DESA CILEMBU

Peristiwa penting di bulan Syawal

Bulan syawal yang penuh rahmat ini adalah juga merupakan bulan kegembiraan untuk umat Islam setelah sebulan sebelumnya melaksanakan puasa ramadhan, pada bulan syawal ini seluruh umat Islam se-dunia merayakan kemenangan setelah menjalankan  ibadah puasa. Selain dari ada banyak peristiwa penting pada bulan syawal yang patut kita ketahui.

Puasa Syawal
Adalah sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah setelah hari raya iedul fitri, puasa syawal dapat dilakukan dengan mengambil 6 hari berturut-turut setelah hari pertama Syawal atau mengambil pertengahan bulan atau dapat juga diambil pada akhir bula shawal.
Puasa Syawal ini berdasarkan pada hadist : Dari Abu Ayyub al-Anshori ia berkat bahwa Nabi Muhammad.SAW. bersabda : "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dan melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka seakan-akan ia telah berpuasa satu tahun". (HR. Jamaah)
Peristiwa penting di bulan Syawal

Peristiwa penting dalam bulan Syawal 
  1. Perang Uhud
  2. Permulaan bulan hji, pelaksanaan haji dimulai sejak Syawal, Dzulqadah, dan sembilan hari Dzulhijjah.
  3. Perang Rabig dibawah komando Ubaidah bin al-Harits bin Abdul Muthallib setelah delapan bulan dari hijrah. Dalam perang ini terdapat Saad bin Abi Waqqas yang pertamakali menggunakan panah sebagai alat berperang.
  4. Lahirnya Abdullah bin Zubayr ra Syawal 1 H, ia adalah bayi pertama yang dilahirkan dari kaum muhajirin setelah hijrah.
  5. Rasullah mengawini ummul mukminin Aisyah ra.
  6. Perang Bani Sulaim di Kadar pada Shawal 2 H, peristiwa ini terjadi tujuh hari setelah perang Badar dari penyelesaian tawanan perang
  7. Perang Bani Qoinuqa pada Syawal 2 H. Kabilah ini terdiri dari Bani Nadhir dan Bani Quraidzah, mereka dikenal sangat pemberani, mereka adalah kabilah Yahudi Madinah yang pertama kali menyerang Rasulullah SAW, yang kemudian Rasulullah mendamaikan mereka dan menulis perjanjian damai. Bani Nadhir menyerang Rasulullah setelah enam bulan setelah perang Uhud. Peristiwa tersebut diseritakan dalam surat al-Hasyr, sedangkan Bani Quraidzah yang sangat membensi Rasulullah kemudian beliau mendatangi mereka setelah perang Khandaq dan mengepung mereka selama 25 hari.
  8. Perang Humra al-Asad lengsung setelah perang Uhud.
  9. Perang Khandaq (5H)
  10. Perang Hunain (8H)
  11. Perang Thoif (8H)
  12. Lahirnya Imam Bukhari (194 H), beliau wafat pada bulan ini.
Peristiwa penting di bulan Syawal, sepatutnya jadi bahan renungan saya/kita

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

39 komentar

Kok banyak peristiwa perang ya di bulan syawal ... semoga kita dijauhkan dari perang batin ya :)

Thanks sharingnya ya mas :)

Balas

ternyata banyak sekali sejarah umat islam yang terjadi di bulan syawal ini ya kang

Balas

Merdeka.....!

http://3.bp.blogspot.com/-EPb6XaesWIc/U-jP5AS3ARI/AAAAAAAAEhs/SLvLXGWu-wc/s1600/merdeka.jpg

Balas

uow ternyata banyak juga ya kang peristiwa2 penting di bulan syawal ini,
bulannya juga penuh keutamaan....hatur tengkyu kang sharenya

Balas

mamang emang mantap deh ih :p

Balas

lambang negara kawunganten

Balas

perang israel juga pas syawal Kang. semoga datang burung ababil nanti menghancurleburkan israel

Balas

andaipun terjadi...biar saya deh yang ngadepin batinnya..deh....halaaaaaaa :p

Balas

ulasan tentang sejarah dan tradisi syawal yang sangat menarik kang.. memang syawal menjadi salah satu bulan yang istimewa karena faktor diatas ya.... dan ditempatku sekarang juga ramai upacara syawalan kampug per rt dan rw

Balas

perang ketupat ga masuk dalam sejarah ya Mang

Balas

banyak juga ya peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan syawal

Balas

baru tau perisitwa2 di bulan syawal,sangat bermanfaat untuk menjadi bahan renungan , trimakasih

Balas

anu di Cilacap tea kan?

Balas

banyak juga ya...ya begitulah kenyataannya..mo gimana lagi atuh kang :p

Balas

sambil nunggu ababil dateng, gimana kalau sekarang kita mengheningkan cipta untuk kekuatan sahabat sahabat kita di Palestine.

berdoa...mulay..!!

Balas

lumayan deh.

hiyah tradisi syawalan emang masih banyak dilakukan oleh umat..seneng rasanya bisa kumpul sama tetangga.

Balas

iya,presiden'na lik rawing :D

Balas

ada mang...ngga tau ya?

Balas

Bulan Syawal yang bermakna, tapi baru tahu ternyata banyak juga peristiwa pentingnya dibulan ini.

Balas

Hmm ... kalau begitu.. poin ke-5 itu yang membuat orang Jawa banyak ngawinin anak di bulan Syawal ya Kang ... ? :D

Balas

wah ternyata banyak peristiwa yang terjadi di bulan syawalnya kang.. hmm selama ini saya hanya tau sebagian saja.. ternyata oh ternyata pengetahuan saya cetek wkwkwkwk :D

Balas

Assalaamu'alaikum wr.wb, Kang. Alhamdulillah, banyak sekali manfaat yang kita perolehi di dalam bulan syawal seperti berpuasa Sunat. Mudahan dengan informasi peristiwa penting di bulan Syawal kita semakin dekat dengan Sirah Rasulullah. SAW. Salam hormat sejahtera dari Sarikei, Sarawak. SITI FATIMAH AHMAD

Balas

Bulan syawal ternyata banyak perangnya ya kang, mudah - mudahan sekarang jangan terulang lagi deh perangnya...

Balas

ternyata banyak sekali peristiwa penting dibulan ini
satu lagi perang di MK kang.kwkwkw

Balas

akang jadi mentri ya?...manteri apaa tuh?

Balas

sejarah perjuangan Nabi tercinta

Balas

sama-sama m'ba, semoga perenungan kita menjadikan kita lebih baik dari kemarin

Balas

wah lebaran yang banyak perangnya itu
patut dipuji para syuhada islam yang berjuang menyebarkan aga islam.

kalo puasa syawal ada 6 hari kalo tdk salah

Balas

Hancur sehancur hancurnya pokoknya...

Alfatihah..

Balas

ternyata dibulan syawal banyak juga perstiwa yang bersejarah terjadi

Balas

Ternyata banyak sekali ya peristiwa-peristiwa yang terjadi di bulan Syawal ini :)

Balas

jadi tahu banyak nih peristiwa yang terjadi di bulan syawal, makasih kang sharingnya :)

Balas

sama...saya juga baru tau kang....cuman beda dikit lah gituh. :p

Balas

bukan cuman wong jowo jeh kang...wong Indonesia dan Muslim umumnya juga demikian...bulan penuh berkah tea kan.

Balas

berdoa...selesay

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger