DESA CILEMBU

Cara Mengenali Hama Lanas

Ubi Cilembu SumedangBagi para pedagang Ubi Cilembu (yang baru) bukan asli warga Cilembu yang pada dua tahun terakhir cukup banyak mencoba berdagang Ubi Cilembu diwilayahnya masing-masing, seperti Palembang, Pekan Baru, hingga Lampung, bahkan toko ubi cilembu  di Bali banyak dimiliki dan dikelola langsung oleh orang Bali.
Dari sekian banyak yang bisnis Ubi Cilembu (pedagang baru khususnya),diantaranya cukup banyak yang, dikecewakan oleh oknum distributor Ubi Cilembu, karena kurang teliti dan masih belum paham cara mengenali hama lanas ubi cilembu.
Yang harus diperhatikan untuk mengenali hama lanas yang baru diterima, adalah :
  1. Keluarkan Ubi dari keranjang, diangin-anginkan dengan cara disusun (tidak bertumpuk),
  2. Pada saat menyusun itulah, pergunakan sambil melihat apakah ada ciri-ciri lanas seperti penjelasan di bawah.
  3. Perhatikan  
Baca juga 
Cara Mengenali hama lanas 
Ciri-ciri Ubi Cilembu kena hama Lanas (Boleng)
Perhatikan gambar no. 1a, 1b dan 1c, Ubi Cilembu yang memiliki bintik hitam dan disekitarnya berwarna hitam
Cara Mengenali hama lanas
1a. Hama lanas Ubi Cilembu yang bisa saja menyerang dalam perjalanan
Cara Mengenali hama lanas
1b. perhatikan lanas yang terlihat
Cara Mengenali hama lanas
1.c Hama lanas Ubi Cilembu stadium tragis.
Potong Ubi yang terkena hama Lanas, untuk mengenali lebih dalam lagi tentang ciri ubi cilembu terkena hama lanas (boleng), perhatikan gambar di bawah, kira-kira begitulah yang terjadi pada ubi Cilembu yang terkena Hama Lanas
Cara Mengenali hama lanas
Cara Mengenali hama lanas
Pisahkan dan segera di buang Ubi Cilembu yang terkena hama lanas (boleng), karena jika dibiarkan berada dalam keranjang atau ubi lainnya yang belum terserang hama lanas, dalam tempo 24 jam, maka hama lanas tersebut akan menyebar pada ubi-ubi Cilembu lainnya.

Ubi Cilembu lanas terlanjur di oven maka akan terlihat daging ubinya berwarna hitam, keras, dan terasa sangat pahit. sebaiknya urungkan untuk menjual jika terlihat ciri seperti ini
Cara Mengenali hama lanas
Semoga setelah memahami Cara Mengenali hama lanas Ubi Cilembu, maka kualitas produk dan kualitas kita sebagai pedagang ubi cilembu semakin diakui dunia.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Ngeri banget kalau salah makan Uni yang ada Lanasnya. Mana nyebar lagi. Nyebarnya mirip rayap gitu yah.
---
Ahay pertamax sebelum masuk tahun baru. Pak ngemeng-ngemeng, sistem kolom komentarnya juga berubah yah? kemarin kalau gak salah pakai google plus. Benar itu bisa diimpor komentar yang di google plus ke sistem komentar ini.

Balas

ubi yang kena hama lanas kalau dimakan rasanya pahit ya kang, kalau disayamah bagus tuh buat perang lewat tembakan angin ... bau banget he

Balas

lanas memang bisa bikin bokek kantong saya ;)

di Impor bisa aja kang tergantung akang berani bayar berapa kesayahnyah?

Balas

senapan anginnya diarahin ke mang yono ajah biar mamang yang kebau an..:)

Balas

Hama lanas itu sejenis serangga ya mang??
Ubi Cilembu memang terkenal, sayang banget klo dipasaran banyak penjual ubi Cilembu yang terserang hama lanas. bisa nurunin kualitas dan nama ubi Cilembu tersebut.

Balas

maka, seringlah berkunjung ke blog ini agar dagangannya tetap selalu terjaga kualitasnya ;)

Balas

Saya masih awam dengan ubi cilembu ini. Apakah ubi cilembu biasa yang disebut ubi madu itu ya mas. Saya pernah makan ubi madu yang dibeli dari daerah sidoarjo dan rasanya manis. Ada cairan seperti madu didalamnya saat ubi masak di kukus.

Balas

ini ahlinya, penjelasan disertai bukti, rugi dong kalo beli yang lanas..
dikirim langsung dari mang lembu dijamin berkualitas..

Balas

gak kebayang mas kalo pas lagi makan ubi ehh ada lanas nya...hehehe

Balas

Tutup tahun ini dengan senyuman dan sambut tahun baru dengan semangat, hari baru, tahun baru, semangat baru, Selamat tahun Baru 2015 saudara/i ku...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger