DESA CILEMBU

Sejarah Indonesia Era Kolonial

Sejarah Indonesia era kolonial ini adalah sub dari artikel utama Sejarah Indonesia. yang didalamnya terdapat juga sub artikel yang membahas tentang Sejarah Indonesia era Pra kolonial.
Sejarah Indonesia era kolonial, tersebutlah seorang Portugis bernama Alfonso de Albuquerque yang membuat nama Nusantara di kenal oleh bangsa Eropa, dari kabar berita yang di bawa Alfonso kemudian berbondong-bondonglah orang Eropa berdagang sekaligus membeli rempah-rempah, yang pada zaman itu setara dengan emas, yang lambat laun kemudian zaman itu disebut sebagai  zaman Kolonial yang berlangsung selama berabad-abad, terutama Inggris, Portugis dan Belanda.
Sejarah Indonesia era kolonial
Motivasi Kerajaan Portugis datang ke Asia adalah :
  1. Feitoria (Emas)
  2. Fortaleza (Kejayaan)
  3. Igreja (Gereja)/perdagangan, dominasi militer dan penyebaran agama Katolik.
Pada 10 Agustus 1511, Gubernur Portugis Kedua dari Estado da India memimpin ekspedisi ke Malaka melalui jalur Goa, dengan membawa 15 kapal besar dan kecil beserta membawa 600 tentara, dengan pasukannya itulah ekspedisi Portugis yang dipimpin oleh Antonio de Abreu ini mengalahkan Malaka, sejak itulah Portugis menguasai perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa
Sejarah perjalanan Maritim Portugis ini dapat di lihat di museum yang bernama Museu de Marinha yang didirikan oleh Raja Luis 22 Juli 1863.

Periode Kejayaan Portugis di Nusantara
Nusantara menjadi pelabuhan maritim penting bagi kerajaan Portugis untuk menuju ke Pulau Sumatera, Jawa, Banda dan Maluku.
Sekitar abad ke-15 zaman Kolonialisme dan Imperialisme di mulai dengan pendaratan bangsa Portugis yang mengalahkan Malaka dan Belanda di bawah pimpinan Cornellis de Houtman tahun 1596.
Baca juga : Indonesia zaman Prasejarah

Atas penguasaan rempah-rempah yang dilakukan Portugis dan bangsa eropa lainnya, maka terjadi perlawanan rakyat terhadap Portugis, seperti yang di lakukan oleh :
  • Perlawanan Rakyat Minahasa pada Portugis, tahun 1512 - 1560
  • Perlawanan Rakyat Malaka pada Portugis, tahun 1511 - 1513
  • Perlawanan rakyat Aceh pada Portugis, tahun 1554 - 1555
  • Perlawanan rakyat Maluku pada Portugis, tahun 1511 - 1570
Jejak sejarah Portugis di Nusantara dapat di saksikan di Solor, Flores dan Maluku, termasuk di Kampong Tugu, Jakarta adalah peninggalan budaya Portugis yang masih di lestarikan.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

indonesia di jajah karena sangat kaya dengan sumber daya alamnya ya kang.. sudah lama sekali ternyata indonesia dijajah bangsa portugis. padahal hanya membawa pasukan yang sedikit ya. tapi kok mampu menjajah...
Sampai sekarang pun negara kita masih dijajah nih kang..

Balas

siap...siapa...siapa yang berani menjajah kita...sinih..bilangin ke sayah..tak jitakin sekalian nih

Balas

luar biasa ya, sejarah masa lampau indonesia sangat sulit ya pak , jadi kita harus bersykur sekarang sudah bebas dan merdeka ;)

Balas

Sejarah mengajar kita supaya menghargai perjuangan orang-orang terdahulu...dan dengan belajar sejarah juga kita lebih menghargai erti kemerdekaan.
Saya ingat lagi semasa belajar sejarah di sekolah dulu...tahun 1511 Portugis menawan Melaka..dan Melaka terus berada dibawah jajahan Portugis sehingga Januari 1641. Kerana pada waktu itu..(tahun 1641), Melaka sudah pun ditawan oleh Belanda...harap-harap memori saya masih bagus :D :D
Terima Kasih atas perkongsian sejarah ni CT....

Balas

indonesia memang penuh dengan sejarah yg panjang

Balas

oooh...Indonesia ku

Balas

alhamdulillah jadi tahu sedikit2 tntang sjarah indonesia era kolonial nih ... lama g belajar sjarah

Balas

merdekaaa. smoga benr2 merdeka lahir batin

Balas

Salah satunnya Amerika kang, contohnya freeport. hehe. emang bisa jitakin amerika :P

Balas

wah ternyata negara sahabat pernah dijajah juga ya sama bangsa portugis...

Balas

saat itu Kang Hadi dimana? emang pernah ketemu sama Daendels?

Balas

saya dari dulu agak meragukan motif rempah2 atas kedatangan mereka sih Kang. masa' iya bisa bikin mereka berbondong2 mengarungi lautan hanya karena jahe dan lengkuas.

Balas

Sayangnya kekayaan alam belum sepenuhnya kita sendiri yang mengelola

Balas

jahe dan lengkuas pada jaman itu, bagaikan bidadari yang sekseih..tauu

Balas

alih teknologinya lemot ya kang

Balas

beliau kan uwa saya...tauu

Balas

sama...kang, saya juga

Balas

hiyah....kamu...


Pake gayanya si Dodit Mulyanto stand up comedy

Balas

baru..ngeh ya kang ;)

Balas

bisa dong...saya gitu loch...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger