DESA CILEMBU

Biaya Nikah dan Rujuk GRATIS

Sosialisasi tentang biaya nikah dan rujuk sepertinya memang belum semua orang memahaminya secara detail dan benar, masih banyak warga Desa Cilembu yang bertanya ke rumah tentang berapa sesungguhnya besaran biaya pernikahan dan rujuk yang berlaku.
Meskipun KUA melalui kantor dan aparat Desa serta para kader PKK maupun kader Posyandu tiada bosan melakukan sosialisasi melalui berbagai cara, selain dari pada itu, PP Nomor 48 Tahun 2014 yang mengatur biaya nikah dan rujuk ini tergolong baru, hal ini juga terjadi karena urusan nikah dan atau rujuk kadang tidak terlalu di perdulikan oleh kebanyakan warga, karena memang tidak terlalu menjadi penting bagi warga yang telah menikah dan tidak menemui kendala apapun terhadap perjalanan bahtera pernikahannya(baca: rukun, harmonis dan bahagia-bahagia saja sampai saat sosialisasi ini di sampaikan oleh petugas). Sehingga pada saat mendapati salah satu keluarganya atau terjadi pada dirinya hendak melangsungkan pernikahan atau rujuk, maka pengetahuan mengenai biaya nikah dan biaya rujuk menjadi sangat minim.

Atas dasar tersebut pada kesempatan kali ini Desa mencoba mengupas tentang 
Biaya nikah dan rujuk yang sesuai dengan PP Nomor 48 Tahun 2014.
Biaya Nikah dan Rujuk GRATIS
JIKA AKAD NIKAH DILAKSANAKAN DI KANTOR KUA PADA HARI DAN JAM KERJA
atau *Bayar Tarif Rp. 600.000,- (Enam Ratus Ribu Rupiah)
Jika Akad Nikah dilaksanakan di luar Kantor KUA atau di luar hari dan jam kerja/hari libur.
Kecuali yang tidak mampu atau tertimpa bencana alam, dengan melampirkan Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa
Biaya Nikah dan Rujuk GRATIS
PROSEDUR PENDAFTARAN PERNIKAHAN
Calon pengantin melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Mengurus sendiri semua dokumen pernikahan,
  2. Melengkapi dokumen pernikahan(model N) dari Kelurahan/Desa,
  3. Dokumen pernikahan dari Kelurahan/Desa di serahkan kepada petugas KUA setempat untuk di lakukan pemeriksaan,
  4. Membayar langsung/sendiri biaya pernikahan sebesar Rp. 600.000,-(Enam Ratus Ribu Rupiah) khusus bagi yang akan melaksanakan akad nikah di luar kantor KUA dan di luar jam kerja/hari libur melalui rekening Bank an. BENDAHARA PENERIMA PNBP NR KEMENTERIAN AGAMA RI. 
  5. Waktu pendaftaran dilakukan selambat-lambatnya 10(sepuluh) hari kerja sebelum pelaksanaan Akad Nikah atau melampirkan Surat Dispensasi dari Camat setempat bila masa pendaftaran kurang dari 10 hari kerja,
  6. Mengikuti bimbingan Pra Nikah(khusus calon pengantin)
Adapun pada poin no. 4. Bank yang ditunjuk oleh pemerintah adalah :
  • Bank BRI cabang Cut Mutia, No. Rek. 0230-01-002788-30-4
  • Bank BNI 46 Cabng Pecenongan No. Rek. 0346138083
  • Bank BTN Jakarta Kuningan No. Rek. 0001-30-555666-7
  • Bank Mandiri KCP departemen Agama No. Rek. 103-00-0622674-6
Selamat menempuh hidup baru yea....:-)
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

26 komentar

Belum kepikiran buat nikah gan,
soalnya kepikiran cari pacar aja blm..
masih fokus untuk belajar,..

Balas

Memang diperluin kesiapan dan persiapan yg mateng ya pak :)

Balas

iya gak usah pusing mikirin pacar dulu, belajar dulu yang bener ya nak...
kalo dah sukses mah ntar juga cewek-cewek pada ngantri hehehe...

Balas

yang penting jangan ampe terlalu kematengan aja mbak :D

Balas

aku dulu nikahnya di KUA,,nggak tau biayanya kena brpa soalnya yg ngurus bapak ku,,,

Balas

biaya nikah boleh saja gratis tapi resepsi pernikahannya yang mahal sob hehe

Balas

Nikah itu ngga gampang ya.. :D

Balas

ngantri buat nagih hutang...:D

Balas

belajar yang rajin, jangan bandel, jangan suka iseng gangguin ibu gurunya yea...;)

Balas

sepakat mang...apalagi kalau sampe basi...ngga enak banget kan?

Balas

udah bilang terimakasih belum sama bapaknya yang udah memberikan jalan menuju kenikmatan....ups!! maksudnya kebahagiaan.....coba?

Balas

sapah suruh segala pake nanggap hiburan dangdut...hayo?!

Balas

dimana susahnya coba?
wong ijab kabul nya juga di kasih contekan sama naib-nya jeh. ;)

Balas

wah, mahal ya ternyata nyampe 600ribu... ada yang gratis tho

Balas

memang lebih enak & puas kalo dilakukan sendiri tanpa pake calo

Balas

haa gratisss yang bener aja tuh, tapi belum ada kepikiran NIKAH kang... yaa semoga aja masih tetap gratis kalau nanti ane mau nikah....

Balas

ternyata beda cepek doang ya kang :)
kebetulan tanggal 21/09/2014 saudaraku juga menikah.
kalau di KUA : 30 ribu
diluar KUA : 700 ribu

Balas

yang susah nyari tempatnya ya kang :p :)

Balas

hah...
masa ada perbedaan seh...kan itu teh PP No. 48 Tahun 2014, wah...jangan-jangan....jangan-jangan tuh...:)

Balas

waduh...masa seh, wong mau dapet kenikmatan masih nyari yang gratisan...coba?

Balas

ya hiyah lah...emangnya mau ijab kabulnya yang ng'laksanain calo nya juga...coba?

Balas

kalo mau gratis banget bisa mang....nikah di tangkep Hansip...:D

Balas

saya dulu bayar, kenapa sekarang digratisin ya...jadi pengen nikah lagi :D

Balas

ngga ada yang larang ko' mang kalau pengen ngulang mah...;)

Balas

Trims kang atas infonya, bermanfaat banget buat saya yang belum nikah hehe

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger