logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Sejarah Indonesia Era pra Kolonial

www.desacilembu.com
Sejarah Indonesia Era pra Kolonial
Telah tertulis di dalam kitab kerajaan Hindu Jawa Dwipa dan kerajaan Hindu Swarnadwipa untuk kerajaan yang berada di pulau Sumatera, pada sekitar abad 200SM. Kerajaan Hinduisme yang ada di wilayah Nusantara(kemudiankita menyebutnya) yaitu dua kerajaan Tarumanagara yang menguasai wilayah jawa bagian barat, dan kerajaan Kutaidi pesisir sungai Mahakam, Kalimantan.
Sejarah Indonesia Era pra Kolonial
Kebudayaan dan peradaban Nusantara sebelum masuknya bangsa Eropa telah berkembang dengan sangat cepat, bahkan mencapai puncak kejayaannya pada dua kerajaan besar yang ada di Nusantara kala itu, yaitu kerajaan Sriwijaya yang menguasai Sumatera, dan kerajaan Majapahit yang berkuasa di pulau Jawa, perniagaan antar pulau telah dilakukan juga pada era Sejarah Indonesia Era pra Kolonial.

Kerajaan Hindu-Buddha
  • Wilayah Barat Pulau Jawa pada abad ke-4 hingga ke-7 beruasa kerajaanTarumanagara yang merupakan kerajaan yang bersorak Hindu-Buddha hingga berlanjut pada kerajaan Sunda hingga abad ke-16
  • Pada abad yang sama di Sumatera berkembang sangat pesat kerajaan yang bercorak budaya Hindu-Buddha pada kerajaan Sriwijaya yang menguasai hingga wilayah Jawa Barat hingga Semenanjung Melayu, dan kemudian kerajaan besar Sriwijaya dapat melakukan kerja sama dengan Tiongkok i Ching di sekitar tahun 670 M.
  • Pada abad ke-14, di Jawa Timur berdiri sebuah kerajaan bernama Majapahit dengan Patihnya bernama Gajah Mada antara tahun 1331 hingga 1364, kerajaan Majapahit justru berkembang lebih maju dengan menguasai hampir seluruh Nusantara dan hampir seluruh Semenanjung Melayu.
Warisan budaya dari masa kerajaan Majapahit pada masa patih Gajah mada ini meninggalkan kodifikasi hukum dan kebudayaan jawa yang hingga sekarang masih banyak di rayakan oleh masyarakat Jawa, tertuang dalam kitab Wiracarita Ramayana.

Kerajaan Islam
Islam sesungguhnya telah masuk ke Nusantara sejak abad ke-7 M, yang disebarkan melalui jalur pelayaran Selat Malaka yang menghubungkan Dinasti Tang di Cina, Sriwijaya di Adia tenggaradan Bani Umayyah di Asia barat.
Masuknya Islam yang di bawa oleh bangsa Arab yang berdagang ini ternyata membawa pengaruh sangat besar terhadap institusi politik yang ada kala itu. Raja Sriwijaya pertama yang memeluk Islam adalah raja Srindravarman pada tahun 720 M
Sejak itulah Islam justru semakin menguasai seluruh sendi-sendi budaya, hingga suatu saat dapat menggantikan Hindu-Buddha sebagai kepercayaan utama masyarakat kala itu, dengan demikian maka tidak heranjika kemudian muncul banyak sekali kesultanan Islam contohnya kesultanan Peureulak yang berdiri pada 1 Muharrm 225 H.
Kerajaan Islam besar yang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam pada Nusantara, diantaranya adalah :
  • Kerajaan Samudera Pasai
  • Kesultanan Banten
  • Kerajaan Mataram
  • Kerajaan lha
  • Kesultanan Demak
  • Kesultanan Ternate dan Tidoredi Maluku.
Sejarah Indonesia Era pra kolonial
    Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
    Print PDF
    ARTIKEL TERKAIT :
    Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
    NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »
    Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger