DESA CILEMBU

Botram adalah

Tradisi masyarakat sunda yang tinggal di pedesaan, disebutnya botram artinya adalah makan bersama dengan para tetangga disebuah tempat, biasanya di dangau pinggir sawah atau biasa juga diberanda rumah salah satu warga, dengan menu makan ala kadarnya bahkan lebih sering menu makan yang tersaji di bawa oleh masing-masing warga sesuai kesepakatan,
Botram adalah
Menu yang dibawa oleh masing-masing peserta botram sesuai kesepatan, hanya :
  • sambel saja
  • nasi saja
  • daun-daun lalapan saja
  • Ikan teri saja
  • pete dan jengkol saja
  • tempe saja
  • tahu saja
  • kerupuk saja
  • dan apapun sesuai dengan kesepakatan, masing-masing satu item menu
Terkadang botram dilakukan oleh salah satu warga yang memang sengaja menyediakan segala menu makan secara lengkap dan para tetangga hanya mendapatkan undangan untuk mengikuti acara botram di halaman rumahnya, asiknya botram, biasanya jika ada tetangga yang lewat sepulang bertani dikebun, disawah dan atau pulang dari ladang, oleh peserta botram suka di paksa untuk mampir dan ikutan botram.
Botram adalah

Manfaat Botram
  • Makan jadi lahap, walaupun menunya ala kadarnya
  • Tali silaturahmi antar tetangga semakin erat
  • Informasi baru akan dapat segera tersosialisasikan
  • Gosip terbaru dapat segera diketahuiTempat untuk Curhat
  • Memudahkan untuk kasbon pada tetangga, jika sedang bokek
  • Sarana dagang/bisnis
Botram emang makjleb-lah pokokna mah, maka botramlah selalu

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

cutik dulu ah ntu gorengannya ,,,,,

Balas

ntu bawa dimari ngapa mang lembu, jadi dipajang mulu ,,,, :D

Balas

Waduh, enak sekali itu mas Sambel trasinya....Boleh nyoba ni kang? :D

Sukses Folbacknya kang...

Balas

sekalian capluk ajah ngapah tempenya gih

Balas

luah bujug dah ya..mo pegimana lagih,coba ;)

Balas

Lho lho lho, Followernya dimna kang? Saya pikir sudah terlihat makanya sung bilang Follback Sukses, eee....taunya plah ga ada...:(

Balas

botram pake sambel terasi di cocol pete maknyes banget kang.

rambutnya palsu ya kang :p

Balas

lah ilok ah...pasti klik nyeng di sidebar ya, noh di blah atas noh di laman...uet dah ah :D

Balas

Tempe nya nampak enak...
Bagus ya..dapat makan bersama tetangga...mengerat silaturrahim..sambil dapat tahu gosip terkini.. :)

Balas

Udah Saya Follow lewat Blog Ane kang, nyari2 dari tadi kagak ketemu...:(

Tapi sudah beres koq...:D

Balas

:D
suka tempe juga kah?
di sana ada adat istiadat seperti ini ngga bu?

Balas

TRADISI KEMASYAKATAN YG SGT BAGUS...MESRA BERKOMUNITI WALAU ACARANYA MAKAN2 SEDERHANA...

Balas

wah.. ini makananya merakyat banget ya kang, semua menunya kesukaanku cuman jengkol aja yang belum pernah makan, haha

mampir ya dipostq yg baru :)

Balas

Ya..suka tempe..dan di sini senang nak dapatkan tempe

Tapi...istiadat seperti botram macam tak ada..

Balas

:D kliatan banget rambut palsunya yang unik di kotak follower saya nya kang. haturnuhun yah

Balas

Berati botram adalah makan bareng yah.

Balas

hehehehe, oh iya ,,, knp gk sekalian di capluk aja coba ,,,,

Balas

xixixixixixix ,,,,, lieur ,,,,,

Balas

Baru tau istilah nya ini, makan rame2 bareng2 ama tetangga. Kayak kalo lagi malam 17 agustusan gitu yaaa suka ada acara syukuran makan bareng2 hahaha

Balas

kesederhanaan yang indah namanya kan

Balas

jengkol lebih lezat daripete kang apalagi kalau di semur

Balas

istilah orang sunda di desa botram

Balas

kalo ngaliwet di sebut juga botram ngga kang? kan itu ge sama dilakukan dengan warga sekitar :d wkwkwk

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger