DESA CILEMBU

Mencari informasi pasar

Langkah langkah usaha yang harus dilakukan pada saat hendak memulai sebuah usaha, selain dari pada ilmu pengetahuan dan keterampilan yang merupakan dasar yang harus dimiliki oleh seorang calon wirausahawan, hal penting lainnya adalah mencari informasi pasar.
Tujuan mencari informasi pasar bagi seorang pengusaha adalah untuk mengetahui:
  1. Berapa banyak jumlah permintaan dalam bentuk order,
  2. Sebagai dasar prakiraan kebutuhan nyata dari : produk dan jasa, jumlah, harga, waktu penyerahan, dan kebutuhan pasar yang tersembunyi(potensi).
Mencari informasi pasar

Informasi pasar yang kita lakukan sesungguhnya akan menjadi kunci utama dalam keberhasilan usaha yang hendak kita bangun, banyak perusahaan skala kecil hanya mampu bertahan dalam kurun waktu yang singkat, hal ini terjadi karena tidak didasari oleh informasi pasar yang sungguh-sungguh didapatkannya secara benar dan seksama.

Bagi pengusaha skala besar informasi pasar dilakukan dengan sangat teliti, seperti meneliti potensi penduduk dengan rata-rata penghasilan dan seberapa besar daya beli mereka, bagi pengusaha kecil ngga perlu sampai sejauh itu, informasi yang seksama tetapi tetap sederhana dalam mendapatkannya sudah cukup untuk kita memulai usaha.

untuk menambah semangat, simak juga take action tanpa mikir

cara sederhana mencari informasi pasar untuk pengusaha kecil, seperti dibawah ini :
  1. Informasi dari rekan kerja
  2. melalui kunjungan langsung
  3. memanfaatkan informasi dari lembaga dan instansi pemerintah
  4. melalui percobaan usaha dalam skala kecil untuk mengetahui potensi pasar
  5. melalui kerja magang pada bidang usaha yang akan kita bangun
  6. memanfaatkan relasi yang kita miliki
dari informasi yang kita dapatkan tentang segala hal tentang pasar yang akan kita hadapi dan respon seperti apa yang ditunjukkan masyarakat terhadap produk yang akan kita tawarkan kepada mereka menjadi sangat penting artinya bagi perkembangan usaha yang akan kita bangun, walaupun data yang kita dapatkan sepertinya tidak berarti dan ngga penting, tetapi dengan kita melakukan penelitian seperti ini, jiwa kewirausahaan telah tertanam pada diri kita....jika demikian....bersiaplah untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses...aaamiiiiin.

Langkah langkah usaha selanjutnya yang harus dilakukan adalah merancang produk dan jasa.
Semoga mencari informasi pasar ini bermanfaat bagi kita semua.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

BBM langka :)
pertamax amankan dulu :p

Balas

Paling tidak kita harus blusukan kepasar-pasar seperti yang dilakukan Pak Jokowi ya kang :p
atau tepat nya point ke-2 dari 6 point yang disebutkan diatas yaitu melakukan kunjungan langsung.

Balas

mesti banyak relasi ya mas kalau mau tahu banyak informasi

Balas

kang cilembu jadi pinterr karena dapet wangsit dari Dewi Kunti, bund :)

Balas

loch...bukannya udah tau dari dulu....?!

Balas

kalau gitu kapan2 saya mau berkunjung langsung kecilembu untuk untuk mencari info langsung kepusatnya ubi cilembu yakang

Balas

hiyah...janganlupa pake sepatu but yeah...:p

Balas

diiyain aja dch :) :p

Balas

apa tidak salah kamar ini..?,, isinya serius smua,..hehehe..

sepertinya..jaringan trlebih dahulu harus diperkuat yaKang..!, mencari informasi pasar paling top kalau kita berkunjung langsung ...!, ditambah lagi kalau antennya dipasang di atap rumah..hehehee

Balas

Pertamaxxx...boleh juga nih,,,

Balas

Wah mantap nih mas artikenya,, mampir ya ke blog baruku semuadownload.com

Balas

informasi yang bermanfaat, info pasar kanyanya sangat di butuhkan ketika kita akan membuka usah

Balas

Take action tanpa pikirnya saya suka, hehe

Balas

hiya kang...cara nyari relasinya lewat ng'blog gini kayanya ya? :D

Balas

ditunggu bingit loch kang...:D

Balas

buwahahaaa.....ngga pantes yea?!

hiya sekalian kenalan itu lebih bagus lagi...:p

Balas

alah kang , kehabisa bbm teh tadi di simpang, jadi baru nyampek inih jadi urutan ke 18 ini......banyak temen banyak rezeki hehe, banyak relasi jualan jadi cepet kulak an lagi.....

Balas

sekarang harus pintar-pintar cari relasi untuk rekan kerja. tapi ingat kepercayaan sangat mahal harganya.
jadi jangan disia-siakan.

Balas

harus kang...supaya usaha kita berkepanjangan...:)

Balas

Kalo saya sering kepasar tapi gak belanja kang :D alias nunggu yg pulang belanja xixixii...
Tapi intinya saya sependapat dengan artikel di atas (titik segede kelapa), setiap calon usahawan harus bisa mencari informasi dulu ya kang, biar usahanya berjalan lama, jgn cuma sekedarnya saja....

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger