logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Dampak Energi Panas Bumi

www.desacilembu.com
Dampak lingkungan atas pemanfaatan energi panas bumi untuk tenaga listrik memang jika di lakukan tidak dengan hati-hati dengan menempatkan staf ahli yang berpengalaman serta di lakukan secara sembarangan dampaknya akan sangat signifikan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar pengeboran/penambangan energi panas bumi ini. contoh dampak lingkungan yang dapat kita lihat dan hingga kini belum juga dapat di atasi akibat dari pengeboran energi panas bumi yang di lakukan secara sembarangan dan tidak di lakukan secara hati-hati oleh orang-orang yang kurang memiliki kompetensi adalah munculnya lumpur Lapindo di Sidoarjo.
Dampak Energi Panas Bumi
Contoh lain yang pernah terjadi akibat dampak yang terjadi dari pemanfaatan energi panas bumi ini,
  1. Amblasnya tanah yang terjadi di Wairakei di Selandia baru
  2. Gempa berkekuatan 3,4 SR di Bassel, Swiss
  3. Pengangkatan tektonik di proyek energi panas bumi di Staufen im Breisgau, Jerman
Dampak energi panas bumi terhadap lingkungan dapat terjadi karena fluida yang di tarik dari dalam bumi akan membawa beberapa gas seperti:
  • Karbondioksida(CO2)
  • Hidrogen sulfida(H2s),
  • Metana(CH4), dan 
  • Amonia(NH3)
Gas-gas tersebut jika tidak berhati-hati dapat terlepas dan dapat menyumbangkan pada pemanasan global, hujan asam dan bau yang tidak sedap dan beracun. Pembangkit listrik tenaga panas bumi yang ada diseluruh dunia pada saat ini rata-rata mengeluarkan 40 kg CO2 per megawatt-jam(MWh), hanya sedikit lebih sedikit dari emisi pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil konvensional.
Secara teoritis pembangkit listrik tenaga panas bumi dapat menyuntikkan kembali gas-gas berbahaya tersebut di atas ke dalam perut bumi sebagai bentuk penangkapan dan penyimpanan karbon, selain gas-gas tersebut dapat terlarut, air panas dari sumber panas bumi tersebut juga mengandung sejumlah kecil bahan kimia beracun seperti, merkuri, arsenik, boron, garam-garam kimia dan antimon, jika bahan kimia tersebut terlepas saat air menjadi dingin dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Dampak positif pemanfaatan energi panas bumi untuk tenaga listrik.
Tetapi di jaman modern dan canggih seperti sekarang ini, hal-hal diatas yang terjadi dari dampak pemanfaatan energi panas bumi untuk tenaga listrik ini telah dapat di atasi.
  1. Pembangkit energi panas bumi tidak memerlukan bahan bakar, sehingga tidak akan berpengaruh atas harga bahan bakar.
  2. Pembangkit listrik tenaga panas bumi membutuhkan luas lahan hanya 404 meter persegi per GWh, bandingkan dengan kebutuhan lahan yang di perlukan untuk pembangkit listrik batubara yang membutuhkan lahan 3000 hingga 10000 meter persegi dan pembangkit energi panas bumi ini hanya membutuhkan jumlah air tawar yang minimal dengan hanya menggunakan 20 liter air tawar per MWh, sementara jika untuk pembangkit listrik tenaga nuklir, batubara atau minyak membutuhkan 1000 liter air tawar per MWh
Chevron Corporation adalah perusahaan swasta penghasil energi panas bumi terbesar di dunia. Ladang panas bumi yang paling maju adalah yang di miliki oleh Calpine, The geyser di California yang pada tahun 2008 mampu menampung 15 unit pembangkit dengan kapasitas 725 MW
Bagaimana pendapat temen-temen tentang Dampak Energi Panas Bumi ini?
http://id.wikipedia.org/wiki/Pembangkit_listrik_tenaga_panas_bumi
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger