perasaan
Nyawa (badan halus) adalah tempat bersemayamnya yang disebut Nafsu, diantaranya :
  • Nafsu Sufiyah/biologis(makan, minum dan bersetubuh)
  • Nafsu Mutmainah (nafsu berbuat baik)
  • Nafsu Lawamah/kebanggaan diri (harga diri)
  • Nafsu amarah
  • Nafsu mencari kesenangan/bermain
Manusia tediri dari

Roh/Jiwa(An nafsun) terdiri dari :
  1. Syahwat/Lawwamah yang dipengaruhi oleh sifat Jin yaitu rakus, malas, dan serakah
  2. Ghodob/Ammarah yang dipengaruhi oleh sifat Iblis, sombong, merusak, dan menentang
  3. Natiqoh/Muthmainah dipengaruhi oleh sifat Malaikat, bijaksana, tenang, berbudi luhur, berahlak dan senang kedamaian dan kasih sayang
Alat dari Jiwa adalah Otak :
  1. Akal (timbangan) hak atau bathil
  2. Pikiran (hitungan) untung rugi
  3. Dziikir (ingatan) ingatan pada Allah
Bagi manusia yang tingkat kesadarannya telah mencapai roh yang utama ngga akan mengalami mimpi, baik saat bangun ataupun sedang tertidur, tetapi jika manusia yang tingkat kesadarannya mencapai badan halus akan mengalami mimpi saat tidur maupun bangun, dan dia bisa mengarahkan mimpinya ke alam dimana dia mau, pada tingkatan ini manusia tersebut dapat mengetahui apa yang akan terjadi dan peristiwa masa lampau yang telah lama terjadi.
Bila manusia yang tingkat kesadarannya hanya sampai pada badan kasar seperti umumnya manusia seperti kita, maka akan mengalami mimpi saat tertidur maupun saat terbangun, pada tingkatan ini tidak bisa mengarahkan mimpinya ke alam mana dia mau, itulah yang biasa kita sebut sebagai mimpi adalah bunganya tidur
Jadi....mimpi adalah ketidak sadaran akan Roh yang Utama( kesadaran diri)

Mari kita sejenak bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita sudah mampu  menjadi MANUSIA YANG RENDAH HATI?

Roh yang utama adalah kesadaran itu sendiri, seperti contohnya :, "kang Saud, kang Zach, kang Asep, Kang Hariyanto, kang Wisata murah, Kang Ujung kelingking dan kang kang, euce, om om dan ema ema itu semua adalah nama untuk si badan kasar. Si - Aku - terletak dibadan halus......Roh yang utama hanya menyaksikan dan mengijinkan
Jika nafsu masuk ke alam pikiran, maka yang dominan gambaran kehidupan masa lalu, sekarang, dan masa depan, inilah alam dunia. 
Jika nafsu masuk ke alam perasaan, maka yg dominan gambaran ketakutan, kegembiraan, kesenangan, inilah alam surga dan neraka.Di setiap alam terdapat tak terhingga alam.

itulah gambaran dari MANUSIA TERDIRI DARI
Berada disebelah manakah diri kita saat ini?
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

110 komentar

manusia ternyata rumit juga untuk memahaminy...terdiri dari bnyk komponen...karena itu tdk berlebihan klo d katakan, man arafa nafsahu faqad arafa rabbahu :)

salam hangat :)

Balas

wah saya dapat pertamaxx...sipp.. :)

Balas

Katanya roh akan sehat bila di berimakan dengan sumber yang sehat pula, dan dia akan sekit kalau sumbernya tidak beres. Semoga saja kita bisa memeliharanya dengan benar ya kang ?

Salam

Balas

Wah.. saa masih bermimpi juga.. belum sampe sana ternyata... btw, makasih pencerahannya...

Balas

saya baru tahu yang seperti itu mas makasih untuk ilmunya saya jadi tahu banyak hal :D dengan artikel ini .

Balas

Sangat bermanfaat sekali pencerahannya gang :)

Balas

aaaaamiiiiin
emang ribet juga tuh yang namanya manusia ya kang....untung saya ngga termasuk didalamnya...:p
:) kecup hangat juga

Balas

alamat lengkapnya diinbox ya kang, tunggu 3 hari lagi didepan pintu bakalan ada paket ubi mendatanginya

Balas

aaamiiiin...YRA..
agar menjadi subur, jangan lupa pemupukannya yang rutin ya kang.

salam sehat dan ceria selalu juga

Balas

kalo gituh...sama atuh..:p

buat saya juga ge'

Balas

ih...bisa ajah deh ih...
jadi tersipu deh tuh :)

Balas

aaaamiiiiin.
semoga demikian

Balas

Wah saya kalau tidur jarang mimpi loh kang. Ya kalau tidur ya tidur saja, tau tau bangun dah pagi, jarang banget mimpi kang.. Hayo gimana kalau begitu kang.?

Balas

saya masih mimpi yang aneh-aneh kalo tidur.. apalagi ngimpi macok oray, lain dipacok oray, wkwkwk

Balas

nah ini, dalem bgt bahasannya.. heuheu

Balas

ooo gituh ya...cuman pas mimpi semua jadi basah kan?!

Balas

merinding saya membaca posting ini

saya pernah diceritain teman ustd,, bahwa setiap manusia itu diberi qorin,,, yang kalau orang jawa bilang dulur papat limo pancer.. ternyata menurutnya kalau dirinci, ke 4 saudara yang dalam bahasa agama di sebut qorin itu, yang 2 disebelah kiri berbentuk jin, dan yg 2 disebelah kanan berupa malaikat

jadi mungkin yang dimaksut dengan roh diatas yang dibekali pikiran dan seterusnya itu ada para pendamping kita itu kali ya

sedang nyawa yang dibekali dengan hal yang sama itu mungkin maksutnya adalah semacam baterai yang bersemayam di tubuh kasar kita yang nantinya diminta pertangungjawaban disana

waktu saya menulils komentar ini, aku merasa ada selaput terang disekitarku. terutama diatas alis mata mendadak seperti terang benderang

barokallah kang, posting yang sangat bermanfaat

Balas

wkwkwk ayak ayak wae kang hadi

Balas

Wah mang lembu ada Nafsu bersetubuh juga nih. eh maksud saya artikelnya ini ada disebut Nafsu gituan. Hihihi. Mana nih mang Rawins? Biasanya urusan Jeroan gini beliau lebih banyak jam terbangnya

Balas

banyak komponen dan berbeda fungsi tapi saling berkaitan :) salam hangat juga

Balas

terlalu susah memahami manusia yakang,selalu ada yang tersembunyi,apalagi kalau sampai fikiran mengalahkan hati nurani,akhirnya nafsu yang akan menguasai

Balas

rendah hati itu yang rendah lemak, rendah kalori dan seterusnya itu ya Kang :)
pokoknya seneng aja baca ini

Balas

bolak balik dulu bacanya supaya paham kang, dan diposisi mana saya berada,
mencapai kesadaran roh butuh proses yg nggak mudah ya kang...

bahasannya bikin saya mikir, sambil pegang kepala digaruk2

Balas

lalu bagaimana ya mas,.. jika mimpi nya selalu sama,.. biasanya orang yang sedang jatuh cinta,.. akan mengalami mimpi yang sama tiap malamnya,.. mimpiin pujaan hatinya,..

Balas

Detail bangett infonya, jadi tau lebih banyak

Balas

itu namanya mimpi ngga ada kerjaan, ngapain mimpiin pujaan mulu, belum tentu pujaannya ge mimpiin kita...:p

Balas

kang WM mah udah faham...jadinya cuman ketawa doangan tuh...:p

Balas

Aku pribadi belom bisa jadi manusia rendah hati Bang, karena yang aku pikir biasa aja mungkin dianggap lain sama orang. Heheh.. Yang penting berusaha balance aja sih. :D

Balas

kalu gituh saya mau deh jadi ularnya tauh lah...:p

Balas

subhanallah...sedemikian makjlebnya suguhan saya kali ini, saya sendiri sampe baca ulang.
aaaamiiiin...aaamiiiin....Ya Allah

Balas

hehehe....raja celana kolor nongol euy...kita tunggu raja handuknya deh

Balas

makanya banyak yang ngakunya orang soleh, bahkan ngaku Ustad kelakuannya mirip dengan saya...kan ngga banget ya...:p

Balas

banyak juga komponennya mas,,,, saya juga bru tau mas ,,

Balas

asal jangan rendah diri dan rendah hasrat azh kang...:p

Balas

wah... ternyata yang paling banyak nafsunya yia bos, pantesan...

Balas

Penjelasan yang sangat mendalam Kang, ijin simpan artikelnya buat dibaca ulang ya Kang..... Terimakasih

Balas

:D pemilihan katanya emang hasil perenungan yang mendalam yang tak lakuin sambil bersila di kaki gunung Kareumbi (belakang rumah)...:p

Balas

tak dapat dipisahkan semua ada dalam satu kesatuan

Balas

masa seh?...biasa azh tuh

Balas

Klo saya tiap tidur psti mimpi, itu knpa ya?

Balas

Ternyata ada beberapa bagian pada diri manusia itu ya Kang Lembu?
Baru tau saya, berarti pada diri Akang termasuk juga ya Kang..? =D

Balas

Amin saya ikutan amin agar semua organ yang ada di tubuh saya
Bisa di gunakan untuk kebaikan ibadah makasih Kang Lembu artikelnya

Balas

pasti gara gara piara kucing

Balas

justru sayah mah ngga seperti yang diatas masa....saya juga heran :p

Balas

ehmm...cius nih?

Balas

Pencerahan nih dari Kang Lembu,,,ternya dalam diri ini terdiri dari banyak komponen yang disatukan menjadi sebuah raga bernyawa,,,
Nice post Kang,Haturnuhun sudah berbagi ilmu pengetahuan.....

Balas

itulah tantngannya kang...:p

Balas

sama kalau soal itu mah neng...hanya para wali mungkin yang bisa mencapai itu, saya juga cuman berupaya azh juga seh.

Balas

hiyah saya juga heran ko' bisa banyak gituh ya..:D

Balas

wah... ternyata mimpi juga bisa diarahkan yg kang ? apabila keadaan tingkat kesadaran badannya halus... baru tau saya kang :)

makasih ilmu barunya kang cilembu :D

Balas

ternyata manusia itu unsur dominannya adalah ruh.... sebenarnya sederhana saja ya kang,,yang penting kita bisa mengendalikannya. dengan selalu memberikan makanan batin berupa amal kebaikan, rendah hati, tidak ujub, tidak sombong dan segala kebaikan, setta selalu menjauhi larangan-NYA dan mematuhi segala tuntunan-NYA,maka insya ALLAH kita akan menjadi manusia yang selamat dunia dan akhirat...
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas

terkadang ada juga kang manusia yang tidak punya perasa'an, apa mungkin waktu pembagian perasa'an orangnya molor ya hahahahaha

Balas

masih terambang ambang kang

Balas

sangat dalem nih bahasannya.. dulu pas waktu menjelang remaja saya pernah mimpi terus di dalam mimpi itu saya sadar dan tau kalau itu mimpi jadi nyantai2 aja di dalam mimpi itu.. tapi sekarang ga bisa lagi.. kira2 itu termasuk kategori yang mana ya kang? :)

Balas

wah kalau ujung ujungnya bisa nyantey...pasti masuk kategori mimpi basah itu mah kang....:D

Balas

:) jadi kaya yang suka ngambang di sungai ajah deh ih

Balas

kayanya mah begitu....molor kan emang enak seh kang...:p

Balas

hahahha... akang mah bisa aja atuh... bukan itu kang.. mimpinya itu dekejar-kejar ama hantu yang sampai lari pun jadi berat.. tapi saya bawa nyantai aja.. :D

Balas

aaamiiin...semoga kita sedikit demi sedikit menjadi yang lebih baik ya kang...:)

Balas

pasti hantunya cewe sekseih kan?

Balas

setuju....
dan juga selalu bersyukur atas apapun yang telah dikaruniakan-NYA pada kita ya bang....

kecup basah dan hangat dari cilembu :D

Balas

kan emang kalu yang h alus halus itu bisa bikin makjleb ko'

ilmunya emang masih diplastikin jeh...:p

Balas

Jika diuraikan gini... banyak banget ya unsur2 yang ada pada diri manusia?

Balas
This comment has been removed by the author.

hahaha apa hubungannya apa kucing pak ?? :D

Balas

Penjelsan nya lengkappp bangett sampe ke komponen komponennya beuhhhh dan saya baru tahu kalo Bagi manusia yang tingkat kesadarannya telah mencapai roh bisa mengarahkan mimpinya sesuka hati :D

Balas

Pluss tagihan dan ongkirnya hahapiss :D

Balas

kasih tau ngga yaa....:p

Balas

:) moga ngga membingungkan kan

Balas

kalo soal yang itu mah ngga perlu dibilangin...udah faham dong...:D

Balas

intinyamah mungkin harus seimbang ya kang antara asupan nyawa, raga dan roh kita agar tidak timpang dengan dzikir, pikir dan olah raga yang teratur....

Balas

hiyah...kalau udah bisa gituh, pasti sayah mah mo mimpi jadi suaminya sopia latcuba, atau enjel karamoy da..:p

Balas

saya tunggu ya :D

ongkirny ngutang

Balas

rumit dan teu rame ah bahas ginian
mending bikin tentang meremas payudara lagi lah..

Balas

Heheh.. Masih suka khilaf :p

Balas

bangga saya sama akang, apa ajaaa bisa. coba yang nggka bisa apa, nggak ada. dasar manusia pembangunan. bangun melulu.

Balas

oalaaah.... kembali ke jaman sekolah...

Balas

saya catat ah buat nerangin ke anak saya, biar tahu unsur apa saja yang membuatnya jadi manusia :)

Balas

Jadi ... saya masuk yang mana nih Kang .. ? semoga saja yang rendah hati Kang ... :)

Balas

YRA kuwi opo to ?

Balas

Manusia dengan segala aspek jasmani dan ruhani diciptakan dalam keadaan suci, maka kembalinya nanti juga harus suci, kalo enggak maka harus dicuci dulu di ....

Balas

kalo bangun mulu, dijerat saja biar tidur

Balas

mending nyari payutuwa

Balas

Penjelasang yang sangat mendalam dan bermanfaat. Terdapat beberapa komponen manusia dan macam-macam nafsunya. Dan setiap manusia pasti mempunyai sifat baik dan buruknya kang. :D

Balas

eYang Reo Adam pak....:p

Balas

hah...ngutang?!
untung bukan Kutang...:p

Balas

:D
imbas takaran obatnya lagi ng'pas

Balas

emang kalau udah tuwa masih payu geto?...:p

Balas

cuman bangunnya palingan 20 sampe 25 menit doangan kang...:)

Balas

kesian kalo dijerat mah...kejam
dilaser azh lah...:p

Balas

biar awet muda kan...:p

Balas

aaaamiiiin....semoga manfaat buat kita semua ya kang...:D
makasih

Balas

aaaamiiiin....semua juga harapannya begitu deh ih...:p

Balas

pake sabun...belinya ditokonya kang pakies kan?...huh

Balas

hiyah bener banget kang, sama halnya dengan ada cowo dan ada cewe...pas kan?...:D

Balas

luar biasa pak sangat mencerahkan sekali, manusia memang terdiri dari berbagai macam organ ya, sangat kompleks pastinya ;)

Balas

sepakat kang....pokoknya mah buat kelas teri seperti saya mah, balansing lah gituh....:)

Balas

ternyata raga manusia mengandung kapur juga ya kang, bisa dong buat ngecat bilik bambu saya

Balas

Amiin.. adem di kotak komen ini

Balas

Harus introspeksi diri nih kayaknya, saya juga belum tahu ada di posisi mana ya....????

Balas

makin adem karena turun hujan

Balas

lebih adem karena ada yang pake baju merah...:D

Balas

aaamiiin...tapi bukan kaya pembersih komedo kan...mencerahkannya?..:p

Balas

bisa banget kang..cobain ajah punggungnya digesek gesekinke biliknya....pasti akang bakalan dianggap kambing lagi gatel...:p

Balas

Saya demen ma nafsu. Terutama nafsu berkomentar di sini.

Balas

iya pas sekali. Kalo ada cowok nggak ada cewek itu jadi masalah besar.

Balas

ngomongin mimpi..
makin sering seseorang bermimpi
katanya makin nunjukin IQ Seseorang itu tinggi ya kang
tapi ndak tau juga..pendiskripsiannya kalo mimpinya selalu mimpi basah... %&*#@

Balas

kalo indra ke6 itu disebut apa kang?

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger