DESA CILEMBU

Sejarah Indonesia Era pra Kolonial

Sejarah Indonesia Era pra Kolonial
Telah tertulis di dalam kitab kerajaan Hindu Jawa Dwipa dan kerajaan Hindu Swarnadwipa untuk kerajaan yang berada di pulau Sumatera, pada sekitar abad 200SM. Kerajaan Hinduisme yang ada di wilayah Nusantara(kemudiankita menyebutnya) yaitu dua kerajaan Tarumanagara yang menguasai wilayah jawa bagian barat, dan kerajaan Kutaidi pesisir sungai Mahakam, Kalimantan.
Sejarah Indonesia Era pra Kolonial
Kebudayaan dan peradaban Nusantara sebelum masuknya bangsa Eropa telah berkembang dengan sangat cepat, bahkan mencapai puncak kejayaannya pada dua kerajaan besar yang ada di Nusantara kala itu, yaitu kerajaan Sriwijaya yang menguasai Sumatera, dan kerajaan Majapahit yang berkuasa di pulau Jawa, perniagaan antar pulau telah dilakukan juga pada era Sejarah Indonesia Era pra Kolonial.

Kerajaan Hindu-Buddha
  • Wilayah Barat Pulau Jawa pada abad ke-4 hingga ke-7 beruasa kerajaanTarumanagara yang merupakan kerajaan yang bersorak Hindu-Buddha hingga berlanjut pada kerajaan Sunda hingga abad ke-16
  • Pada abad yang sama di Sumatera berkembang sangat pesat kerajaan yang bercorak budaya Hindu-Buddha pada kerajaan Sriwijaya yang menguasai hingga wilayah Jawa Barat hingga Semenanjung Melayu, dan kemudian kerajaan besar Sriwijaya dapat melakukan kerja sama dengan Tiongkok i Ching di sekitar tahun 670 M.
  • Pada abad ke-14, di Jawa Timur berdiri sebuah kerajaan bernama Majapahit dengan Patihnya bernama Gajah Mada antara tahun 1331 hingga 1364, kerajaan Majapahit justru berkembang lebih maju dengan menguasai hampir seluruh Nusantara dan hampir seluruh Semenanjung Melayu.
Warisan budaya dari masa kerajaan Majapahit pada masa patih Gajah mada ini meninggalkan kodifikasi hukum dan kebudayaan jawa yang hingga sekarang masih banyak di rayakan oleh masyarakat Jawa, tertuang dalam kitab Wiracarita Ramayana.

Kerajaan Islam
Islam sesungguhnya telah masuk ke Nusantara sejak abad ke-7 M, yang disebarkan melalui jalur pelayaran Selat Malaka yang menghubungkan Dinasti Tang di Cina, Sriwijaya di Adia tenggaradan Bani Umayyah di Asia barat.
Masuknya Islam yang di bawa oleh bangsa Arab yang berdagang ini ternyata membawa pengaruh sangat besar terhadap institusi politik yang ada kala itu. Raja Sriwijaya pertama yang memeluk Islam adalah raja Srindravarman pada tahun 720 M
Sejak itulah Islam justru semakin menguasai seluruh sendi-sendi budaya, hingga suatu saat dapat menggantikan Hindu-Buddha sebagai kepercayaan utama masyarakat kala itu, dengan demikian maka tidak heranjika kemudian muncul banyak sekali kesultanan Islam contohnya kesultanan Peureulak yang berdiri pada 1 Muharrm 225 H.
Kerajaan Islam besar yang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam pada Nusantara, diantaranya adalah :
  • Kerajaan Samudera Pasai
  • Kesultanan Banten
  • Kerajaan Mataram
  • Kerajaan lha
  • Kesultanan Demak
  • Kesultanan Ternate dan Tidoredi Maluku.
Sejarah Indonesia Era pra kolonial
    Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
    Print PDF
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    46 komentar

    Cepet banget ya Mang LEMBU POSTING, Kaya nya tinggal copy langsung publish ada yang nulisin ya Mang? bagus kalau gitu..simak lagi sejarahnya Mang

    Balas

    Dapat Pertamax lagi deh saya di blognya Mang Hadi ini :-bd

    Balas

    dopingnya malam ini lagi bagus nih.

    Balas

    udah banyakpaket ubi yang terbang ke alamatnya...tunggu dengan sabar jaya ya kang :D

    Balas

    Semasa di sekolah, kami memang sudah memperlajari sejarah negara-negara di Asia, dan salah satunya yang paling saya minati adalah sejarah kerajaan lama Indonesia. Sejarah kerajaan dan kesultanan lama di Indonesia memang selalu menarik minat saya dalam memperluas bacaan. Moga sucess selalu CT :-)

    Balas

    kerajaan di indonesia banyak sekali ya mang.. kerajaan majapahit terkenalnya bukan di negara kita saja ya mang, ternyata hampir semua negara asean ya

    Balas

    Ilmu baru ni... terimakasih atas bacaanya,, Saya juga pernah denger selain tiongkok kerajaan besar di asia utara, Majapahit juga bertengger menguasai belahan asia selatan... nice share!!!

    Balas

    Ah yang di tunggu tak sabar sabar gimana coba

    Balas

    Seingat aku saat pelajaran di S1(SD maksudnya) yang membawa Islam masuk indonesia pertama kali adalah pedagang dari Gujarat India Sana. mana yang benar coba pedagang dari Arab atau India, atau benar dua duanya.

    Balas

    Dopingnya pake Sego Rong piring

    Balas

    mantep kayaknya dopingnya :D

    Balas

    Benar salah kita tidak tau yang mana, biasanya kita hanya mengikuti pendapat umum yang dipercayai masyarakat sehingga terbentuklah sejarah (yang dianggap benar) itu.

    Go Blogger... selamat pagi semua!!
    salam santun buat bang Admin, heee

    Balas

    owh, jadi Sejarah Pra Kolonial itu cirinya dengan berdirinya beberapa Kerajaan ya Kang... sepertinya pada jaman kerajaan2 pun orang2 kolonial katanya sudah masuk ke Nusantara hehehe...

    Balas

    Kok pinter banget masalah sejarah si Kang, gak karena umur yang udah banyak makan asam garam kehidupan prasejarah kan..
    Itu gambar patih Gajah Mada bukan?

    Balas

    tidak hanya sejarah ko' kang...saya emang pinter di segala bidang...hlaaaa....:D

    Balas

    betul, cuman masih belum menjajah, wong mereka berdagang ko' awalnya.

    Balas

    :) sambel goreng terasi plus pete muda kang

    Balas

    masa sekolah memang masa yang paling indah, makanya sampe ada lagunya kan...:D
    makasih mampirnya, oleh-oleh ubi cilembunya ngga lupa di bawa kan?

    Balas

    betul kang, hanya kerajaan Hastinapura saja yang bisa mengalahkan Majapahit, itu yang ada dalam mimpi saya tadi malem..;)

    Balas

    ini mah ilmu lama atuh kang...:D

    ilmu baru mah belom di ajarin sama gurunya ge'...:p

    Balas

    Kebetulan ada tugas nih dari sekolah, bisa nyontek sini aahhh

    Balas

    Alhamdullilah dapet ilmu baru disini :) saya paling suka baca sejarah tentang islam khususnya kesultanan Samudra pasai :D

    Balas

    saya suka kerajaan madangkara dong

    Balas

    ternyata Kang Hadi kalo dibikin patung keren juga tuh

    Balas

    sambal jlantah dong

    Balas

    kang lembu kalau posting memang selalu yang tercepat dah... :) macam pake turbo saja artikelnya itu... :D

    Balas

    banyar mas kalau mau nyontek di tempat kang lembu.. hehe

    Balas

    Aduh ... komen gak ya? ... bingung ... :p

    Balas

    tambah pengetahuan tentang sejarah indonesia nih. makasih ulasannya..

    Balas

    Waw, patung Gajah Mada nya keren ya kang, terlihat koko dan sangat garang :)

    Balas

    dari dulu mobil saya emang pake NOS tauuu...

    Balas

    kalau di suruh sabar ajah ngga mau...di jitak ajah lah :p

    Balas

    terserah mamang ajah atuh deh....ngga bakalan ngaruh juga ke saya ko'...:p

    Balas

    hiya bener, lagian salah atau bener...emangnya bakalan bisa nambahin uang belanja gituh?...ngga juga kan..:D

    Balas

    saya mah mau di bikin apaan juag emang udah keren dari lahirnya juga keyleess...

    Balas

    maklum kang...abang saya gitu loch...

    Balas

    siapapun kerajaannya..minumnya tetep teh botol katro.

    Balas

    kalau ngg punya duit buat bayar...ngga apa-apa deh, kaka cewenya buat saya..okeh

    Balas

    Abis dapat bocoran dari tetangga gak taunya kang hadi pernah jadi juru ya
    Pantesan gak heran dah

    Balas

    Banyak banget kerajaannya ya, Kang :D

    Balas

    Itu patung gajah mada ya kang?? saya punya banyak koleksi gambar gajah mada kang

    Balas

    tetangganya bocor kali itu mah ah...:D

    Balas

    tapi...tidak sebanyak cintaku padamu...hlaaaa :D

    Balas

    suka ya sama beliau...:D

    Balas

    Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger