DESA CILEMBU

Menetapkan kebutuhan mesin dan peralatan

Seperti halnya pada langkah-langkah memulai usaha sebelumnya, pada langkah menetapkan bahan baku dan menetapkan kebutuhan tenaga kerja, merencanakan kebutuhan mesin dan peralatan juga merupakan hal penting bagi sebuah usaha, karena mesin atau peralatan merupakan komponen dari proses pembuatan barang yang telah ditetapkan, maka perlu direncanakan dan di 
tetapkan kebutuhan mesin dan peralatan, seperti :
  1. Berapa jumlah mesin yang diperlukan
  2. mesin apa yang cocok dan ekonomis
  3. Jenis dan jumlah peralatan
  4. Apakah peralatan dan dan suku cadangnya mudah diperoleh dipasaran
  5. Bagaimana menyusun tata letak mesin dan peralatan yang baik
  6. bagaimana pembebanan pada masing-masing mesin, apakah cukup merata
  7. Apakah tersedia mesin cadangan atau peralatan canggih cadangan yang siap dioperasikan sewaktu-waktu
  8. Apakah ada kemungkinan menyewa mesin dari orang lain kalau order melimpah
  9. kalau membeli mesin atau peralatan yang baru, apakah keputusan sudah dipertimbangkan secara teknis dan ekonomis.
Dalam proses penetapan peralatan dan mesin,perlu dipertimbangkan faktor teknis dan ekonomis, sehingga menghasilkan efisiensi dan efektivitas dari penggunaan mesin dan alat-alat lainnya.
Menetapkan kebutuhan mesin dan peralatan
Pertimbangan ekonomis adalah pertimbangan yang berhubungan dengan biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk pengadaan, penggunaan dan perawatan mesin/peralatan tersebut.
Biaya tersebut diantaranya :
  • Harga mesin/peralatan
  • Biaya pemasangan mesin(jika ada)
  • Biaya perawatan peralatan
  • Biaya perbaikan
  • Biaya penyusutan,
  • Pajak, bunga modal untuk peralatan
  • Umur mesin
Pertimbangan teknis, meliputi :
  • kapasitas mesin/peralatan
  • Keserbagunaan peralatan
  • Unsur tenkis
  • Tersedianya suku cadang
  • Mudah untuk memperbaikinya.
Semoga saya kemudian lebih mengerti mengenai perencanaan sekaligus menetapkan kebutuhan mesin dan peralatan, dengan demikian perencanaan sedetail dan tidak pernah menganggap remeh sebuah rencana untuk sebuah usaha adalah proses untuk kita dapat lebih berkembang dan maju dalam segala usaha yang saya jalankan...aaamiiin

Ingin melanjutkan pada lagnkah berikutnya?
silahkan simak langkah dalam memulai usaha yaitu, menetapkan gedung dan sarana lainnya

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

perencanaan memang harus matang yia bos, termasuk menetapkankebutuhan mesin dan juga pealatan nya...

Balas

masih ada beberapa langkah perencanaan lainnya kang...tunggulah penayangannya ye...:p

Balas

kebutuhan mesin memang sudah seharus nya ditetapkan dan dipersiapkan ya pak agar mesin bisa dihidupkan dengan baik :)

Balas

wah ilmu yang bermanfaat kang :D

Balas

Kalo sewa... malah ndak mikirin biaya perawatan kan kang :)

Balas

Sewa atau beli costnya hapir sama,menurutku mendingan beli saja mas Budi...

Balas

Langkah pertama mungkin harus menghitung/membuat Budget dulu karena semua Equipment yang ada tidak bisa diprediksi kapan rusaknya,jadi pembuatan budget juga harus hati-hati,,,,

Balas

Perencanaan matang, bisnis pun lancar! Tapi kapan ya saya mulai?...hahaha

Balas

mesin sebagai salah satu alat yg yg sangat dibutuhkan dlm suatu usaha produksi ternyata harus memperhatikan pertimbangan ekonomis dan teknis ya kang. sip laaahhh :D

Balas

Ini ceritanya mesin apa ya mas :D

Balas

hiyah...kalau pas mau produksi mesinnya malah mogok kan gawat...:D

Balas

aaaamiiiin....semoga ;)

Balas

kalau beli...saya dapet vie ngga kang?

Balas

persis banget kang, penyiapan budget yang relefan dan realistis perlu direncanakan dengan seksama juga. ;)

Balas

mesin grader...itu tuh...yang dibawah mesinnya ada pangeruk tanahnyah...

Balas

hiya ya kang...saya ge' baru tau da...;)

Balas

hiyah...kapan atuh.
mo nungguinkuda makan besi yea? :p

Balas

mesin pemotong rumput mbak astri hehe :D, met malam kang sukses selalu buat kang cilembu. Amin

Balas

kalau bisa memanfaatkan bahan ekonomis, kenapa tidak. sukses selalu

Balas

ya tergantung Kang ,,,tapi biasanyasih gitu deh hehe...maksudnya tergantung perhitungan dampak dari dua pilihan antara beli dan sewa..

Balas

tuh...dengerin tuh de' gundul menjelaskan tuh....

Balas

betul teh...ekonomis dan efisien dong

Balas

akan segera hadir dibioskop kesayangan anda

Balas

sebaiknya pilih mesin yang berkualitas bagus, mungkin harga lebih mahal, tapi biaya perawatan lebih sedikit. daripada beli mesin kualitas rendah dengan harga murah, tapi sering rusak

Balas

Harga yang ekonomis dan efektif memang harus menjadi pertimbangan. Tapi jangan karena harga peralatan yang ekonomois malah jadi menghambat efektivitas. Mesin sering ngadat, kualitas produksi jelek, nanti yang untung malah tukang bengkel he.....

Balas

Oh ... kirain mesin gilingan tepung atau mesin parutan kelapa gitu :D

Balas

menguasai kebutuhan mesin dan peralatan memang penting ya Mas..jd ingat pengalaman mas, ada mesin macet jd bingung, kalau tdk tahu bisa bengkak mas biaya service atau jasa perbaikan...perlu tahu jg harga jasa service alat, sebelum alat di service

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger