DESA CILEMBU

Perjanjian Hudaibiyah

Peristiwa Perjanjian Hudaibiyah terjadi pada bulan Dzul Qa'dah 6 H. ketika Rasulullah menuju Makkah utnuk melaksanakan umrah bersama kaum muslimin, kaum kafir Quraify melarang mereka untuk masuk ke Masjidil Haram mereka menghadang Rasulullah didekat perbatasan. Rasulullah kemudian mengirim Utsman bin Affan untuk bernegosiasi dengan kaum Quraisy karena kaum muslimin datang untuk melaksanakan umrah bukanlah untuk berperang, ketika desas desus mulai beredar, setelah Utsman bin Affan tidak juga kembali, maka terjadilah pembaruan baiat kaum muslimin dibawah pohon. Jumlah mereka 1400 orang, mereka kemudian menyatakana baiatnya untuk membela Rasulullah meskipun mereka harus mati karenanya.
Maka turunlah ayat ini :
"Sesungguhnya ALlah telah meridhoi terhadap kaum mukminin yang membaiatmu dibawah pohon (itu)" (QS.al-Fath 48: 18)

Karena Allah menyebut keridhoan-Nya maka disebutlah baiat ini Baiat Ridwan. Kemudian terjadilah perjanjian damai antara kaum muslimin dankaum kafir Quraisy.
Perjanjian Hudaibiyah

Perjanjian damai ini sayangnya berat sebelah, banyak menguntungkan kaum kafir, Rasulullah yang telah dibimbing wahyu, kemudian menenangkan mereka untuk menerima perjanjian yang merugikan itu. Namun ternyata dibelakang hari sikap telah meluncurkan kemenangan di pihak muslimin, sementara kaum kafir Quraisy terpojok dengan sikap mereka, banyak yang kemudian justru masuk Islam karena kebijaksanaan Rasulullah yang menampilkan akhlaq terbaiknya, sehingga ketika pembukaan kota Makkah tiba, tiadalah darah yang mengalir setetespun.
Itulah rahasia Allah yang disimpan-Nya untuk menguji kaum muslimin. Para sahabat akhirnya sadar bahwa benarlah yang dilakukan oleh Rasullullah, segala tindakannya semata-mata hanyalah dari Allah.
Setelah Rasulullah pulang dari Hudaibiyah, maka turunlah firman Allah yang menjanjikan kemenangan bagi kaum muslimin, "Sesungguhnya Kami telah memberikan kemenangan kepadamu dengan kemenangan yang nyata". (QS. al-Fath 48:1).

Berkah dan hikmah yang dapat diambil dari perjanjian hudaibiyah yang paling mengharukan karena  yang masuk Islam adalah para pemimpin senior Quraisy, seperti Amr bin Ash dan Khalid bin Walid..

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

32 komentar

Bismillah... semoga pertamax... :D

Balas

Horeee bisa dapet pertama... *plak...

kebijaksanaan memang sangat diperlukam dalam situasi apapun yah kang... bahkan dengan kebijaksanaanpun bisa merubah para petinggi kaum Quraysi menjadi Mualaf. سُبْحَانَ اللّهُ.....

Kunjungan pagi kang... jangam lupa suguhin secangkir kopi... hehehhe

Balas

selamat pagi Mas,,, saya juga secangkir Kopi Mas, Gulanya sedikit saja ya Mas karena saya orangnya sudah Manis Kok...hm kalau membahas mengenai Perjanjian Hudaibiyah saya jadi teringat ketika saya dulu sekolah Arab mas... makasih atas pencerahannya pagi ini...

Balas

ngga cuman kopi doang kang, ada ubi sama senyuman paling manis plus kecup hangat dari saya...:p

Balas

gulanya se'uprit ajah ya kang :p

oo..pantesan mirip orang Arab

Balas

Waaaaa Gagal PERTAMAX Lagi

Iyessssssssssss

Balas

Wah mang Lembu dalam beberapa terakhir ini raijin menulis peradaban Islam di jaman keemasan Islam. Cerita certia teladan dan kisah kisah pada Nabi,. Mengingatkan saya pada buku teladan dan kisah para Nabi yang sering saya baca di toko buku Gramedia. Sejuk rasanya membaca kisah teladan para Nabi kita, terutama Nabi terakhir Nabi Muhammadf SAW. Salam dan solawat senantiasa tercurahkan kepada Beliau hingga ke akhir zaman.

Balas

asik dah pagi pagi baca postingan tntang islam sambil minum kopi kang ^_^

Balas

hahaii, ini dia saudara saya yang lagi alim. selamat kang. pertahankan, jangan suka setipis silet di pantay ya

Balas

mamang kelihatan senior banget di foto ihh

Balas

mamang ubi kelihatan senior banget di foto ihh

Balas

Hehe mantap nih...
tapi perjanjian damainya berat sebelah tuh

Balas

Apapun bentuk perjanjiannya tapi yang namanya janji emang harus ditepati ya mas :)

Balas

Rasulullah is the best ya kang.. hanya dengan kelembutan dan kesabaran mampu mengatasi semuanya dengan sempurna

Balas

kisah-kisah teladan seperti ini memang harus selalu dimunculkan, sip deh buat Kang Lembu ;)

Balas

terima kasih info tentang perjanjian hudaibiyah, ooo ya akhir-akhir ini gan cilembu sering post peristiwa-peristiwa zaman dahulu, dan itu perlu dilanjutkan

Balas

ga tau kenapa ya mang lembu ko' berubah gituh seh?
*tepok jidat

Balas

ho'eh...saya juga sama mang lembu deh ih

Balas

makanya mulay sekarang...kita lembut yu ...;)

Balas

aaaamiiiin.....
maknyesss...baca komentar ini teh...:)

Balas

sambil mandang keluar jendela ya kang....nungguin yang lewat

Balas

kalu ngga lagi nyentey di pantey mah tentu ngga ada yang setipis silet atuh ;)

Balas

kesabaran dan kelembutanlah yang mengalahkannya kang...:D

Balas

kebijaksanaan yang tidak netralisme, karena dilain sisi ada yang dirugikan begitu ya mas,
oh ya, hudaibiyah itu artinya "Damai: ya mas,,hufft jadi malu bertanya yang sudah pasti orang banyak tahu,,hehe

Balas

hiyah...tauu...kita ge' ngarti...

Balas

subhanalloh,, Rasulullah memang sungguh tauladan yang baik bagi umat islam, ahklak dan kebijkasanaannya telah membuat kaum Qurais masuk islam,,,, :)

Balas

iya gituh...saya sendiri teh malah baru tau artinya damai, malah tau disini...ehmmm...

Balas

baru tahu sejarah perjanjian hudaibiyah setelah baca artikel ini,untung banget saya sering kemari kalau enggak gimana coba???

Balas

mengingat kembali sejarah islam pada zaman dulu .... :)

Balas

wah tambah ilmu nih belajar sejarah pada masa jaman nabi :)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger