DESA CILEMBU

Garis waktu Kolonialisasi Indonesia

Kolonialisasi Indonesia adalah bagian dari sejarah dari perjalanan panjang Nusantara yang pada saatnya kini menjadi sebuah bangsa  besar Indonesia. bangsa Eropa terutama Spanyol, Portugis, Belanda dan Inggeris berganti-ganti menguasai dan memonopoli perdagangan rempah-rempah untuk di bawa ke negerinya selama berabad-abad tanpa rakyat Nusantara yang terpecah setelah kehancuran kerajaan Majapahit ini dapat berbuat apapun.
Garis waktu Kolonialisasi Indonesia
Atas hal tersebut maka Garis waktu Kolonialisasi Indonesia yang terjadi begitu lama, dapat kita simak dari waktu kolonialisasi Indonesia yang terjadi :
  1. Kolonialisasi Spanyol tahun 1521
  2. Kolonialisasi Portugis tahun 
  • 1509 - 1520, 
  • 1521 - 1530, 
  • 1531 - 1540, 
  • 1541 - 1550, 
  • 1551 - 1560, 
  • 1561 - 1570, 
  • 1571 - 1580
  • 1591 - 1659
Kolonisasi VOC / Kolonisasi Belanda 
Sejak tahun 1620 secara perlahan menjadikan wilayah kekuasaannya setalah banyaknya perpecahan yang terjadi pada kerajaan-kerajaan setelah besar Majapahit terpecah belah. Belanda dengan VOC nya mengembangkan Hindia-Belanda menjadi wilayah kolonial paling kaya di dunia, selama 350 tahun penjajahan belanda terhadap Nusantara/Indonesia.
VOC Verenigde Oostindische Compagnie di berikan hak monopoli terhadap perdagangan di pusatkan di Batavia, jakarta. dengan tujuan utamanya adalah mempertahankan monopoli perdagangan rempah-rempah
Baca lengkapnya di : Sejarah Indonesia
Konolisasi Belanda, terbagi atas beberapa era yang terbagi dari dua era, yaitu :
  • Era Napoleon (1800 - 1811)
  • Era Interregnum Britania (1811 - 1816)
Demikian Garis waktu Kolonialisasi Indonesia, semoga berguna.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

33 komentar

Berarti yg paling lama adalah Kolonialisasi Portugis ya mang... sampai beberapa tahap Kolonialisasinya di Indonesia...

Balas

Hoh, saya teh dapat koment pertama meren.... :D

Balas

hiyah...payah emang tuh Portugis mah ya :p

Balas

izin baca artikel'y mas lembu

Balas

kalo gak salah dulu datangnya portugis ke Indonesia tujuannya mencari rempah-rempah ya mang...

Balas

Informasi yang bagus... terima kasih di atas perkongsiannya...

Balas

Kayaknya indonesia negeri jajahan terbanyak ya mas karena alamnya

Balas

kalo dateng lagi saya siapin jamuannya

Balas

kalo njajah negeri kita lagi, ane lempar petasan...kapok ente

Balas

Negara yang indah dengan alam semulajadi, aman sejahtera serta kaya dengan hasil bumi, pasti menjadi sasaran kuasa-kuasa Eropah. Bermula dengan menguasai perdagangan rempah...mereka mencampuri hal ehwal pemerintahan....Begitulah caranya mereka menjajah... :( :(

Balas

wah Portugis kacau tuh lama banget menjajah negeri ini,,,

Balas

nggak salah berarti benar tuh kang Marness hahaha

Balas

lempar pake goreng tetel ae mas hihi

Balas

Ternyata negaranya Ronaldo (portugis) suka menjajah negara lain ya.. Pake lama pula' tuh

Balas

bener sekali tuh kang dede.. portugis sangat lama menjajah negeri kita.

hayooo siapa yang keturunan portugis...

Balas

Bahkan sampai ikutan urusan negeri kita setelah merdeka dengan adanya jajak pendapat di timor-timor sehingga timor-timor lepas dari Indonesia,,,
Manfaat banget Kang artikelnya hehe

Balas

yang paling lama adalah masa penjajahan belanda...dan bahkan sampai sekarang masih banyak orang tua yang sangat tidak suka dengan negara belanda...jadi kalau liat turis mereka bawaannya marah2 :D

Balas

mas eka: portugis atau belanda sih ? kayaknya dihitung2 belanda deh

Balas

Berkunjung lagi kesini mas... salam blogging....

Balas

walaupun negara kita dijajah oleh negara lain, Indonesia gak akan kalah kok soalnya Indonesia kan masih punya Angling Darma sama Mak Lampir, belom lagi si Gerandong yang sakti hhihihii...

Balas

Selama berabad-abad Nusantara dijajah dan dirampas kekayaanya dari tangan asing ya mas, hadeh, saking lamanya sampai sekarang bangsa kita gak bisa mandiri

Balas

ini dia saudaranya Anhar Gonggong.
#cium tangan

Balas

mana haji romli mana?

Balas

saya agak missed soal kolonialisasi Spanyol di sini Kang. secara mereka kan nggak ninggalin apapun ya, selain keterpesonaan kita atas para gadis spanyol.

Balas

lama banget ya kita dijajah. Bukan oleh satu negara saja kita dijajah, lebih dari satu negara :(

Balas

jangan cuman di hitung mang, tapi di amplopin.

Balas

bisa ngga..bisa juga hiyah. mang

Balas

salam peluk buat balitanya mang

Balas

salam peluk buat balitanya mang

Balas

Pak Muhammad : kayaknya mah Belanda Pak :D

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger