DESA CILEMBU

Bulan Sya’ban

Adalah bulan ke delapan didalam penanggalan Hijriah, Sya'ban berarti "pemisahan", diceritakan pada bulan ini, orang Arab pada bulan ini berpencar dan berpisah untuk mencari air.
Sebagai pengasah hati untuk kita menjadi lebih baik...InsyaAllah, singgahlah sebentar untuk merasakan, apa yang telah saya rasakan, semoga disana mendapatkan Panggilan-NYA.
Bulan Sya’ban

Amalan di Malam Nishfu Sya’ban
Mengenai doa dimalam Nisfu Sya’ban adalah sunnah Rasul saw, sebagaimana hadits berikut :
Sabda Rasulullah saw : “Allah mengawasi dan memandang hamba hamba Nya di malam nisfu sya’ban, lalu mengampuni dosa dosa mereka semuanya kecuali musyrik dan orang yg pemarah pada sesama muslimin” (Shahih Ibn Hibban)
Berkata Aisyah ra : disuatu malam aku kehilangan Rasul saw, dan kutemukan beliau saw sedang di pekuburan Baqi’, beliau mengangkat kepalanya kearah langit, seraya bersabda : “Sungguh Allah turun ke langit bumi di malam nisfu sya’ban dan mengampuni dosa dosa hamba Nya sebanyak lebih dari jumlah bulu anjing dan domba” (Musnad Imam Ahmad)
7(tujuh)Keutamaan Bulan Sya'ban (hari ke lima belas), menurut Imam Nawawi, bulan tersebut :
  1. terjadi pemberlakuan kiblat, dari Masji Al-Aqsa ke Ka'bah di Masjid Al-Haram,
  2. terjadi peperangan Bani Mustalik pada tahun kelima Hijriah, Islam menang dalam peperangan ini dan terjadilah perang Badar yang terakhir
  3. merupakan bulan dimana semua amal kita dilaporkan kepada Allah SWT. Berdasarkan hadits riwayat An Nasai dan Abu Dawud dan ditashih oleh Ibnu Huzaimah dari Usamah bin Zaid, "Aku berkata, Wahai Rasulullah, aku tidak melihat tuan berpuasa dari satu bulan dari beberapa bulan seperti puasa tuan di Bulan Sya'ban".  Beliau menjawab, "Itu adalah bulan yang dilupakanoleh manusia antara bulan Rajab dan Ramadan. Bulan Sya'ban adalah bulan dimana amalan manusia diangkat kehadapan Tuhan semesta alam, oleh karena itu, aku senang apabila amalku diangkat, sedangkan aku berpuasa"
  4. Bulan membaca Al-Qur'an
  5. Bulannya Rasulullah SAW
  6. Pada setiap malam Nifsu Sya'ban, Rasulullah SWA selalu mendoakan umatnya
  7. bulan turunnya Allah SWT kemuka bumi, Imam Al-Ghazali mengistilahkan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh dengan Syafaat (pertolongan).
Adapun keutamaan bulan Sya’ban lainnya lebih jelas lagi dalam hadis-hadis berikut :
Hadis. 

  1. Aisyah RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan Rasulullah SAW, ia keluar mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi’, sedang menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau berkata, “Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nishfu Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)
  2. Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah)
  3. Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini, demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).
Subhanallah.... Pada malam ke-15 Bulan Sya'ban, umat Islam mari kita berlomba lomba mencari amalsaleh sebagai penutup catatan amal selama satu tahun, karena pada malam ke-15 ini amalan kita diangkat kehadapkan Allah SWT.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

76 komentar

Semoga kita semua bisa mendapat keutamaan Bulan Sya'ban ......... Aamiin .......... :)

Balas

Waahhh gagal Pertamax. Huh

Balas

mudah - mudahan kita semua mendapatkan air di Bulan Sya'ban ini .... Amiin

saya ke tigax

Balas

bulan sya ban itu bulan sebelum ramadhan ya?
ga terasa udah mau bulan ramadhan lagi dan seperti bulan puasa sebelumnya, gw puasa jauh dari keluarga :(

Balas

alangkah indahnya bulan sa ban

Balas

bulan Sya'ban ternyata sama mulianya dengan bulan suci Ramadhan, sungguh di dalamnya terdapat begitu banyak manfaat yang sayang kalau dilewatkan begitu saja

Balas

Banyak sekali yah Kang keutamaan di bulan sya'ban itu,sayamah baru tahu sedetain ini sekarang .Haturnuhun Kang Lembu parantos berbagi pengetahuan....

Balas

Alhamdulillah masih ketemu Sya'ban semoga nyampek selesai Ramadhan juga yah...

Salam dr Pulau Dollar

Balas

semoga di bulan Sya'ban ini permohonan dan permintaan kita di kabulkan Allah

Balas

banyak sekali keutamaan pada bulan sya'ban yakang sebelumnya saya cuman tahu pada malam nisfu sya'ban adalah malam penuh syafaat

Balas

yang kedua malah yang dapet kecupan basah emmmuaaah..... (;))/

Balas

aaaamiiiin...semoga ya kang

Balas

wah di tempat saya kemarin ramai ramai ke masjid kang... seneng deh rasanya kalau masyarakat masih ingat dengan bulan-bulan baik dalam agama... yah semoga kita semua mendapat berkah di bulan sya'ban ini ya kang... Amin

Balas

SALAH SATU bulan yang istimewa ya kan Kang..hahhayyyy

Balas

kira-kira yang ke tiga dapet apaan ya...????? :D

Balas

ngga apa apa lah...namanya juga lelaki, emang kalau deket mo ngapain gituh?(;))/

Balas

dapet cipok kering...cplok..bletrak..plak..plak. (:p)/

Balas

seindah rembulan yang mengintip di ufuk sono noh.

Balas

oleh karenanya
yu...kita berlomba membuat amal kebaikan yu (:D)/

Balas

semoga di bulan sa'ban dan bulan-bulan lainnya saya mendapat pertolongan atas apa yang saya perbuat, begitu juga dengan admin dan seluruh komentator blog ini,

Balas

ah akang bisa wae ih...jadi isin saya teh

Balas

aaaamiiiin....insyaallah kang
semoga kita termasuk pada orang orang yang bertaqwa yah

Balas

aaaamiiiiin...
semoga ya kang

Balas

semoga kita semua dapet syafaat dari bulan sya'ban ya kang :)

mau ajjha nich akang, kalo deket mau ngapain :p :p

Balas

aaaamiiin....

kalau deket cipok azh lah (:p)/

Balas

sama....saya juga
(:D)/

Balas

aaaamiiiiin.

moga selamanya masyarakat kita selalu inget

Balas

hiya bang....menurut yang sayah tau mah gituh :)

Balas

Begitu indah dalam sebuah rahmat di bulan yang mulai dan akan memasuki bulan yang luar biasa ya Kang. :D

Salam

Balas

Aamiin :) ternyata banyak ya Kang keutamaan Bulan Syaban... maaf kang baru bisa berkunjung lagi :D

Balas

yang pastinya bahwa bulan syaban merupakan bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah, maka perbanyaklah amal ibadah yang akan dilipatgandakan pahalanya Oleh Allah swt.

Balas

Terima kasih mas ilmunya,, sangat bermanfaat.. Lama tak berkunjung disini

Balas

aaaamiiin... semoga kita semua bisa bertemu di surga ya kang

Balas

semoga kita diberikan kesehatan, kekuatan dan keimanan selalu ya kang

Balas

ngga apa kang, kesibukan kerja adalah yang utama.
salam sehat dan ceria selalu yah

Balas

Yang ke empat dan seterusnya dapat cium tangan mang Lembu

Balas

Bulan Syaban ini bulan penuh barokah. Bulan menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan, Semoga kita semua diizinkan oleh ALLAH SWT untuk merasakan dan menikmati berkah bulan Ramadhan. Amin Ya Robbal Alaminnnnnnnnnn

Balas

semoga kita semua termasuk dalam golongan yang mendapatkan keutamaan bulan Sya'ban dan semoga kita semua diberi umur yang panjang untuk merasakan indahnya Ramadhan tahun ini, tahun ddepan dan seterusnya. Amin :D

Balas

kalo saya pribadi tidak pernah memikirkan tentang bulan yang baik atau bulan bulan yang istimewa. bagi saya setiap hari dan setiap bulan kita harus selalu beramal sholeh, sehingga jangan sampai ada yang terlewat. takutnya bila berpikir tentang hari atau bulan baik saja, nanti pada bulan "yang tidak istimewa" kita akan melemahkan diri untuk beramal sholeh.

Balas

Bulan Sya'ban harus semakin ditingkatkan nih amal ibadah kita, Bang :D

Balas

Sebentar Lagi memasuki bulan Ramadhan. Yuk tingkatkan lg amal sholehnya, Semoga Amal Sholeh kita di bulan syaban ini diterima Allah SWT. Aamiin

Balas

bulan untuk mempersiapkan diri sesiap-siapnya untuk memasuki bulan puasa ya kang

Balas

Semoga dengan bulan syaban ini adalah sebagai persiapan dalam menghadapi kedatangan tamu mulia Bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari ini.
Semoga amalan ibadah bulan Ramadhan ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya aamiin

Balas

aaaamiiiin...mari yu mari kita berlomba lomba mencari pahala dibulansya'ban ini, agar kita makin disayang oleh-NYA ya kang

Balas

aaamiiin.
kemana wae atuh? :)

Balas

aaaamiiiin....Ya Robbal Alaminnnnnnnnnn

tumben?! :p

Balas

nyesss....adem abnget deh ih.
aaaamiiiiiin......
makasih kang do'a do'anya :)

Balas

saya gk tau terakhir kali kapan ngelakuin ibadah Nisyfu Sya'ban :D

Balas

sepakat dan sepaham kitapakde...kayanyakitasealiran deh :) sangat ideal dan memang seharusnya demikian.

terimakasihkunjungannya
salam sehat dan ceria selalu pakde.

Balas

dapet pelukan hangat juga kang....khusus untuk akang dapet plus kecup basah dong dikit mah:p

Balas

hiyah yu kita mulay yu

Balas

hayo lah...
aaaaamiiiin..
haturnuhun mampirnya kang (:p)/

Balas

ho'oh kang...jangan cuman nyiapin baju lebarannya doang ya (:p)/

Balas

aaaamiiiiin...aaamiiiin ya robbalallamin.

terimakasih kunjungannya.
salam sehat dan ceria selalu gan

Balas

ituh teh namanya lupa...
lupa...
lupa kang. :p

Balas

Bulan syban ini memang memilki keutamaan yang sangat luar biasa, banyak dari kita yang kurang paham dan mengeti tentang keutamaan - keutamaan dari bulan syaban tersebut (termasuk saya) sehingga pengatahuan tentang keutamaan buan syaban ini perlu adanya agar kita dapat mengamalkan sunah baginda Rasulullah SAW :)

Balas

semoga amalan ibadah bulan Ramadhan ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya.. amin :)

Balas

Biar komentarnyah telat tapi mudah-mudahan masih dapat berkahnya dari Bulan Sya'ban ini :)

Balas

bulan rajab itu diibaratkan kita menanam, bulan sya'ban menyirami dan bulan ramadhan itu kita memanen.
semoga kita dalam golongan orang yang panen pahala kebaikan

Balas

allaahumma baariklanaa fi rajaba wa sya'bana wa ballighna ramadhana :)

Balas

Dua bulan yang berdampingan erat dan penuh berkah ya kang
Moga kita diberikan kekuatan lahir n bathin utk menyambut kedatangan Ramadhan :)

Balas

angpao lebaran juga kang :)

Balas

Semoga kita dari golongan yang mendapatkan Ridho Nya. Aamiin

Balas

cita-cita yang indah bos, semoga saja yia bos...

Balas

entar lagi sudah Ramadhan sudah tidak terasa ingin menyambut Ramadhan.... :D

Balas

hiya ya...emang ngga berasa...tau tau udah mo puasa lagi, padahal masih punya utang puasa taun lalu ya :p

Balas

aaaamiiin...kesempatan telah diberikan....yu kita berbenah yu :)

Balas

betul kang...betapa keadilan itu hanya untuk kita orang orang yang beriman...insyaallah.

aaaamiiiiin....semoga yah :)

Balas

nah tuh...bener banget tuh.
sepakat deh saya mah

Balas

sama...saya juga.

yu kita perbanyak berbuat kebajikan yu :)

Balas

aaaaamiiiiin.....demikianlah tujuan kita semua....hiyah kan? :)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger