DESA CILEMBU

Puasa Ramadhan

Bulan puasa hampir setahun kita lewati, kurang lebih seminggu lagi Puasa Ramadhan 2014 akan sama sama kita jelang, apa dan bagaimana yang telah kita perbuat dalam mengisi perjalanan selama setahun ini...*pikirkanlah...!!
................................(baca :  merenung)...............
sesaat kemudian...dipelupuk mata ini menggenang air mata (baca : brebesmili).....ternyata saya teh telah lupa dan mengabaikan hutang puasa selama 4 hari ditahun lalu yang belum terbayar(ngga ada yang nagih seh)...ah...masih ada waktu seminggu ini untuk membayarnya...bayar ngga yah? atau dirapelkan saja pembayarannya setelah lebaran besok gituh ya?
Ups?!...menyepelekan perbuatan dosa itukan termasuk dosa ya....ya udah...besok saya akan meng Qodho Puasa Ramadhan tahun lalu yang belum terbayar...mumpung Masih diberi waktu
Puasa Ramadhan
Batas waktu meng Qodho Puasa Ramadhan berdasarkan pendapat pada hadist riwayat Aisyah.ra, bahwa ia berkata, "Aku memiliki tanggungan puasa dari bulan Ramadhan, maka aku tidak mengqodhonya sehingga datanglah bulan Sya'ban". (HR.Bukhori)

"Nawaitu shawma ghadin 'an qadha'i fardhi syahri Ramadhana lillahi ta'ala"
artinya .
Aku sengaja berpuasa esok hari sebagai ganti puasa wajib Ramadhan karena Allah ta'alla

Menurut para ulama ada 10 keistimewaan bagi orang yang berpuasa pernah saya tulis disini, tapi kenapa justru saya sendiri melupakan hal istimewa yang dijanjikan Allah, sungguh sebuah keniscayaan dari salah satu sifat jelek saya yang tiada taranya...ampuni saya ya Allah.
Nawaitu shawma ghadin ‘an qadha’i fardhi syahri Ramadhana lillahi ta’ala. Artinya: Aku sengaja berpuasa esok hari sebagai ganti puasa wajib Ramadan karena Allah ta’ala.
Memang ada beberapa kalimat yang setiap waktu suka saya baca, yang juga menurut guru ngaji saya dapat menghapuskan dosa dosa saya, seperti yang dibawah ini 
  1. mengucapkan Bismillah pada setiap akan melakukan sesuatu
  2. mengucapkan Alhamdulillah pada setiap selesai mengerjakan sesuatu
  3. mengucapkan Astaghfirullah jika lidah terselip perkataan yang tidak pantas
  4. mengucapkan InsyaAllah jika merencanakan sesuatu dihari esok
  5. mengucapkan La haulla walla kuwwatta illa billah jika menghadapi sesuatu yang tidak disukai dan yang tidak diinginkan
  6. mengucapkan Innalillahi wa innaillaihi roziun jika mendengar dan atau mendapatkan musibah,
  7. mengucapkan Laailla haillAllah Muhammad Rasulullah sepanjang siang dan malam sehingga tidak terpisahkan dari lidahnya setiap waktu.
Barang siapa yang hafal dan selalu mengucapkan, ia terpandang mulia di sisi ALLAH dan Malaikat, serta akan diampuni dosa dosanya walaupun sebanyak buih dilautan....aaaamiiiin
Tapi.....
Janganlah karena Kalimat Penghapus Dosa itu, kita jadi mengabaikan kewajiban lain yang juga sangat penting...setuju kan mang?
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

39 komentar

setuju kang...semoga kita bisa dipertemukan dengan bulan suci ramadhan ya kang...
bila ada salah dan khilaf kata..mohon maaf lahir batin ya kang....amibil handuk untuk usap air mata yang brebesmili
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Balas

Sama-sama Kang, bila ada salah saya juga minta maaf ya, jangan lupa ubinya di tunggu di rumah.... Cup ah,,,,, :D

Salam

Balas

Bentar lagi puasa ... :D Saya juga minta maaf mang kalau ada tutur kata atau perbuatan yang kurang berkenan di hati :D

Balas

nggak berasa ya kang sudah mau puasa lagi :)

Balas

mohon maaf lahir bathin ya kang
kalo daku banyak salah kata dan dosa ^^

Balas

sudah tidak sabar menunggu datangnya puasa

Balas

sama sama..terutama saya tiap komen dan jawab komen ngga pernah ng'pas...maklumlah kalau udah tuwa senengnya becanda...obat awet muda katanya mah.
maafin sayah yah.

Balas

peluk erat sepenuh cinta untuk akang sekeluarga dari saya dan keluarga di Cilembu.

ubi....tunggu momentnya ya kang... ;)

Balas

ngga ko'..saya yang suka seenak udelku kalo komen diblognya...sambil meluk kenceng banget....m'bisiki pelan...maaf yah ;)

Balas

menyambut bulan puasa (Ramadhan) yang suci, mohon maaf atas segala kesalahan ya Kang :)

ngomong-ngomong, area komentarnya pake bahasa apaan nih Kang :D

Balas

aiiih...masa seh ngga percaya...berdosa dong sayah...;)

Balas

sama sama kang..apa lagi saya...sering ngacaw

Balas

sabar kang...orang sabar di sayang Tuhan ;)

Balas

jujur g berasa waktu :-D tau tau dah pipis eh puasa hehe

Balas

Marhaban ya ramadhan, semoga puasa kita nantinya merupakan puasa yang lebih baik dari tahun lalu dan mendapat berkah dari Allah sehingga kita dapat memperoleh gelas fitrah yang sesungguhnya amiiin

Balas

marhaban ya ramadhan ya kang, mohon maaf bila ada salah kata selama ini...mudah-mudahan di beri kekuatan untuk menjalankannya. ettt jangan lupa akang harus bayar utang puasanya. terima kasih.

Balas

kunaon kang bahasana cina sawareh blog teh.?

Balas

hhhhmmmm... jujur saya juga masih punya hutang puasa yang terabaikan kang.. harus segera di bayar nih hutangnya. sebelum puasa ramadhan datang :(

Balas

Bulan Ramadhan mau tiba
Tak sabar hati menyambutnya
Dengan iman dan taqwa

Dan sebelum menunaikan puasa
Jika ada khilaf dan salah bahasa
Mohon dimaafkan saya..

Selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1435 H
Semoga dikaruniai sehat tuntas puasa

Balas

mengucapkan Laailla haillAllah Muhammad Rasulullah sepanjang siang dan malam sehingga tidak terpisahkan dari lidahnya setiap waktu...mudah2an bisa ikut mempraktekkan terutama untuk yang ini, pastinya sangat susah sekali ya kang, setiap waktu sepanjang siang dan malam. Yang lain saja yang hanya waktu2 tertentu malah sering lupa

Balas

bahasa jepang itu teh kang.
harap maklum...ada gadis jepang yang demen ke saya

Balas

sama sama kang...terutama saya yang suka ngga nyambung kalo komen ;)

keren kan?

Balas

Marhaban ya Ramadan....Bulan yang paling di nanti2,mudah2an kita di beri kekuatan untuk menjalankan Puasa selama 1Bln Amin....

Balas

aaaamiiiin...
semoga pahala dan keberkahan puasa tahun ini lebih sempurna dari tahun lalu

Balas

Heheh.. Pokoknya jadi pribadi yang lebih baik, Bang.. :D

Balas

alhamdulillah, bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi, semoga kita semua diberi kelancaran dalam menjalani puasa ramadhan...

Balas

sama sama kang...
aaaamiiin...semoga kasih sayang-NYA selalu bersama kita ya kang.

siap..!! (;))/

Balas

setujuuu, pengin nangis bacanya pak
semoga masih dipertemukan dg bulan istimewa itu

Balas

wah ternyata bentar lagi puasa ramadhan ya pak, cepet banget sudah mau puasa lagi, mohon maaf ya lahir batin pak kalau saya punya banyak salah :)

Balas

harus itu kang.....tapi saya mah yakin ngga akan dibayar da hutangnya...:D

Balas

aaaamiiin...
maafkan saya juga ya yu...
saya teh sering becandaan
yang mungkin ajah bikin nyek ke hatimu.
..maaf yah

*peluk erat banget

Balas

aaaamiiiin....sama...saya juga
demikian seperti yang dirasakan kang kasep tea da.

Balas

Semoga puasa di tahun ini bisa Full. Dan bisa d pertemukan idul fitri

Balas

Semoga puasa di tahun ini bisa Full. Dan bisa d pertemukan idul fitri

Balas

Wah bagus sekali artkelnya mas :) selamat menunaikan ibadah puasa :)

Balas

aaamiiiin....
nuhun kang

Balas

harus selalu diupayakan setiap waktu ya de'...:D

Balas

semoga bulan puasa ini menjadi bulan yang berkah bagi kita semua khususnya umat islam ya mas, semangat dulu untuk menyambut bulan puasa

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger