DESA CILEMBU

Nusantara zaman Prasejarah

Sejarah Nusantara berawal dari zaman prasejarah dimana berakhirnya zaman Es sekitar 10.000 tahun yang lalu (selanjutnya kita sebut sebagai Indonesia Jaman Prasejarah), saat itulah kepulauan Indonesia terbentuk menjadi sebuah wilayah yang berupa kepulauan, 
Nusantara zaman Prasejarah
hal ini dapat terjadi di akibatkan karena pergeseran tiga buah Lempeng benua, yag terdiri dari:
  1. Lempeng Eurasia,
  2. Lempeng Indo-Australia,
  3. Lempeng Pasific
Pada masa Pleistosen, wilayah kepulauan yang kini di kenal sebagai Nusantara/Indonesia masih terhubung dengan Asia Daratan, ini dibuktikan dengan di temukannya fosil-fosil Homo erectus manusia Jawa dari masa 2 juta sampai 500.000 tahun yang lalu  di Liang Bua, Flores.
Sejak 100.000 tahun yang lalu, Homo sapiens masuk ke Nusantara melalui jalur pantai Asia dari Asia Barat, pada sekitar 60.000 sampai dengan 70.000 tahun yang lalu telah dapat mencapai daratan pulau Papua dan Australia. Dengan demikian maka nenek moyang penduduk Papua berasal dari mereka yang berfenotipe kulit gelap dan rambut hitam ikal rapat dan membawa kultur kapak lonjong(jaman Paleolitikum) yang merupakan penduduk asli Melanesia.
Nusantara zaman Prasejarah
Sejak 3000SM datang secarabergelombang penduduk dari kultur Neolitikum yang menggunakan bahasa Austronesia, dari Cina Selatan melalui  Formosa dan Filipina membawa kultur beliung persegi(biasa di sebut dengan kebudayaan Dongson).
Gelombang kedatangan penduduk dengan ciri Monoloid ini cenderung lebih menuju kearah barat, dengan membawa kebudayaan dan pengetahuan yang lebih maju, seperti :
  • teknik-teknik pertanian, 
  • cara bercocok tanam, 
  • beternak kerbau dan binatang ternak lainnya
  • Pengolahan besi dan perunggu
  • teknik tenun
  • dan kebudayaan tentang pemujaan roh-roh (animisme) dan benda-benda keramat (dinamisme)
Pada abad pertama SM, telah terdapat pemukiman-pemukiman bahkan kerajaan-kerajaan kecil, berabad kini telah berlalu....jadilah kita diantaranya kemudian berada di sini di bumi INDONESIA
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/sejarah_Indonesia
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

SIMAK DAN BACA DULU ZAMAN PRA SEJARAH INI MANG HADI

Balas

Allahsiahey saya teh dapat Pertamax zigana mah. Menarik yah Mang mengenang masa Dulu Zaman Pra Sejarah itu. tetap semangat 45 ya Mang Lembu :-bd

Balas

saya lagi kesengsem sama mang saud..eh, sama Indonesia maksude'

Balas

Ijin nyimak juga ah abdi geh :D

Balas

Postingan tentang NUsantara Zaman Prasejarahnya mantep Kang, kayaknya lagi suka sama pelajaran sejarah nih xixixiii....

Balas

Aideeehhhh yg lagi kesesem :D

Balas

Wah si mamang lagi getol nie mengupas tuntas tentang sejarah, kalo waktu masih sekolah Sejarah pelajaran favorite saya kang, kenapa coba? Soalnya dari semua mata pelajaran sejarah lah yang nilainya paling gede buat saya hehehe... tapi kalo matematika ancuuuurrrr hehehehee....

Balas

sekalian...kan, kebetulan lagi nyusun tessis...hlaaa :D

Balas

pasti benci sama matematika..hiya kan...huh

saya guru matematika...tauuu!!

Balas

ngikuuutttt.... :D

Balas

Ho'oh terutama waktu SMA kang, kalo waktu SD sih ya gak ada masalah sama matematika, gak tau tuh males mikir :D

Balas
This comment has been removed by the author.

Maaf mas, komennya saya hapus, soalnya salah kamar kasih komennya hehehe..
Eh iya, baca postinngan ini saya jadi ingat lagi dengan pelajaran pra sejarah waktu sma dulu :)

Balas

nilai sejarah saya dulu selalu diatas rata2...jadi demen neh kalo nyimak postingan pra sejarah Indonesia

Balas

ga papalah, asal jangan malas kawin ajah

Balas

itu kan dulu...sekarang udah lupa semua kan pelajaran sejarahnya :)

Balas

Masa depan adalah tentangan, sejarah adalah misteri. Sejarah adalah hal yang paling saya suka, wah kalo saya beda pendapat ni mas lembu, menurut saya Indonesia adalah salah satu leluhur ras dunia, dan Indonesia dulu adalah ras superior yang dibodohi barat. Indonesia ditempa bencana besar, dan penduduknya ngungsi ke berbagai belahan dunia, :)

gpp ya beda pendapat, perbadaan itu mutlak dan indah, gak bisa bersatu tp tetep berdampingan, nice post...

Balas

hmmmmm,,, paingan atuh :D

Balas

Baca aja deh.. :D

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger