DESA CILEMBU

Lanas dan cara mencegahnya

Boleng atau biasa disebut Lanas, hama pengerek batang, dan hama tikus adalah hama yang kerap terjadi pada tanaman ubi jalar, dalam hal ini adalah ubi Cilembu Sumedang sangat ditentukan oleh pola tanampengolahan tanah yang baik, pola dan teknik penanaman yang baik dengan menanam bibit yang sehat, perawatan dan pemupukan yang tepat waktu, serta sistem pengairan yang baik.
Meskipun demikian kewaspadaan terhadap dua jenis hama lanas(boleng), pengerek batang dan hama tikus yang sewaktu-waktu dapat menyerang tanaman ubi cilembu sumedang tentu harus tetap dilakukan.

Lanas(boleng) hama Ubi Cilembu
Pada kesempatan ini kami uraikan ciri dan cara penanganan hama boleng(lanas), ciri-ciri tanaman ubi cilembu yang terkena hama lanas(boleng)dapat dilihat dari daun ubi yang berwarna kuning dan bolong-bolong, yang disebabkan oleh kumbang kecil(Cylas formicarius Fabr) yang sayap dan moncongnya berwarna biru, kumbang kecil betina biasa menyerang permukaan daun sambil meletakkan telurnya, setelah telur menetas, maka akan merusak batang dan ubi dengan menebarkan kotoran berwarna hijau dengan bau yang menyengat, bila tidak segera di pisahkan maka pada saat dilakukan penyimpanan didalam gudang hama lanas ini akan menyebar dengan cepat pada ubi lainnya.

Lanas  dan cara mencegahnya
Cara mengendalikan hama lanas(boleng) Ubi Cilembu Sumedang
  • Melakukan penyilangan/rotasi secara bergiliran pada masa tanam selanjutnya dengan menanam jenis tanaman yang lain, seperti padi,
  • Menutup guludan(gundukan tanah) untuk menutupi ubi yang terbuka
  • Memusnahkan ubi yang telah terserang hama boleng(lanas)
  • Monitoring secara berkala dan menyemprotkan insektisida dengan konsentrasi yang dianjurkan
  • Panen harus tepat waktu
  • Menggenangi kebun dengan genangan air
Dengan mengetahui hama lanas(boleng) pada tanaman ubi cilembu, para pelaku bisnis ubi cilembu dapat lebih berhati-hati dan selalu memeriksa stok ubi digudang jangan sampai terkena hama lanas yang ternyata dapat menyerang saat ubi dalam penyimpanan.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

Sorry ye Om Tante Kakak Mba Mas semuanya
Saya PERTAMAX

Iyessssssssss

Balas

Kalau tikus sih dikasih pagar hidup akar wangi aja :D

Balas

telo di tempaty saya boleng terjadi manakala terlalu lama memanennya, bantet/terlalu padat plupuhan/gulotannyua

Balas

cucok ini saya suka saya suka di kasih yang wangi wangi

Balas

horeeee saya juga..

Balas

Kalau Mang Lembu dioyan wangi juga nda ya
Masa disuru doyan Ubi terus sihh

Balas

ish..wangi ubi itu luar biasa tauuu....
apalagi setelah dimakan....mantap deh ih

Balas

mirip dong...
tapi tentunya boleng disaya mah lebig keren dari pada boleng tempat akang mah

Balas

saya kasih kucing

Balas

kalo boleng bukannya pemain sinetron ya?

Balas

ntar kalo saya nemu si lanas, saya sembur deh. kalo nanas, saya makan aja

Balas

Lah kalau digenangi air, lah gak jadi panen to Pak? :D

Balas

Aku sampek googling loooh lanas itu apaan.. Hahah :D

Balas

saya ikut juga

Balas

sudah almarhum mas

Balas

biar gak kena boleng bagaimana kalau ubinya dibungkus satu satu Kang

Balas

hadeehhhh, aku kira kang Cilembu main tebak2an, abisnya Lanas, aku kira Danas xixiii.... tak taunya Hama Ubi ya kang :D

Balas

oo boleng itu sama dengan sanas ya lanas ya kang, namanya kok kayak adiknya si rafi ahmad ya....

Balas

kalau panas ditiupin kan :D

Balas

maksudnya guludan(gundukan tanah media tanam ubi)nya yang di genangi air m'ba...;)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger