DESA CILEMBU

Tips berjualan Camilan dari Umbi

Camilan berbahan dasar umbi-umbian seringkali tampil apa adanya tanpa mendapat sentuhan kreatif sehingga camilan ini dianggap sebagai camilan kampung yang hanya dimakan oleh rakyat jelata dan kaum du'afa saja, sangat sedikit camilan berbahan umbi-umbian(jajanan pasar) dapat kita temui pada resepsi pernikahan mewah, padahal kandungan gizi yang terkandung dalam umbi-umbian tersebut sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan.
Tips berjualan Camilan dari Umbi
Atas hal tersebut diatas maka, tips membuat dan berjualan camilan berbahan dasar umbi-umbian ini sangat diperlukan, sentuhan kreatif dari bentuk dan rasa, tambahan bahan seperti keju, susu, aneka isi(ayam, ikan, daging dan selai) bisa juga ditambah dengan kacang-kacangan sebagai pelengkap rasa diperlukan saat membuatnya.

Bahan dasar
Ubi jalar(Ipomea batatas), varietas ubi jalar sangatlah banyak, pilihlah bahan ubi jalar yang berkulit putih berdaging ungu muda, atau berkulit merah berdaging kuning dan oranye, pilihlah ubi yang segar tidak terdapat bercak terkena lanas/boleng.
Tips berjualan Camilan dari Umbi
Singkong (Manihot asculenta/cassava), ada beberapa jenis singkong, ada singkong putih, dan singkong kuning biasa disebut juga dengan singkong keju karena jika telah matang singkong jenis ini memiliki aroma yang mirip dengan mentega dengan aroma yang harum. Pilihlah singkong berkulit coklat kemerahan dan memiliki serpih, jika di potong basah dan mudah patah, singkong paling baik jika digunakan sebelum 48 jam setelah dipanen, lebih dari itu singkong akan kebiruan dan rasanya menjadi pahit.
Tips berjualan Camilan dari Umbi
Talas(Colocasia esculenta/taro), Tekstur talas Pontianak yang terbaik dijadikan bahan baku membuat camilan keran lembut dan lebih pulen. Saat membeli talas, pilihlah talas yang besar dan keras, ciri tersebut menandakan bahwa talas tersebut sudah tua dan sudah banyak mengandung banyak pati
Kentang(Solanum tuberosum), Warna daging kentang menunjukkan kadar pati yang terkandung didalamnya, kentang yang berdaging putih banyak mengandung pati, sangat cocok untuk membuat kue karena teksturnya lebih padat. Pilihlah kentang yang berkulit mulus dan tidak bermata, hindari kentang yang berkulit kehijauan karena kentang seperti ini sudah mengandung racun solanin yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Tips berjualan Camilan dari Umbi
  • Buat camilan/kue dari umbi-umbian dengan bentuk dan warna yang menarik, ukuran mini akan lebih menarik.
  • Jual berbagai bentuk dan model serta rasa yang berbeda-beda dari berbagai macam bahan baku umbi-umbian yang lain, akan lebih baik jika dijual dalam bentuk dus cantik, tambah atau nampan kecil seperti untuk hantaran.
  • Hindari sinar matahari langsung, terutama untuk kue-kue umbi yang dikukus dan di rebus dan yang mengandung santan, karena panas akan membuat camilan menjadi berkeringat sehingga mudah sekali menjadi basi.
  • Kue/camilan berbahan dasar umbi umumnya tidak tahan lama, sebab itu maka buatlah sesuai dengan jumlah kebutuhan dan harus habis dalam satu hari, yang paling baik berjualan dengan cara sesuai dengan pesanan.
Demikian tips singkat berjualan Camilan dari Umbi semoga bermanfaat.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

Bibuat keripik ubi original rasa madu lebih Ok kayaknya ya :)

Balas

Akhirnya setelah sekian lama bisa dapat pertamax lagi di sini :)

Balas

saya nebeng pertamax ya mbak hehehe

Balas

Tentunya dari ubi cilembu ya kang ehheeh.

Kalau saya malah tertarik ke jajanan yang ukurannya Super gede, kang ... biar cepet kenyang gituh

Balas

ubi emang bisa dibuat cemilan macem-macem dan enak2

Balas

Manteb nih, apalagi kalau lagi begadang nyemil2 kyakgini pas banget..

Balas

Ubi telo Pohoing di jadikan blondos getuk goreng laris manis. Telo pohong di kukus lalu di gemblong lalu di cotot, di kasih gula, digoreng. muantab pokoknya.

Balas

Saia juga NGandul ah..
Sekian hari ga kemari dah berubah rule comen nya ternyata

Balas

tapi belum bisa dapet kiriman ubi tuh...:p

Balas

mesti kreatif ya bang, biar lain daripada yang lain dan menarik perhatian pasar...

Balas

camilan dari umbi-umbian ini bisa menjadi camilan yang punya jual tinggi jika kitanya kreatif untuk mengolahnya kang, apa lagi ubi cilembu kang, di jakarta mah harganya mayan mahal juga tuh :)

Balas

yang sedang-sedang saja atuh mang, bilih teu seep kan nyaah jadina :D

Balas

Ngomongin soal cemilan, saya suka sekali soale saya paling suka ngemil Kang
Apalagi kalau Ubi di buat cemilan Kripik Ubi cilembu waah cckck mantap sekali Kang

Balas

Ikutan Nyemplak ya Kang saya, sambil ngemil ubi enak gk ya?

Balas

Selain rasa sebuah produk emang harus di tunjang tampilan kemasannya ya kang :)

Balas

Pake nota ya mas

Balas

Translate mana translate

Balas

nyemplak dinu naon mang?

Balas

ng'gandul...jadi inget film si doel anak sekolahan...:D

Balas

mubajir namina ta teh nya' mang...;)

Balas

:D.....:).......;)......:p

Balas

menguntungkan pula....sok atuh lah

Balas

pastinya...plus kopi susu lebih mantep...:D

Balas

mang...Abimanyu ponakannya gowinda mirip saya loch...

#mahabharat ANTV malam ini

Balas

oo..tentu, SPG nya juga harus santun dan pastinya cantik dong...:D

Balas

:D
makanya mang saya teh lebih milih jadi tukang dagang ubi daripada nganggur mah atuh da...;)

Balas

rasanya pasti mantap, untungnya juga mantap, pokoknya sekeren dan semantap nama kerennya deh Talas(Colocasia esculenta/taro), Singkong (Manihot asculenta/cassava)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger