DESA CILEMBU

Tanaman di Atap

Silaturahmi lebaran kerumah kerabat minggu lalu, selain pertemuan keluarga yang seru, ada sebuah catatan kecil yang membuat mamang jadi gatel pengen ng'post-in. Oleh tuan rumah, kami disambut disebuah taman yang terletak diatap rumahnya, sangat mengesankan, saking nyamannya kami sampe ngga ngerasa kalau kami teh sedang berada diatap rumah...indah, hijau..penuh dengan koleksi bunga dan tanaman kesukaan sang empunya...dan.... 
saya jadi kepengen bikin Tanaman di Atap...ke'gini deh ah......hadeuh

Tanaman di Atap

Tips membuat Tanaman di Atap rumah:
  1. Siapkan bak tanaman terbuat dari beton yang dilengkapi drainasedan diberi lapisan kedap air.
  2. Beri lapisan batu apungdan ijuk diatas batu apung sebtebal 10 - 15 cm
  3. Tambahkan geotextile. pada lapisan ini terdapat pipa saluran pembuangan air yang dibungkus ijuk
  4. Isi media bak dengan media tanaman berupa campuran tanah merah dan pupuk kandang. 
  5. Tanaman siap untuk ditanam.
Jika merasa lapar setelah menyiapkan media tanam ini, dipersilahkan untuk istirahat, minta cemilan Sosis Panggang ke bi ijah didapur yeaa...
Keuntungan Tanaman di Atap rumah 
Mampu menurunkan Suhu.
Tanaman di Atap rumah ternyata mampu menurunkan suhu ruangan dibawahnya, suhu ruangan dibawah atap yang ditanami tanaman terbukti  lebih sejuk 3-4 persen ketimbang ruangan yang tidak beratapkan tanaman. Dengan demikian Tanaman di Atap mampu mengurangi pemakaian listrik dengan tidak harus dinyalakannya pendingin ruangan tersebut.
Mampu menurunkan polusi gas dan racun
Tanaman di Atap  sangat berperan secara signifikan menyerap gas polutan yang dapat mengurangi pemananasan kota dan radiasi sinar matahari hingga 80 persen, sebagai contohnya, pohon bambu dan palm dapat menyerap gas formalin dan bensin, sementara pohon bakung mampu menyerap gas formalin, bensin, juga alkohol danaseton dari cat, belum lagi produksi oksigen dan penyerapan CO2 oleh tanaman membuat udara menjadi lebih segar.
Mampu menurunkan stres
Juga dapat menurunkan tingkat stres yang sering dialami, karena Tanaman di Atap dapat dijadikan tempat rekreasi, suasana yang hijau dan nyaman serta berudara segar yang menghilangkan setres
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

bisa membuat rumah menjadi sejuk sekaligus mengurangi dampak global warming

Balas

atap rumah biasanya panas dan gerah ya Kang, tapi kalau ada tanamannya, apalagi tertata dengan rapi pasti jadi indah dan sejuk. tapi....rumahnya harus ditumouk dulu dong Kang bar tinggi :)

Balas

Warna yang serba hijau emang di yakini bisa buat mata jadi adem, hati jadi tentrem, pipi jadi tembem...
Ngeliat kang hadi... Para SPG pasti pada kesem sem.. ^^

Balas

huyah...makanya sok atuh bikin tanaman atap dirumahnya yea...:p

Balas

ngga juga ngga apa-apa kang, bikin rumahnya diatas bukit...:p

Balas

saya malah makan balsem..
....Aseemmm :p

Balas

Wah bener jug kang, kbtulan saya juga nanem tapi dalam pot..lumayan sih, tapi karena udaranya termasuk dingin daerahnya malah banyak lumutnya. tapi saya bersihkan saja...sipp.

Balas

wah bisa jadi inspirasi nih Kang,,,tapi sayangnya rumah sayateh atapna masih pake bilik bisa ambrol atuh heuheu,,,,insyaAlloh kedepanya mau niru ahahaha

Balas

biarin atuh Kang Azie kan lumutteh warnanya hijau malah jadi bagus atuh Kang heuheuheu

Balas

wah, besar juga manfaatnya ya.
patut dicoba nih,,,
biar adem alami ni rumah. ^_^

Balas

Wah ayahnya anak-anak pasti gak bakal boleh mas, soalnya dia phobi sama ulat....:)

Balas

waduh aku ngekost kang belum puna rumah nih :d

Balas

saya ini lagi istirahat nunggu sosis panggang kok tidak datang datang juga ya.....
apa saya harus ambil handuk dulu nich......
keep happy blogging always...salam kemerdekaan dari Makassar :-)

Balas

kalau ini mah buat orang2 gedongan kang

Balas

he'euh nya' kang..kade' weh tisoledat mun eta lumut teh katincak....kade' nyak'. :)

Balas

tah..kade tah, ulah maksakeun...urang ngeureyeuh we..alon-alon asal klakon...;)

Balas

tapi kasian tukang ac sama kipas angin...jadi ngga laku dagangannya atuh kang

Balas

wah masa seh anak band takut ulat...ih ngga deh ih :D

Balas

bisa direncanain dari sekarang mah atuh...:D

Balas

aduh..maaf bang, abis abangnya mojok mulu jadi ngga kliatan sama saya, sosisnya di ganti sama handuk khusus warna putih bekas sayaajah mau...?!

Balas

saya juga ngga gedongan...tapinya...bisa tuh :)

Balas

kalau lahan nya terbatas memang bagus menanam tanaman di atap rumah, jadi bisa lebih hijau rumah nya ya pak. tapi kalau lahan kita agak luas, misal kita tinggal di desa, tanaman bisa langsung ditancapkan ke tanah, soale tanah nya sudah subur ;)

Balas

wwuii...didesa mah jangankan tanaman yang ditancepin, saya sendirikalau ditancepin dikebon pasti bakalan berbuah ranum sekali deh...:p

Balas

Jadi sejuk biasanya.. :D

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger