DESA CILEMBU

Iklan Koran Tertua di Indonesia

Iklan Koran Tertua di Indonesia adalah sebuah iklan Obat Sakit Perut, yang adalah iklan komersial pertama di Indonesia dari sebuah produk Balashin Sai yang di muat oleh Koran Bidjaksana No. 27 Taoen ka II yang terbit pada hari Sabtu, 29 September 1934.
Koran Bidjaksana adalah sebuahkoran yang terbit pada periode pasca Pemberontakan KAOEM MERAH, November 1926, di keluarkan oleh Pagoejoeban Pasoendan - Bandung.
Desain dari Iklan gambar tersebut di bawah adalah buatan para mahasiswa Universitas Tarumanegara jurusan Desain Grafis, menuangkan analisis dalam gambarnya seekor harimau dalam kemasan Balashin Sai.
Menurut kepercayaan, sosok harimau merupakan lambang kebesaran, kehormatan, dan ketegasan yang menurut filosofi bangsa China mengatakan bahwa Harimau adalah sosok yang menggambarkan kewaspadaan, dan kekuatan, oleh karena hal tersebut bahwa obat sakit perut ini ampuh dan kuat.
Iklan Koran Tertua di Indonesia

Bunyi Iklan di atas adalah :
TIDA PENJAKIT PEROET LAGI!
Kembali djadi sehat, merasa segar 100%, dapatkan lagi kesenangan idoep seperti doeloe, inilah kasoedahan jang baek dari pengobatan dengan TIGER BALASHIN SAI. Sakitperoet dan ganggoean oetjoes selalu bisa di tjegah sabegitoe lama masi terdapat BALASHIN SAI, BALASHIN SAI jang tambah napsoe makan dan bikin makanan gampang antjoer di peroet.! Toean poenya persediahan obat-obatan di roemah ada tida lengkap zonder
BALASHIN SAI OEBAT PENYAKIT PEROET
Aos, dagblad Soenda Sipatahoenan
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

36 komentar

ini bedoenya doengan iklan-iklan soekarang..kalau doloe gamboernya soeja soedah punya baonyak oaerti..!,

soepertinya lemari toea dibokea ya Kang..!, :):) ketemoe ini.. bukti soejarah tempo doloe..!

Balas

Baca koran jadul kayak gini mah malah pusing bacanya kang :D

Balas

Ternyata dulu juga ada koran ya Mang Lembu saya gak tau tuh
Soalnya saya anak muda keren Jaman sekarang sih :)

Balas

bukanya paham malah mumet iya Kang :D

Balas

tapi gak terbaaca tulisan nya kang... tapi lama bener yaa saya belum lahir tu kang.. :D

Balas

Kayaknya korannya masih tulisan tangan ya :)

Balas

Bentunya meleganda banget ya kang, saya juga belum pernah tau karena saya belum lahir,,hehe

Balas

ngebacanya kok susah ya,,,rada butuh konsentrasi tinggi nih,,,

Balas

Luar biasa ya mas. Saya lihat, desainnya sangat bagus..

Balas

taon segitu koran udah di ketik apa tulis tangan ya?

Balas

Dapat dari mana itu mang korannya? :D

Balas

susah di baca ya mang :) tulisannya buram-buram gimanaaaaa gituh hihihihi

Balas

yah inilah salah satu artikel tertua di indonesia. namun beberapa kasus bahwa iklan tertua sudah ada sejak berdirinya media cetak indonesia di belanda. ok makasih atas infonya. salam sahabat blogger dan ditunggu silaturrahmi baliknya di bengkel blogger.

Balas

Mang Lembu punya hobi baru nih ya, koleksi koran tua ^_^

Balas

kang dinoe koeplak troegis yoe?

Balas

dari pada kang andri hobinya koleksi istri tuwa..hiii :p

Balas

itu kan kang marnes, kalau saya mah orang cerdas, jadinya ngga pusing :p

Balas

kalau ngaku anak muda yang keren,mestinya tau dong, kan..pengetahuannya luas...heuydeuh

Balas

akang mah di rencanain sama Allah juga belom tahun segituh mah..atuh :)

Balas

media cetak indonesia di belanda emang makjleb deh

Balas

yang normal ajah yang di bacanya cuman judulnya doang, apalagi yang buram-buram..ya :D

Balas

warisan nenek moyang ;)

Balas

masih di jilatin mang :D

Balas

masa segitu di bilang bagus sih...;)

Balas

jangan tinggi-tinggi bu...tar kalau jatoh nyalain saya pulak

Balas

akang yang lebih tuwa dari saya ajah belom lahir, apalagi saya. coba?

Balas

kasih tau ngga, coba?

Balas

udah di cetak kang, cuman di cetaknya masih di sablon

Balas

Tukan, bukan saya aja yang pusing :D

Balas

seperti surat cinta nenek saya itu tulisannya :D

Balas

waaaw... jos gandos..... nomor satu mbah

Balas

Ngga bisa bacanya.. Heheh.. :P

Balas

Owwhhh, Djadi kaloe minoem obat tiger balashin sai segala matjam penyakit peroet dan gangguan oesoes bisa diatasi ya mang

Balas

mamang lahir jaman itu ya?

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger