DESA CILEMBU

Melindungi hak anak dari kekerasan

Kekerasan terhadap anak sudah membudaya hingga setiap tahun kasus kekerasan terhadap anak terus meningkat, salah satu sering disebabkan karena kemiskinan dan kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh orang tuanya, kekerasan terhadap anak-anak juga terkait erat dengan faktor kultural dan faktor struktural sosial masyarakat.

Faktor kultural seringkali para orang tua menganggap bahwa anak adalah harta kekayaan yang harus patuh sehingga sering dijadikan pembenaran jika orang tua melakukan tidak kekerasan terhadap anaknya
Faktor struktural dalam kehidupan sosial masyarakat karena lebih disebabkan adanya hubungan yang tidak seimbang didalam keluarga maupun dilingkungan masyarakat, akibatnya pendiskreditan anak secara struktural sering terjadi, sebab anak-anak memang dalam posisi yang lemah di mata masyarakat.
Melindungi hak anak dari kekerasan
Atas dasar tersebut maka sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk bisa menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, berpartisipasi optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Peran masyarakat dan pemerintah
Masyarakat dengan kesadaran bersama untuk ikut berperan aktif dan turut membantu mengawasi dan melindungi anak-anak harus terus ditingkatkan, selain dengan mengetahui hukum yuridis formal Undang-undang tentang perlindungan anak dan berperan aktif dengan mencegah atau melaporkan pada pihak berwajib jika melihat kekerasan terhadap anak-anak.


Peran pemerintah untuk dapat segera mengatasi krisis kemiskinan dan ekonomi masyarakat dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya tentu akan dapat menekan angka kekerasan terhadap anak.
Yuridis formal
  1. UU No. 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak
  2. UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
  3. UU No. 3 Tahun 1997 Tentang Pengadilan Anak
  4. Kepres No. 36 Tahun 1990 Tentang Ratifikasi Konvensi Hak Anak
Mari kita bergandengan tangan untuk ikut serta melindungi hak anak-anak dari tindak kekerasan dan eksploitasi terhadap mereka.
sumber : http://www.kemenpppa.go.id/
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

Wah Artikel bermanfaat nih gan :)

Cerita Update
Lirik Lagu Indonesia

Balas

betul bngeet anak2 hrs dijaga

Balas

saya tiap hari bertatap muka sama anak-anak.
mereka memang terkadang bandel, tapi ya itulah anak-anak. kebandelan mereka nggak harus selalu dihukum dengan kekerasan.
ada cara lebih bijak untuk membuat anak-anak ini paham.

Balas

Sebandel bandelnya anak, jangan sampe mendidiknya dengan kekerasan.
Kekerasan tidak ada untungnya bagi anak.

Balas

sekali kali betul

Balas

betul kang...mungkin guru adalah ujung tombak setelh orang tua untuk menggema kan hak-hak anak...bukan begituh pak?

Balas

malah banyak ruginya yea kang.

Balas

Memang bnr mas, anak2 itu adalah korban terbanyak di dunia yang mengalami berbagai kekerasan, terutama pembunuhan... sedih...

Balas

dapat nomer yang ke 11 aseeekkk......

Balas

tapi skrg dg adanya UU yg berlaku, orang tua jdi semakin dimanjakan, dikit2 pelanggaran penganiaayaan anak, dkit pelanggran kekerasan, dulu aja saya belajar ada satu guru saya yang sytem didikany keras, tapi itu saya akui cukup efesien membuat saya makin semangat belajar ,,,

Balas

mereka adalah tanggung jawab mita semua sob...

Balas

harusny hukuman lebih berat dan penegakkan hukum harus tegas

Balas

Orang tua kandung
akan kena kurung
jika semena-mena mentung

Hmmm

jadi anak itu tanggungjawab sebangsa atau sekampung
agar negara masa depannya terjunjung
bukan sekedar terapung

Balas

selain peran keluarga dan sekolah (kalo sudah sekolah xixixii), melindungi hak anak dari kekerasan juga merupakan kewajiban semua warga dan masyarakat, terutama di lingkungan anak tsb ya kang :)

Balas

.. anak6 emank slalu jadi korban,, mungkin karna kepolosan nya kale ya?!? haduchhhhh,, smoga aja dech lembaga^ yg mengatas namakan melindungi anak, bener^ dijalankan ..

Balas

aaaamiiiin....semoga yea

Balas

kelemahan sebagai anak-anak yang masih kecil dan tidak berdaya justru yang sering menjadi pemicu kekerasan pada anak-anak

Balas

kajian tentang kekerasan dan solusi terhadap masa depan anak yang sangat menarik kang..

BTW.
dari kemarain saya mau nulis di sini. netnya minta ampun lemooot.. untung saya bookmark jadi gampang kembalinya. hehe. thx pencerahannya

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger