DESA CILEMBU

Menetapkan bahan baku

Dalam rangka menetapkan bahan baku dari produk atau jasa yang akan kita tetapkan yang mengacu pada langkah sebelumnya merancang produk atau jasa, dengan demikian kita harus dapat memilih bahan baku produksi yang sesuai dengan hasil surey pasar sebelumnya agar sesuai dengan permintaan pasar, apakah bahan baku tersebut mudah diperoleh, murah dan apakah tersedia sepanjang tahun.

Perlu dipersiapkan untuk mencari bahan sebagai alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti jika sewaktu-waktu bahan baku yang kita butuhkan habis.
Perlu juga dipertimbangkan bagaimana pengadaan bahan secara ekonomis dapat dilakukan dan apakah untuk rancangan yang telah dibuat menggunakan bahan baku secara efektif dan efisien.
Menetapkan bahan baku
Dalam menetapkan bahan baku untuk sebuah usaha Jasa, biasanya bahan baku yang diperlukan merupakan bagian kecil saja dari biaya keseluruhan lainnya, namun demikian untuk dapat memuaskan konsumen perli dilakukan pemilihan bahan baku yang digunakan secara selektif dan ramah lingkungan.

Silahkan untuk melanjutkan pada langkah selanjutnya, menetapkan proses produksi

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

44 komentar

artikel yang sangat bermanfaat mang, untuk pembelajaran dunia usaha kecil menengah. tapi tautan paling bawah (Proses Produksi) coba ane klik tidak bisa tu..
slm sukses selalu

Balas

Untuk menetapkan bahan baku berarti gak boleh gegabah juga ya kang harus bener-bener selektif untuk bisa memuaskan konsumen :)

Balas

mau hasil yg berkualitas ?? pastinya bahan bakunya juga kudu berkualitas ya mang, n sesuai takaran, jangan dikurangin jangan dilebihin...mereun gitu ya kang :O

Balas

Kalau bahan baku dah lengkap
usaha bisa mulai berasap
dan hasilnya mengepul mantap
dan peminat produk datang mengharap

Balas

Iya mas
harus berkualitas
dan jangan malas
agar usaha makin luas

Balas

Ini sebenernya mau jadi pengusaha apaan sih mas ?
MEnding satu tapi fokus deh kayaknya dari pada seabreg tapi setengah-setengah semua :D

Balas
This comment has been removed by the author.

sayamah ngalap elmu saja deh didieu. biar lebih mantap lagi usahanya.

Balas

Bahan yang berkualitas tentu akan mendapat hasil yang sangat berkualitas juga ya Kang

Balas

bahan baku sebaiknya memang harus ditetapkan yia bos biar bisa tahu hasilnya

Balas

tnyt sumber bahan baku alternatif jg hrs dpersiapkan yah :)

Balas

Assalaamu'alaikum wr.wb, Kang....

untuk menjadi seorang pengusaha yang berkesan memerlukan kebijakan dalam memastikan produknya berkualitas dan memuaskan. Tentu perlukan kepada ilmu dan kemahiran khusus agar semua bahan bakunya tidak dianggap sepele oleh yang membeli atau menerima tempahannya.

Semoga sukses dan salam hormat dari Sarikei, Sarawak.
Siti Fatimah Ahmad

Balas

aaaamiiin....semoga demikian kang.

linknya adalah lanjutan dari langkah ini, belum di posting...:D

Balas

hiya emang bingit itu kang :p

Balas

selamat malam kak

Balas

makan mie ayam tengah malem rasanya memang mantap :D

Balas

mbaca judulnya doangan seh...;)

Balas

kade ulah hilap mencocolkannya ke sambel yea...:p

Balas

itulah sebabnya, sebab dengan kualitas yang baik, pemasarannya pun akan menjadi lebih mudah dan lancar....:D

Balas

hiyah....kan kualitas tergantung dari bahan baku.

Balas

tentu...namanya juga benda dibutuhkan, tentu suatu saat kehabisan....disinilah perlunya bahan alternatif...;)

Balas

selain menetapkan Bahan baku yg akan dipakai, ternyata kita juga harus menyiapkan bahan baku alternatif juga ya kang... buat cadangan gitu yah maksudnya mah ... wah... sippp... :)

Balas

yang penting murah harganya, baik kualitasnya, jadi gede untungnya ya kang :D

Balas

bahan baku sangat berguna untuk pahat pengganti jika sewaktu-waktu habis

Balas

Untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan bagus tergantung dari bahan baku awal,namun tahap proses pengolahan juga harus diperhatikan,jadi bahan baku dan proses adalah dua hal penting yang wajib diperhatikan.......nice share kang Lembu

Balas

dagang cendol kang Muroi,murah harganya gede untungnya hahaha

Balas

bitil bingiitzz mas, misalnya nanti kalau bahan bakunya yang biasanya kw1 kemudian di ganti kw 5 bisa bisa produknya gak sebagus biasanya dan pelanggan bisa kabur kang hehe :D

Balas

terutama itu yg ramah lingkungan Kang..!,,,komennya jg Bersambung Kang..! :)

Balas

Kalau bisa bahan baku pakai produk lokal jangan impor ya.. Kan cinta produk Indonesia.

Balas

Kan elu yang ngajarin mas ... "kagak usah dibaca semua " ........ ya gue nurut dunk diajari sama yang jauh lebih tua :D

Balas

intinya mah jangan loyo...:p

Balas

Sayangnya kebanyakan usaha sekarang nggak mempertimbangkan kelangsungan bahan baku tersebut, bakal mempengaruhi kondisi ke depannya atau nggak

Apalagi kalo udah menyangkut Sumber daya alam
Duh

Balas

hah.....hiyah gituh?! ;)

Balas

keinginan dan niat yang kuatlah kunci utama dari kesuksesan.

salam juga dari cilembu untuk semua warga Sarawak

Balas

jadi cadangan juga ngga berlaku sama ban modil ajah kan? ;)

Balas

dagang cendol atau dagang mobil...yang penting minumnya tetep teh botol...kan?!

Balas

seringkali dilupakan seh....begitu bahan baku habis...bangkrut deh usahanya.

Balas

terus kalau misal masih loyo juga kudu digimanain kang ??

Balas

celupin dulu kepanci kuah semur jenggol, lalu tiriskan tunggu reaksinya 10 menit...

Balas

sebelum kabur..ng'getokin bakiak yang dipakenya ke jidat kita...:D

Balas

sepakat kang, bahan bakunya berkualitas kalau car memprosesnya ngga betul, tentu hasilnya juga bakalan ng'cewain ya kang...siiip

Balas

Bener. Ngga boleh milih yang asal-asalan ya..

Balas

bahan bakunyaa harus bener bener mantap yah ternyata jangan sampe sembarangan pilih hmmm ...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger