DESA CILEMBU

Perjanjian Pra nikah

Apaan seh yang dimaksudkan dengan Perjanjian pra-nikah teh?
kalo bahasa inggrisnya mah Pre-Nuptial Agreement, yaitu suatu perjanjian dimana pihak pria dan wanita yang hendak melangsungkan pernikahan untuk sepakat atas dasar kesadaran tanpa paksaan mengadakan perjanjian pisah harta, dimana harta yang dimiliki sebelum pernikahanbukan merupakan harta bersama, tetapi tetap menjadi masing-masing.
Perjanjian pra-nikah ini hanya bisa dilakukan/dibuat dan disepakati sebelum keduanya melangsungkan pernikahan.
Perjanjian Pra nikah

Contoh dari perjanjian pra-nikah :
Jika suami membelikan istri sebuah rumah atas nama sang istri, otomatis sah menjadi milik sang istri dan bukan harta bersama dalam perjalanan pernikahan mereka, jika terjadi sita harta suami, rumah tersebut tidak termasuk pada harta yang jadi bagian yang disita dan tidak dapat diganggu gugat.

Bagi kita masyarakat dengan budaya timur,perjanjian pra-nikah ini belum umum dan masih dianggap belum secara umum sesuai dengan budaya dan adat ketimuran, karena dengan melakukan perjanjian pra-nikah, kesan yang muncul adalah tidak romantis, tidak menanamkan saling mempercayai, sangat materialistis, egois, sedikit berbau pesimis dan negatif.
tetapi bagi kalangan borjuis dan melihat realita begitu mudahnya sepasang suami istri menyatakan bercerai hanya karena menghadapi kesalah pahaman yang relatif, perjanjian pra-nikah ini dapat menjadi realitas sebagai salah satu langkah untuk meminimalisir kekisruhan atas harta gono gini yang sering terjadi saat keputusan bercerai diambil...banyak terjadi untuk menyelesaikannya menggunakan ranah hukum.

Perlu ngga yea bikin perjanjian pra-nikah?
pada budaya barat, perjanjian pra-nikah ini sudah lazim terutama terjadi dikalangan pengusaha, dimana sebelum mereka melangsungkan pernikahan, masing-masing individu telah memiliki harta yang berlimpah. Perjanjian pra-nikah bagi kalangan pengusaha ini dilakukan sebagai salah satu antisipasi jika terjadi salah satu pihak terlibat tindakan kriminal dan harus dilakukan penyitaan, maka ngga semua hartanya terkena sita, karena harta tersebut sah atas kepemilikan masing-masing individu sebelum mereka menikah.

Sisi positif membuat perjanjian pra-nikah diantaranya adalah :
  1. Menjadi awal keterbukaan masalah keuangan yang kerap kali tabu untuk dibicarakan
  2. Mengantisipasi ketidak stabilan persoalan keuangan karena salah satunya boros dalam pengeluaran keuangan
  3. Menghindari pihak-pihak yang memanfaatkan pernikahan sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan kekayaan seseorang.
Kepada para bujang dan gadis yang tahun ini akan melangsungkan pernikahan, sudahkah memeriksakan kesehatan calon pasangannya?.  Jika sudah...syukur alhamdulillah...tinggal menunggu hari H nya kan?...

Gimana dengan alternatif membuat perjanjian pra-nikah ini...kira-kira perlu ngga...coba?

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

bukan kesehatannya calon aja kang yg diperiksa,.. kesehatan orang tuanya calon juga kyaknya perlu diperiksa juga,. biar gak terjadi hal yg diinginkan kedepannya,.. hhe,..

Balas

Kalau menurutku sebagai perempuan yang tidak matrealistis tapi realistis, "uangmu ya uangku juga, kalau uangku ya uangku aja " :D

Balas

ini yang aku demen kang saling terbuka xixiii, ya kalo nikah memang begitu harusnya, harus saling buka-bukaan lah ... :D

Balas

Menurut hemat saya sih perjanjian pra nikah dengan hitam diatas putih biasanya di luar negeri ya. Mungkin saya nya aja yang kebanyakan nonton film Wahahahha. Kalau di Indonesia jarang saya dengar perjanjian pra nikah dikuatkan di atas materai hitam putih lengkap dengan hal hal jika terjadi perceraian termasuk pembagian harta gono gini. Dalam pandangan saya sih Perjanjian Pra nikah lebih kepada kesepakatan tidak tertulis saja. Misalnya istri atau suami mendukung karir pasangannya dll

Balas

;)
sepertinya kang SS salah kamar deh nih...harusnya untuk kamar sebelah yakan?...:)

Balas

saya juga gak kebagian pertamax padahal sudah bawa jerigen

Balas

di kita perjanjian pra nikah ini jarang ada ya kang.. dan jangan sampai ada deh ya

Balas

itu namanya, enak di eceu, ngga enak buat tetangga..;)

Balas

ngga berhasil kalo cuman bawa jerigen mah mang...kudu bawa handuk sama sarung kalo mo gol mah atuh..;)

Balas

buka kanan, kiri depan belakang..supaya bubulligiran mereunan nya'...:D

Balas

pada budaya kita emang ngga umum dan kayanya gimanaaa..gituh.
tapi...
kalau saya jadi orang kokay pasti kalo mo nikah lagi saya bakalan nyodorin surat perjanjian pra nikah...supaya aman duit saya dong ;)

Balas

tapi..kalau si geo kelak jadi milyuner mah..wayahnya mang...saya bapake yang maksa make surat perjanjian....enak ajah cewenya kalau ngga make...ntar saya ngga dapet bagian dong...;)

Balas

Baca beginian jadi pengen nikah lagi :D

Balas

klo ada perjanjian pranikah, seolah kaya kaum borjuis itu punya niat untuk bercerai ya gan? jadi ngeri... udah di rencanakan dari awal.

Balas

sebelumnya saya mau minta maaf lahir bathi, seterusnya artikelnya asik di baca...hatur nuhun.

Balas

wah repost lagi nih kang, tapi bermanfaat sekali kang, bagi saya sih sepertinya itu penting agar tidak timbul yang namanya penyesalan setelah menikah, komitmen harus dibangun sebelum menikah, jika salah satunya tidak bisa atau tidak sanggup memuhi komitmen maka lebih baik menunda sambil menunggu keduanya benar-benar siap ntuk menikah. Karena menikah adalah hal yang sakral dalam kehidupan seseorang maka komitmen harus serius ya kang....

Balas

diem diem ajah atuh kang...;)

Balas

pemikiran adat timur kaya kita mah emang gituh kang, tapi kalo liat latar belakang para pengusaha bule di barat sonoh mah...sepertinya masuk akal juga mereka melakukan itu.

Balas

sebelumnya saya ingin peluk dan kecup hangat udah lama tak bersuo.
maaf lahir batin juga ya kang anu kasep tea teh.
kamana wae atuh kang...
moga sehat dan ceria selalu yea...

Balas

komitmen dan kesiapan secara mental, lahir dan batin yang menjadi sangat penting untuk memasuki dunia baru sebuah keluarga...maka mari kita jaga kesakralan pernikahan ini tanpa harus melakukan hal yang ngga umum....;)

Balas

ini berlaku belum ya di Indonesia

Balas

kalau saya beli apa-apa pasti akan langsung saya atas namakan istri saya.. masalah keuangan pun langsung saya serahkan ke ibuknya anak-anak.. maklumlah, saya kan anggota Ikatan Suami Takut Istri

#melipir pergi

Balas

Ngga kepikiran buat bikin.. :P

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger