DESA CILEMBU

Teknik Memasak Camilan berbahan dasar Umbi

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang tips berjualan camilan bahan umbi, kali ini desa Cilembu mencoba menyuguhkan teknik memasak camilan/kue yang berbahan dasar umbi.
Sebelum diolah lebih kanjut untuk dijadikan bahan dasar camilan yang akan kita buat, umbi-umbian baik singkong, talas, ubi jalar dan kentang hendaknya di potong-potong kecil, diserut/diparut halus ataupun di parut kasar atau ditumbuk dihaluskan setelah pengukusan.

Mengukus bahan
masukkan bahan(potongan umbi ataupun adonan umbi yang sudah diolah menjadi camilan ke dalam dandang setelah air di dalamnya mendidih . Untuk kue tertentu seperti kue lapis atu talam, bungkus tutup dandang dengan kain agar uap air tidak menetes membasahi permukaan kue. Kukus kue hingga matang agar kue tidak mudah basi.
Teknik Memasak Camilan berbahan dasar Umbi
Menumbuk dan menghaluskan umbi
Ubi, singkong, talas dan kentang harus ditumbuk selagi masih panas, sebab jika dilakukan setelah dingin umbi akan sulit halus. Gunakan penumbuk dari kayu atau batu yang dibungkus dengan plastik, atau gunakan penghalus kentang yang terbuat dari bahan logam untuk menghaluskan umbi yang lembut, seperti kentang atau ubi jalar. Agar hasil tumbukan gembur dan tidak liat, lakukan gerakan menumbuk dengan tekanan yang tidak terlalu keras.

Memberi warna dan aroma
Ubi, singkong, ubi, talas atau kentang yang dijadikan bahan dasar camilan yang akan kita buat belumlah memiliki aroma yang menonjol, sebab itu perlu diberi tambahan vanili, daun pandan, atau esens taro(pemberi aroma talas) yang berfungsi untuk memperkuat cita rasa. Pewarna kadang perlu ditambahkan agar penampilan camilan yang kita suguhkan menjadi menarik, gunakan pewarna alami daun suji dan daun pandan untuk warna hijau, bunga telang untuk warna biru/ungu, atau pewarna makanan sintetis yang aman untuk warna-warna yang lain.

Menggoreng
Menggoreng camilan/kue berbahan dasar umbi ini harus menggunakan banyak minyak sampai bahan terendam, sebaiknya saat penggorengan dilakukan pisahkan camilan asin dan camilan asin yang biasanya diberi tambahan aroma vanila agar rasanya tidak saling mempengaruhi. Masukkan bahan dalam minyak yang panas, jangan terlalu banyak jumlahnya agar camilan tidak saling menempel dan dapat matang merata sampai ke bagian dalam

Setelah sama-sama mengetahui tentang teknik memasak camilan/kue berbahan dasar Umbi, kita akan melanjutkan tentang bagaimana menentukan harga jual dari camilan/kue berbahan dasar umbi ini ke pasar.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

ternyata ubi bisa diolah menjadi makanan segala macem yah pak, wah jadi pengen nih makan cemilan buatan pak cilembu :D

Balas

emang percaya ke sayah gituh?

Balas

kalo saya percaya banget sama ubinya cilembu.. tp k kang lembunamah harus dipertanyakan dan di uji dulu hasil buatannya hehe (bisi asin teuing..)

Balas

Aku lebih sukak dikukus.. Lembut.. :D

Balas

bgi lah mang lembu cemilannya ..... :)

Balas

mun asin teuing berarti hoyongeun kawin mereunan nya?

Balas

selembut sutra ungu kek nya deh..;)

Balas

enake'...beli atuh...;)

Balas

saya paling suka kalau ubi di buat timus Kang. istri saya paling jago buat timus lho.

Balas

jago itu kan menurut mamang...menurut saya mah ibue si geo dong yang paling okeh...:p

Balas

harus dicoba nih...saya kan orangnya suka camilan..apalagi yang berbagu umbi... :D

Balas

Coba ada videonya juga ... biar tambah jelas prosesnya :D

Balas

yang jelas saya simpen dulu nih tipsnya mang, siapa tahu bisa saya coba nanti....

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger