logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Jenis Pembangkit Panas Bumi

www.desacilembu.com
Energi Panas Bumi sebagai sumber energi terbarukan merupakan sumber energi alternatif dimasa mendatang yang dapat mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil yang persediaannya semakin menipis,oleh karena hal tersebut, maka energi panas bumi yang dimiliki oleh Indonesia yang sampai saat ini belum secara maksimal di ekploitasi, padahal potensi serta persediaan energi panas bumi  yang tersebar di 26 provinsi dan terdapat di 275 pegunungan yang ada di wilayah Indonesia, pada tanggal 28 Agustus 2014 RUU telah di sahkan oleh DPR RI menjadi UU tentu menjadi potensi yang sangat besar yang sepatutnya mulai sekarang harus digali agar kita terlepas dari ketergantungan pada BBM fosil.
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Sebagai tambahan pengetahuan bagi kita calon penerus negeri ini, sudah sepatutnyalah untuk mengetahui Jenis pembangkit panas bumi apa saja yang dapat di terapkan.
Pada prinsipnya pembangkit listrik tenaga panas bumi sama dengan pembangkit listrik termal berturbin uap ataupun yang lainnya, panas dari inti bumi digunakan untuk memanaskan air atau fluidadi gunakan untuk memutar turbin generator sehingga menghasilkan listrik, fluida tersebut kemudian didinginkanlalu di kembalikan lagi ke sumber panas.
  1. Pembangkit Uap Kering, merupakan rancangan yang paling sederhana, dalam sisten ini uap panas bumi bersuhu 150 derajat celcius atau lebih digunakan untuk memutar turbin.
  2. Pembangkit flass steam, mengambil air panas bertekanan tinggi dari kedalaman bumi masuk ke tangki bertekanan rendah lalu menguapkan uap yang dihasilkan untuk memutar turbin, sistem ini membutuhkan fluidabersuhu kurang dari 180derajat celcius lebih, jenis pembangkit ini banyak di pakai saat ini.
  3. Pembangkit siklus biner, adalah pembangkit yang terbaru yang memungkinkan suhu terendah fluida hingga 57 derajat celcius yang kemudian dalirkan melewati fluida sekunder yang memiliki jauh dari titik didih air sehingga dapat menguapkan fluida yang dapat digunakan untuk memutar turbin pembangkit listrik yang lebih efisien
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Pembangkit Uap kering
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Pembangkit Flass steam
Jenis Pembangkit Panas Bumi
Pembangkit Siklus binner 
Keterangan:
  1. Permukaansumur
  2. Permukaan tanah
  3. Generator
  4. Turbin
  5. Kondensor
  6. Penukar panas
  7. Pompa
  • Warna merah, Air panas
  • Warna biru, air dingin
  • Warna oranye, Uapisobutana
  • Warna coklat, cairan isobutana
Saat ini total kapasitas dunia hingga tahun 2007 adalah 9.731,9 Mw dan yang tercatat pada tahun 2010 total kapasitas energipanas bumi dunia adalah 10.709,7 Mw.

Bagaimana menurutmu tentang suguhan Jenis Pembangkit Panas Bumi ini?
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger