logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Sejarah Indonesia Era Kolonial

www.desacilembu.com
Sejarah Indonesia era kolonial ini adalah sub dari artikel utama Sejarah Indonesia. yang didalamnya terdapat juga sub artikel yang membahas tentang Sejarah Indonesia era Pra kolonial.
Sejarah Indonesia era kolonial, tersebutlah seorang Portugis bernama Alfonso de Albuquerque yang membuat nama Nusantara di kenal oleh bangsa Eropa, dari kabar berita yang di bawa Alfonso kemudian berbondong-bondonglah orang Eropa berdagang sekaligus membeli rempah-rempah, yang pada zaman itu setara dengan emas, yang lambat laun kemudian zaman itu disebut sebagai  zaman Kolonial yang berlangsung selama berabad-abad, terutama Inggris, Portugis dan Belanda.
Sejarah Indonesia era kolonial
Motivasi Kerajaan Portugis datang ke Asia adalah :
  1. Feitoria (Emas)
  2. Fortaleza (Kejayaan)
  3. Igreja (Gereja)/perdagangan, dominasi militer dan penyebaran agama Katolik.
Pada 10 Agustus 1511, Gubernur Portugis Kedua dari Estado da India memimpin ekspedisi ke Malaka melalui jalur Goa, dengan membawa 15 kapal besar dan kecil beserta membawa 600 tentara, dengan pasukannya itulah ekspedisi Portugis yang dipimpin oleh Antonio de Abreu ini mengalahkan Malaka, sejak itulah Portugis menguasai perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa
Sejarah perjalanan Maritim Portugis ini dapat di lihat di museum yang bernama Museu de Marinha yang didirikan oleh Raja Luis 22 Juli 1863.

Periode Kejayaan Portugis di Nusantara
Nusantara menjadi pelabuhan maritim penting bagi kerajaan Portugis untuk menuju ke Pulau Sumatera, Jawa, Banda dan Maluku.
Sekitar abad ke-15 zaman Kolonialisme dan Imperialisme di mulai dengan pendaratan bangsa Portugis yang mengalahkan Malaka dan Belanda di bawah pimpinan Cornellis de Houtman tahun 1596.
Baca juga : Indonesia zaman Prasejarah

Atas penguasaan rempah-rempah yang dilakukan Portugis dan bangsa eropa lainnya, maka terjadi perlawanan rakyat terhadap Portugis, seperti yang di lakukan oleh :
  • Perlawanan Rakyat Minahasa pada Portugis, tahun 1512 - 1560
  • Perlawanan Rakyat Malaka pada Portugis, tahun 1511 - 1513
  • Perlawanan rakyat Aceh pada Portugis, tahun 1554 - 1555
  • Perlawanan rakyat Maluku pada Portugis, tahun 1511 - 1570
Jejak sejarah Portugis di Nusantara dapat di saksikan di Solor, Flores dan Maluku, termasuk di Kampong Tugu, Jakarta adalah peninggalan budaya Portugis yang masih di lestarikan.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger