logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Perjanjian Hudaibiyah

www.desacilembu.com
Peristiwa Perjanjian Hudaibiyah terjadi pada bulan Dzul Qa'dah 6 H. ketika Rasulullah menuju Makkah utnuk melaksanakan umrah bersama kaum muslimin, kaum kafir Quraify melarang mereka untuk masuk ke Masjidil Haram mereka menghadang Rasulullah didekat perbatasan. Rasulullah kemudian mengirim Utsman bin Affan untuk bernegosiasi dengan kaum Quraisy karena kaum muslimin datang untuk melaksanakan umrah bukanlah untuk berperang, ketika desas desus mulai beredar, setelah Utsman bin Affan tidak juga kembali, maka terjadilah pembaruan baiat kaum muslimin dibawah pohon. Jumlah mereka 1400 orang, mereka kemudian menyatakana baiatnya untuk membela Rasulullah meskipun mereka harus mati karenanya.
Maka turunlah ayat ini :
"Sesungguhnya ALlah telah meridhoi terhadap kaum mukminin yang membaiatmu dibawah pohon (itu)" (QS.al-Fath 48: 18)

Karena Allah menyebut keridhoan-Nya maka disebutlah baiat ini Baiat Ridwan. Kemudian terjadilah perjanjian damai antara kaum muslimin dankaum kafir Quraisy.
Perjanjian Hudaibiyah

Perjanjian damai ini sayangnya berat sebelah, banyak menguntungkan kaum kafir, Rasulullah yang telah dibimbing wahyu, kemudian menenangkan mereka untuk menerima perjanjian yang merugikan itu. Namun ternyata dibelakang hari sikap telah meluncurkan kemenangan di pihak muslimin, sementara kaum kafir Quraisy terpojok dengan sikap mereka, banyak yang kemudian justru masuk Islam karena kebijaksanaan Rasulullah yang menampilkan akhlaq terbaiknya, sehingga ketika pembukaan kota Makkah tiba, tiadalah darah yang mengalir setetespun.
Itulah rahasia Allah yang disimpan-Nya untuk menguji kaum muslimin. Para sahabat akhirnya sadar bahwa benarlah yang dilakukan oleh Rasullullah, segala tindakannya semata-mata hanyalah dari Allah.
Setelah Rasulullah pulang dari Hudaibiyah, maka turunlah firman Allah yang menjanjikan kemenangan bagi kaum muslimin, "Sesungguhnya Kami telah memberikan kemenangan kepadamu dengan kemenangan yang nyata". (QS. al-Fath 48:1).

Berkah dan hikmah yang dapat diambil dari perjanjian hudaibiyah yang paling mengharukan karena  yang masuk Islam adalah para pemimpin senior Quraisy, seperti Amr bin Ash dan Khalid bin Walid..

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger