logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Isi Surat Mendikbud Tentang Implementasi Kurikulum 2013

www.desacilembu.com
Penghentian Kurikulum 2013 oleh Anies Baswedan, Mendikbud pada Kabinet Kerja Jokowi - JK, Senin (8/12/2014), telah mengirim surat edaran Nomor : 179342/MPK/KR/2014 tentang implementasi Kurikulum 2013 yang di berikan kepada 6.326 sekolah di seluruh Indonesia. Isi Surat Mendikbud Tentang penghentian dan atau Implementasi Kurikulum 2013(K13) yang di lansir oleh Kemendikbud,  berisi tiga poin utama yang dapat di sesuaikan dengan lamanya waktu Kurikiulum 2013 yang telah diterapkan pada sekolah-sekolah tersebut, dengan beberapa penjelasan, 
Isi Surat Mendikbud Tentang Implementasi Kurikulum 2013
  1. Menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang baru menerapkan Kurikulum 2013 selama satu(1) semester, yaitu sejak tahun pelajaran 2014 - 2015. Sekolah-sekolah tersebut supaya segera mengehntikan Kurikulum 2013 dan segera kembali menggunakan Kurikulun 2006 mulai semester genap tahun pelajaran 2014 -2015. Penjelasan Menteri mendukbud Anies Baswedan pada poin ini adalah di landasi kenyataan dan fakta bahwa berbagai konsep di dalam Kurikulum 2013 sesungguhnya telah ada dan terakomodasi dalam Kurikulum 2006, seperti contohnya, untuk penilaian autentik, pembelajaran tematik terpdu, dan konsep-konsep lainnya, tinggal bagaimana para guru untuk dapat mengembangkan metode pembelajaran di kelas, di tuntut kepada para guru untuk kreativ dan berani berinovasi dan sedikit sedikit untuk keluar dari praktek-praktek pembelajaran gaya lama.
  2. Tetap menerapkan Kurikulum 2013 kepada sekolah-sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 selama tiga(3) semester, yaitu sejak tahun pelajaran 2013 - 2014dan menjadikan sekolah-sekolah tersebut sebagai sekolah percontohan dan pengembangan penerapan Kurikulum 2013. Catatan yang di berikan oleh Kementrian Pendidiakn adalah, jika sekolah tersebut keberatan menjadi sekolah percontohan dan ingin kembali menggunakan Kurikulum 2006 dengan alasan karena ketidak siapan dan demi kepentingan para siswa dan guru juga kepentingan orang tua siswa, dapat mengajukan diri kepada Kemendikbud untuk mendapatkan pengecualian.
  3. Mengembalikan tugas pengembangan Kurikulum 2013 kepada Pusat Kurikulum dan perbukuan. Kemendikbud menegaskan untuk pengembangan kurikulum tidak ditangani oleh tim adhoc yang bekerja hanya dalam jangka pendek.
Kemendikbud Anies Baswedan menegaskan bahwa Kurikulum 2013 kan di kaji ulang dan akan di lakukan perbaikan-perbaikan mendasar agar dapat di jalankan dengan baik oleh guru-guru di dalamkelas, yang di harapkan kelak akan dapat dan mampu menjadikan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan baik bagi siswa, guru dan orang tua siswa, jika hal ini dapat dilakukan oleh semua yangt terkait dalamhal tersebut diatas maka kemajuan pendidikan secara teknis akan di rasakan langsung oleh para siswa dan guru.

Agar tidak stres, baca juga Kalung Gigi Manusia

Demikian Isi Surat Mendikbud Tentang Implementasi Kurikulum 2013, semoga kepada yang belum sempat membaca, menjadi tahu. 
mampir deh yu ke situs resminya kang Anies
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger