DESA CILEMBU

Isi Surat Mendikbud Tentang Implementasi Kurikulum 2013

Penghentian Kurikulum 2013 oleh Anies Baswedan, Mendikbud pada Kabinet Kerja Jokowi - JK, Senin (8/12/2014), telah mengirim surat edaran Nomor : 179342/MPK/KR/2014 tentang implementasi Kurikulum 2013 yang di berikan kepada 6.326 sekolah di seluruh Indonesia. Isi Surat Mendikbud Tentang penghentian dan atau Implementasi Kurikulum 2013(K13) yang di lansir oleh Kemendikbud,  berisi tiga poin utama yang dapat di sesuaikan dengan lamanya waktu Kurikiulum 2013 yang telah diterapkan pada sekolah-sekolah tersebut, dengan beberapa penjelasan, 
Isi Surat Mendikbud Tentang Implementasi Kurikulum 2013
  1. Menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang baru menerapkan Kurikulum 2013 selama satu(1) semester, yaitu sejak tahun pelajaran 2014 - 2015. Sekolah-sekolah tersebut supaya segera mengehntikan Kurikulum 2013 dan segera kembali menggunakan Kurikulun 2006 mulai semester genap tahun pelajaran 2014 -2015. Penjelasan Menteri mendukbud Anies Baswedan pada poin ini adalah di landasi kenyataan dan fakta bahwa berbagai konsep di dalam Kurikulum 2013 sesungguhnya telah ada dan terakomodasi dalam Kurikulum 2006, seperti contohnya, untuk penilaian autentik, pembelajaran tematik terpdu, dan konsep-konsep lainnya, tinggal bagaimana para guru untuk dapat mengembangkan metode pembelajaran di kelas, di tuntut kepada para guru untuk kreativ dan berani berinovasi dan sedikit sedikit untuk keluar dari praktek-praktek pembelajaran gaya lama.
  2. Tetap menerapkan Kurikulum 2013 kepada sekolah-sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 selama tiga(3) semester, yaitu sejak tahun pelajaran 2013 - 2014dan menjadikan sekolah-sekolah tersebut sebagai sekolah percontohan dan pengembangan penerapan Kurikulum 2013. Catatan yang di berikan oleh Kementrian Pendidiakn adalah, jika sekolah tersebut keberatan menjadi sekolah percontohan dan ingin kembali menggunakan Kurikulum 2006 dengan alasan karena ketidak siapan dan demi kepentingan para siswa dan guru juga kepentingan orang tua siswa, dapat mengajukan diri kepada Kemendikbud untuk mendapatkan pengecualian.
  3. Mengembalikan tugas pengembangan Kurikulum 2013 kepada Pusat Kurikulum dan perbukuan. Kemendikbud menegaskan untuk pengembangan kurikulum tidak ditangani oleh tim adhoc yang bekerja hanya dalam jangka pendek.
Kemendikbud Anies Baswedan menegaskan bahwa Kurikulum 2013 kan di kaji ulang dan akan di lakukan perbaikan-perbaikan mendasar agar dapat di jalankan dengan baik oleh guru-guru di dalamkelas, yang di harapkan kelak akan dapat dan mampu menjadikan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan baik bagi siswa, guru dan orang tua siswa, jika hal ini dapat dilakukan oleh semua yangt terkait dalamhal tersebut diatas maka kemajuan pendidikan secara teknis akan di rasakan langsung oleh para siswa dan guru.

Agar tidak stres, baca juga Kalung Gigi Manusia

Demikian Isi Surat Mendikbud Tentang Implementasi Kurikulum 2013, semoga kepada yang belum sempat membaca, menjadi tahu. 
mampir deh yu ke situs resminya kang Anies
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

dana yang dikeluarkan untuk biaya kurikulum 2013 jadi sia sia ya. kasiahan juga anakku yang udah menjalankan satu semester dengan nilai bangus jadi tak ada apresiasi hiks hiks... tapi demi pendidikan indonesia tetap semangat..!!

Balas

gue sih terserah kurikulum 2013 mau diapain...
gue ngajarnya kelas 3 ~~~ masih KTSP :D

Balas

Waduh kok Penghentian Kurikulum 2013... padahal anak saya bagus tuh pelajaran Kurikulum 2013.... Ya, sudahlah

Balas

Sekolah saya kok belum di hentikan yaa kang? Tolong dong kang hentikan K13, kasihan adek-adek saya di sekolah pada planga-plongo doang hehehehe

Balas

Tumpang baca saja di sini...

p/s : Jika stress...saya baca mengenai Kalung Gigi Manusia :)

Balas

trus menurut kang lembu,perubahan kurikukulum ini termasuk langkah mundur apa maju?

Balas

betul banget, semangat harus terus dipacu sampai titik darah yang terakhir agar anaknya tambah cakep :D

Balas

Semoga dengan di tiadakan kurikulum itu para siswa tetap semamngat dalambelajar yaMang?

Balas

Masya Allah Mamang saking semangetnya sampai taruhandarah segal.. sabar ya Mang semua nya akan segera ter realisisasi kan saya sudah kasih surat tembusan pada Bapak Presiden JOKOWI.. Menanggapi sisi surat Mendikbud itu :-bd

Balas

lagi-lagi kurikuluim harus meninggalkan jabatannya ya mas, tapi doa saya semoga pergantian kurikulum yang baru anntinya lebih baik lagi harusnya :D

Balas

tumben nih kang lembu hari hari ini artikelnya irit, dolarnya berkurang dong.. alexanya turun naik deuih.. so tau yah hehe.. mungkin karena kurikulumnya kembali ke 2006

Balas

karena yang ambil keputusan adalah sepupu saya kang Anies, tentu saya mendukung sepenuh jiwa, tentu langkah maju dong...hlaaa :D

Balas

hiyah nih, kalau bahasa abegehnya mah, cape deh...:D

Balas

lebih baik menyempurnakan kurikulum yang telah ada pak, daripada sotoy bikin kurikulum baru tapi ngasal doang mah, tebang ngabisin duit saya doangan tuh. ;)

Balas

kalau gurunya ngga pusing tentu siswanya juga bakalan semangat atuh kang, membenahi kekurangankurikulum 2006 lebih baik dari pada kurikulum baru tapi banyak perkeliruannya, coba?

Balas

bagus kan kalung gigi manusianya..:)

Balas

tahun depan bapak guru edotz bakal di pindahin ke kelas enam kata kepseknya tuh ;)

Balas

anak mamang emang pinter, bukan terpengaruh sama Kurikulumnya ko' mang ;)

Balas

hayo..bantu saya, ikutin kata-kata saya ya mang, K13, K13, K13nya mau jadi apa...hayo ikutinnya yang keras yah :D

Balas

terimakasih kang telah meringankan kakak sepupu saya kang Anies, anak muda memang harus sigap dan gesit dan siap siaga membantu kerja kakak sepupu saya itu.
terimakasih,h atur nuhun atuh yah

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger