DESA CILEMBU

Jenis Pembangkit Panas Bumi

Energi Panas Bumi sebagai sumber energi terbarukan merupakan sumber energi alternatif dimasa mendatang yang dapat mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil yang persediaannya semakin menipis,oleh karena hal tersebut, maka energi panas bumi yang dimiliki oleh Indonesia yang sampai saat ini belum secara maksimal di ekploitasi, padahal potensi serta persediaan energi panas bumi  yang tersebar di 26 provinsi dan terdapat di 275 pegunungan yang ada di wilayah Indonesia, pada tanggal 28 Agustus 2014 RUU telah di sahkan oleh DPR RI menjadi UU tentu menjadi potensi yang sangat besar yang sepatutnya mulai sekarang harus digali agar kita terlepas dari ketergantungan pada BBM fosil.
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Sebagai tambahan pengetahuan bagi kita calon penerus negeri ini, sudah sepatutnyalah untuk mengetahui Jenis pembangkit panas bumi apa saja yang dapat di terapkan.
Pada prinsipnya pembangkit listrik tenaga panas bumi sama dengan pembangkit listrik termal berturbin uap ataupun yang lainnya, panas dari inti bumi digunakan untuk memanaskan air atau fluidadi gunakan untuk memutar turbin generator sehingga menghasilkan listrik, fluida tersebut kemudian didinginkanlalu di kembalikan lagi ke sumber panas.
  1. Pembangkit Uap Kering, merupakan rancangan yang paling sederhana, dalam sisten ini uap panas bumi bersuhu 150 derajat celcius atau lebih digunakan untuk memutar turbin.
  2. Pembangkit flass steam, mengambil air panas bertekanan tinggi dari kedalaman bumi masuk ke tangki bertekanan rendah lalu menguapkan uap yang dihasilkan untuk memutar turbin, sistem ini membutuhkan fluidabersuhu kurang dari 180derajat celcius lebih, jenis pembangkit ini banyak di pakai saat ini.
  3. Pembangkit siklus biner, adalah pembangkit yang terbaru yang memungkinkan suhu terendah fluida hingga 57 derajat celcius yang kemudian dalirkan melewati fluida sekunder yang memiliki jauh dari titik didih air sehingga dapat menguapkan fluida yang dapat digunakan untuk memutar turbin pembangkit listrik yang lebih efisien
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Pembangkit Uap kering
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Pembangkit Flass steam
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Pembangkit Siklus binner 
Keterangan:
  1. Permukaansumur
  2. Permukaan tanah
  3. Generator
  4. Turbin
  5. Kondensor
  6. Penukar panas
  7. Pompa
  • Warna merah, Air panas
  • Warna biru, air dingin
  • Warna oranye, Uapisobutana
  • Warna coklat, cairan isobutana
Saat ini total kapasitas dunia hingga tahun 2007 adalah 9.731,9 Mw dan yang tercatat pada tahun 2010 total kapasitas energipanas bumi dunia adalah 10.709,7 Mw.

Bagaimana menurutmu tentang suguhan Jenis Pembangkit Panas Bumi ini?
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

bagus kalau di kembangkan Kang

Balas

Het dah Mang Lembu lagi ngeebut terus postingan Mang..kaya nya cepet bingit Mang saya seharianbikin artikel Mamang mah satu jam kelar. apa rahasianya coba..?

Balas

Ngebaca doank.. :'

Balas

Kalau Soal jenis jenis Pembangkit Panas Bumi . saya kurang paham betul. simak dan baca sambil ronda pagi ya Mang..? salam ngebut salam blogging :-bd

Balas

Saya nyapaMbak Beby aja deh :)

Balas

pembangkit uap kering masuk juga ya ternyata :O

Balas

nanti saya coba buat dirumah.. :)

Balas

Kalau ini jadi, kira-kira bakalan sering mati listrik lagi gak yah

Balas

lama nian g kemari...langsung saja nyimak artikelnya ya mas ci...maaf, lama g bisa BW nan sama teman2 lainny... :)

Balas

silahkan di icip-icip panas buminya mang

Balas

rahasianya gampang ko mang....perbanyaklah hutang ke Bank-Bank terdekat

Balas

jangan pada sambil ngupil yah. ;)

Balas

memang panas bumi merupakan sumber energi yang terbarukan. tapi kalau berbicara gunung, di kalimantan hanya bukit, mungkin gak ya ada panas buminya. miris juga ketika baca ada di 26 provinsi dan terdapat di 275 pegunungan. kan bukan perbukitan gan. terus yang jadi permaqsalahan sekarang, panas bumi memang melimpah, namun sdm untuk mengeksplorasi (maaf bukan mengeksploitasi) buat dimanfaatkan itu di indonesia ada berapa banyak, akhirnya masing-masing daerah hanya berharap dan pelaksanaannya dikuasi asing lagi kan? menurut anda bagaimana?

Balas

uap kering...ada juga ya?

Balas

bikin panasbumi nya jangan di rumah kang, mendingan di gunung Bromo ajah, gimana

Balas

tetep kang, abisnya telat mulu beli pulsa listriknya seh:D

Balas

sama kang, saya juga jarang bewe, kolom komentarnya di tutup ya kang?

Balas

hehehe...hiyah, maksud saya juga begitu, salah ketik itu mah kang...hlaaa ngeles banget kan.
kalm atuh kang, kalimantan akan saya pasok dari Jawa...kita kan bersodara.

besok ngga akan begitu lagi, kan menteri esdm nya bukan mang jero lagi :D

Balas

Ternyata ilmu harus digali
seperti jenis panas bumi
Yang baru aku ketahui
Dari uap artikelmu ini

Balas

Hahah iya benar. Tapi memang iya sih panas bumi itu potensi besar sebagai pembangkit listrik.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger