DESA CILEMBU

Menetapkan Biaya

Dalam sebuah usaha yang hendak dibangun rencana untuk menetapkan biaya sebagai biaya awal operasional tentu sudah harus diperhitungkan. sebab dalam sebuah usaha perhitungan biaya yang tertib dan terencana dengan baik adalah kunci maju atau mundurnya sebuah usaha. kesalahan dalam perhitungan  biaya akan berimbas pada perhitungan pajak. Ketelitian dan kecermatan dalam menetapkan biaya ini adalah tanggungjawab sepenuhnya seorang pengusaha atau pelaku wirausaha itu sendiri.

baca juga langkah sebelum menetapkan biaya adalah menetapkan gedung dan sarana lainnya

Pengertian biaya
pengeluaran atau pegorbanan seorang pengusaha untuk mendapatkan manfaat dimasa yang akan datang, dimana pengeluaran tersebut dapat dihitung secara kuantitatif dan tidak dapat dihindari oleh pengusaha tersebut.
Menetapkan Biaya
Pengeluaran biaya tersebut dapat dibedakan menjadi :
  1. Pengeluaran biaya/pengorbanan yang tidak dapat dihindari, berhubungan dengan proses produksi(tidak bisa diukur secara kuantitatif)
  2. Pengeluaran biaya/pengorbanan yang dapat dihindari, berhubungan dengan proses produksi(dapat diukur secara kuantitatif)
Kegunaan perhitungan biaya :
  1. memperkirakan berapa sebaiknya harga pokok barang yang akan kita buat, perlu diperhatikan prinsip efektif dan efisiensi,
  2. Memperkirakan berapa harga penjualan yang layak agar dapat bersaing dengan usaha yang sejenis.
  3. Memperhitungkan dan memprediksi kapan usaha tersebut akan mencapai harga pokok, hingga menguntungkan ataupun merugikan
  4. Akan dapat memperkirakan berapa penghematan yang dapat dilakukan hingga usaha tersebut dapat menentukan target penjualan dimasa yang akan datang.
Agar dalam menetapkan biaya untuk pengeluaran lebih terarah, ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam penggunaan biaya, diantaranya adalah :
Rangkaian kegiatan.
  • (1) bahan baku. 
  • (2) Bahan setengah jadi. 
  • (3) barang Jadi. 
  • (4) Pasar
penjelasan :
  • (1) perusahaan mengeluarkan biaya untuk bahan mentah
  • (2) perusahaan mengolah bahan mentah menjadi barang produksi setengah jadi,untuk itu harus menyiapkan biaya produksi
  • (3) proses barang setangah jadi di olah kembali menjadi barang jadi, perusahaan mengeluarkan ongkos produksi
  • (4) barang jadi kemudian dipasarkan, disini perusahaan mengeluarkan biaya untuk promosi.
Pada perusahaan perdagangan pada prinsipnya sama harus melakukan pembelian barang jadi.

Penggolongan biaya menurut prilakunya :
  1. Biaya tetap, biaya yang dalam periode tertentu jumlahnya tetap tidak tergantung pada tingkat produksi yang dihasilkan,
  2. Biaya tidak tetap, biaya yang jumlahnya berubah tergantung pada tingkat yang dihasilkan.
  3. Biaya langsung, biaya bahan yang secara langsung dan merupakan bagian pokok dari barang tersebut.
  4. Biaya tidak langsung, biaya bahan yang secara tidak langsung digunakan untuk membuat barang dan merupakan bukan bagian pokok dari barang bersangkutan.
  5. Biaya administrasi umum, biaya yang dikeluarkan untuk keperluan administrasi kantor dan umum.
  6. Biaya penjualan, biaya yang dikeluarkan untuk promosi.
Demikian langkah-langkah dalam menetapkan biaya dalam sebuah usaha, agar keberhasilan dalam menjalankan usaha yang sedang dan akan kita bangun dapat berjalan dan berkembang dalam jangka waktu yang panjang, maka langkah-langkah yang baik dalam memulai sebuah usaha harus dilakukan sejak dini.

silahkan melanjutkan pada langkah yang terakhir dari sembilan langkah cara memulai usaha sukses ini adalah, Pelaksanaan dan evaluasi

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

harus pinter ngatur duit mana buat usaha dan mana jatah istri :)

Balas

daripada ribet, gimana kalau istri juga dilibatkan..;)

Balas

untuk usaha, menetapkan biaya juga penting yia bos....

Balas

biaya memang harus ditetapkan ya pak, kalau tidak, repot juga nantinya malah biaya nya besar, jadi perlu persiapan ya pak biar usaha nya lancar :)

Balas

Butuh perhitungan yang matang yah kang biar usaha berjalan dengan seharusnya :D

Balas

Asyik nih si akang... sy bisa byk belajar :)

Balas

Kalo matengnya setengah... jalannya njinjit ya

Balas

Lancar kayak di tol ya mbak..
Eh..Tapi perlu bayar ding :)

Balas

tentunya kang, walopun ngga pake modal..tetep perhitungan biaya mah kudu direncanain dong de' bos

Balas

kalo salah ngitung bisa jadi rugi ya..

Balas

kelancaran disegala bidang memang tergantung dari ongkosnya kan yah...sama dengan jalan tol juga deh ih :p

Balas

hiya kang...kalau salah ngitung sama bu gurunya juga ngga di nilai dong...;)

Balas

belajar apaan kang?

Balas

hiyah kang...sarungnya juga di singkapin keatas lutut

Balas

Berarti yang namanya biaya gak harus dalam bentuk uang ya mas :)

Balas

bisa juga dalam bentuk handuk warna putih juga ko'

Balas

kalau tambah bikin ribrt gimanah..

Balas

kalau kelancaran yang di belakang penentunya bukan biayaya namaun apa yang di makan sebelumnya

Balas

belajar membiyayai usaha cari bini lagi ya

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger