DESA CILEMBU

Era ORDE BARU

Adalah lanjutan dari artikel mengenai sejarah Indonesia yang berawal dari zaman Prasejarah sampai dengan pembahasan yang terakhir yaitu Era sebelum Orba.
Era Orde baru di awali setelah Soeharto menjadi Presiden, yang pertama di lakukan adalah dengan kembali menjadi anggota PBB tanggal 19 September 1966 yang kemudian di terima kembali menjadi anggota PBB tanggal 28 September 1966, enam belas tahun setelah Indonesia pertama kalinya.
Era ORDE BARU
MPR secara resmi melantik Soeharto sebagai Presiden Indonesia ke-2 tahun 1968 yang kemudian berturut-turur menjadi Presiden selama 32 tahun (1973, 1978,1983, 1988, 1993, dan 1988)
Ore Baru melakukan berbagai perubahan dan perbaikan secara ekonomi sabagai tujuan utama dengan melalui struktur administrasi yang di dominasi oleh militer, eksploitasi sumber daya alam di lakukan secara besar-besaran yang membuat Indonesia dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang sangat besar, sayangnya pemerataan ekonomi belum tercapai dengan baik.
Catatan sejarah era Orde Baru
Irian Jaya, t
ahun 1969 Indonesiamelakukan Act Free Choise (aksi pilihan bebas), dimana 1.025 wakil kepala-kepala daerah di pilih, dengan demikian maka secara konsensus memilih untuk bergabung kedalam NKRI
Timor Timur
sejak tahun 1596 - 1975 adalah jajahan Portugis, tanpa kejelasan pada tahun 1975 Portugal mundur dan meninggalkan wilayah jajahannya, kesempatan inilah yang di lakukan oleh partai Fretilin yang pimpinannya adalah orang-orang yang berpaham marxisme, dan UDT, kemudian memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Portugal.
7 desember 1973 Indonesia bersama pasukan TNI memasuki wilayah Tmor Timur dan melakukan sebuah operasi militer yang di sebut dengan Operasi Seroja yang didukung oleh Amerika dan Australia. Pada operasi Seroja ini memakan korban jiwa hampir 200 ribu warga Timor Timur
Pad 30 Agustus 1999 rakyat Timor- Timur memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia dengan melakukan pungutan suara yang dilaksanakan oleh PBB dan hampir 99% rakyat Timot Timur memilih untuk memisahkan diri dari NKRI ditandai dengan pada Oktober 1999, MPR membatalkan dekrit 1976 di bantu oleh otorita Transisi PBB (UNTAET) memerdekakan Timor Timur pada Mei 2002 dan kini bernama Timor Leste.
Krisis Ekonomi
Pertengahan 1997 Indonesia mengalami krisi keuangan dan ekonomi, harga minyak yang terpuruk, kemarau panjang, dan rupiah jatuh di barengi denganinflasi yang menurun sangat tajam sampai kepada titik terendah disertai ketidak adilan dan ketidak merataan hasil pembangunan yang kemudian memicu gelombang demonstrasi mahasiswa dan rakyat umum menuntut Presiden Soeharto mundur dari jabatannnya sebagai Presiden.
Pada 21 Mei 1988 Soeharto memberikan mandatnya sebagai Presiden kepada wakilnya B.J Habibie untuk kemudian menjabat sebagai Presiden ke-3 Republik Indonesia
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

Jadi teringat masa lalu
ketika orde baru
Jalan-jalan selalu baru
Bangunan cepat maju
Tapi kini telah berlalu

:)

Balas

Mudah-mudahan, di era reformasi saat ini... perubahan kearah yang lebih baik terwujud. Pemerataan pembangunan, peningkatan kesejahteraan rakyat dan perlindungan sosial dapat terwujud, amin... hehe

Balas

Hmm aku mah ngga paham kalau dengan masalah berbau politik, nyimak aja ah mang lembuuuu :D

Balas

Masih penakan jaman ku kan
Kata tulisan yg ada di stiker loh

Balas

bagi keluargaku jaman orba paling makmur.. mudah mudahan kedepannya bisa lebih maju lagi..

Balas

LANJUT KESNI AJA ,,,, :D

Balas

klo bau sy paham dan enak kn ?

Balas

semuanya kini telah membisu...pilu :p

Balas

Wah jadi ingat masa kecil kang. Masa Orde Baru

Balas

beuh...bau prengus gituh ge'..dih

Balas

:p
baca di belakang truk kan

Balas

;)
kang fiu...ngejar-ngejar banget deh ih :D

Balas

berarti sekarang udah tuwa dong :p

Balas

aaaamiiiin.
untuk kita berharap pada pemimpin sekarang ini untuk kerja keras dalam rangka menggapai cita-cita bersama milik bangsa.

Balas

Sesusah-susahnya Indonesia, aku nggak suka sama orde baru kang. Emang sih semuanya serba murah, sampe nyawa pun murah. Banyak ketidak adilan oleh pemimpin. Aku mungkin nggak merasakan kehidupan aslinya, tapi aku merasakan setelah membaca sejarah dan aku juga dengar sendiri dari kakek aku. Saya juga sama artikel ini. Jas Merah : Jangan Sekali-kali melupakan sejarah. Jempol buat kang Cilembu dehh yang udah post tentang sejarah.

Balas

Setahu saya, selepas Pak Harto lengser tidak ada lagi pemimpin yang betul betul pro rakyat. Soekarno dan Soeharto, sosok pemimpin yang pro rakyat

Balas

hehe..anak muda yang berjiwa patriot banget deh kang Imron, kakeknya mantan pejuang kemerdekaan ya kang :D

Balas

Maaf Mang Lembu..terlambat saya datang ke kelas sejarah hari ini :)

Balas

Pada tahun 1997, kita telah dilanda krisis kewangan Asia...dan banyak negara-negara seperti Thailand, Indonesia dan Malaysia telah mengalami impact yang teruk..

Balas
This comment has been removed by the author.

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger