DESA CILEMBU

Konservasi dan Efisiensi Panas Bumi

Energi Panas Bumi yang beberapa waktu sebelumnya telah di suguhkan seperti pada artikel RUU Panas bumi yang baru pada tanggal 28 agustus 2014 di sahkan DPR RI dan sejarah panas bumi, selain terdorong oleh masih banyakknya demonstrasi karena imbas dari kenaikan BBM yang sampai saat ini masih marak, juga karena ternyata tayangan media televisi dan informasi yang di dapatkan ternyata bahwa energi panas bumi yang sangat banyak dan sangat mencukupi kebutuhan Indonsia belum secara maksimal pengolahan dan pemanfaatannya di lakukan oleh Indonesia, padahal energi panas bumi yang merupakan energi terbarukan ini sangat ramah lingkungan dan merupakan energi yang tidak mudah habis tidak seperti cadangan Bahan Bakar Minyak yang menurut prakiraan Pertamina hanya akan dapat mencukupi kebutuhan hingga tahun 2025. 
Konservasi dan Efisiensi Panas Bumi
Dengan pemanfaatan panas bumi kita akan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak hingga di harapkan dapat menghemat cadangan minyak bumi.
Konservasi dan Efisiensi Panas Bumi
Keunggulan Energi Panas Bumi
Konsumsi 1 MWh di perlukan 1,7 barel BBM, 390 kg batubara dan 7,9 Mcf natural gas, penghematan 1 MWh pembangkit listrik tenaga panas bumi di perkirakan dapat menghemat pemabakaian BBM setara 45 barel per hari. Sebagai energi yang terbarukan, panasbumi dapat menjadi andalan sebagai pasokan jangkapanjang, beberapa TLP yang telah ada akan dapat memproduksi setelah 100 tahun, PLT di Kamojang, Garut, Jawa Barat telah memproduksi sema 21 tahun. 
Pentingnya pengembangan energi panas bumi adalah
  1. Kebutuhan energi listrik akan terus meningkat
  2. Keterbatasan danmenurunnay cadangan energi bahan bakar fosil (migas dan batubara)
  3. Potensi panas bumi yang di miliki Indonesia sangat besar, yaitu 27.000 MW, pemanfaatannya baru mencapai 3 persen
  4. Panas bumi merupakan energi yang terbarui secara alami
  5. Ramah lingkungan
  6. Pemanfaatan panasbumi akan mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil/migas.
Energi panas bumi merupakan :
  • Energi yang terbarukan secara alami (renewable)
  • Ramah lingkungan
  • Reliable (high load factor)
  • Tidak tergantung oleh musim
  • Fleksibel dalam kapasitas pembangkit (terdapat berbagai type pembangkit)
  • Pemanfaatan energi panas bumi dapat menghemat penggunaan bahan bakar fosil yang dapat habis
  • Emisi gas rumah kaca sangat kecil dibandingkan sumber energi lainnya
  • Tidak ada gas NOx dan SO2
  • Proses produksi energi panas bumi tidak menghasilkan limbah cair.
Dengan melakukan Konservasi dan Efisiensi Panas Bumi terutama setelah disahkan Undang Undang Panas Bumi oleh DPR RI tentu akan sangat berguna dan bermanfaat serta kita tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak fosil yang setiap tahunnya meningkat dan subsidi pemerintah dapat di alihkan kepada yang lebih produktif seperti yang telah dan sedang di rencanakan Pemerintahan Jokowi - JK saat ini.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

78 komentar

Ijin duduk disini Mang saya :)

Balas

Semoga dengan di berlalkukanya Undang Undang Panas Bumi oleh DPR RI semua lapisan masyarakat menjadi tahu, dan serta merta menjaga Kesinambungan antara manusia dan alm ya Mang *salam ceria :-bd

Balas

Naah Pertamax nya saya amankan biar gak pada rebutan deh :D

Balas

silahkan...tar ya saya ambilin kopi dan ubi cilembu hangat, plus nyiapin amplop buat ongkosnya..okeh:p

Balas

tumben..pinter kang? ;)

Balas

Kalau saya cuma taunya asal gak sering mati listrik saja biar bisa ngeblog.

Balas

ya udah kalau emang tebang begitu mah, saya pulang ajah yah

Balas

panas bumi melulu. ada apa sih Akang sama menteri baru?

Balas

saya dianter nggak?

Balas

bumi udah panas, yuk mari kita jaga agar nggak tambah panas :)

Balas

perhitungan nya cermat c akang, bisa menghemat lagi.. yuk dukung pemerintah manfaatin energi bumi..

Balas

Salam Siang Mang
Di Indonesia, sumbernya banyak, jadi harus dioptimumkan penggunaannya..
Dan saya rasa, ada juga beberapa negara lain yang telah pun menggunakan sumber ini dengan jayanya...


Balas

Minta dikit dong PERTAMAXnya.......

Balas

ya allah semoga lancar ini rencana nya biar semua lapisan masyarakat bisa langsung menikmatinya soalnya banyak sekali nih kelebihannya kerenn dahh :)

Balas

menterinya sepupu kang

Balas

buwehehe...baca judulnya doang yea?

Balas

tapi...pemerintah mah ngga berlumut kan? :p

Balas

betul neng, sangat belum dioptimalkan mungkin buat warisan anak cucu...hlaaah...:)

Balas

kadang ada benarnya juga bahwa panas bumi tidak terlalu diperhatikan pemakaiannya sanmpai pengembangnnya oleh pemerintah. sementara listrik naik terus juga biayanya. mana sekarang kebanyak diharuskan memakai sistem pulsa lagi, saya pernah kehabisan pulsa waktu malam, mau cari kemana coba pas jam 2an. dikalimantan sudah yang jual jarang, malah matinya gak pernah kompromi lagi. yang aneh lagi tuh mas, kata teman saya tuh meteran listrik gak punya etika, gak peduli ada ada tamu atau hanya orang lewat, tetap aja bunyi, kayak ngasih tau kalau yang punya gak ada duitnya. ribet juga kan? itulah coba aja panas bumi mulai dikembangkan, mungkin kita bisa lebih hemat. semoga aja pak jokowi memperhatikan energi terbaharukan ini. ok makasih atas infonya.

Balas

keren banget gan komentarnya...
panjang dan lebar... jelas tidaknya itu urusan masing masing

Balas

saat ini memang panasnya luar biasanya ya mas, saya aja hampir tiap hari menghidupkan kipas angin malam-malam :D

Balas

sya pernah pertamax disini sekali, lumayun

Balas

saya ngak paham habis bahasa postingan nie, bahasa tingkat tinggi, eh bukan bahasa tapi yang dibahas,

Balas

Hahahaa...kirain saya doang yang gak mudeng, maklum postingannya Kang Lembu semakin kesini makin tinggi aja pembahasannya, sampe-sampe saya gak langsung komentar, harus baca berulang-ulang sambil liat komentar sahabat yang laen :D

Balas

Waduuuh...saya blom update berita nie kang, jadi bingung komentarnya. Tadi sore nonton berita juga, malah yang rame masalah Ahok yang katanya mau melegalkan Miras...Baca ulang lagi deh :)

Balas

saya juga pernah dong, tapi blom dikasih hadiah ubi cilembunya, padahal saya doyan banget, pengen beli tapi di Jakarta mah mahal pisan :D

Balas

semoga saja prakteknya, Efisiensi Panas Bumi ini benar2 bisa terealisasi sesuai dengan rencananya kang

Balas

sangat setuju nih dengan ulasannya mbah dinan.yg kita bisa cuma berdoa,tp nggak panjang dan lebar

Balas

kan nggak punya udel

Balas

saya mah lagian ge' ora percoyo pisan kalau bapak-bapak pada baca dengan seksama, palingan ge' baca sepotong, ngga mudeng...langsung komentar...gituhkan...hayo ngaku dah.

Balas

nah kalau sama bapak saya ini, saya yakin pasti sangat tuntas bacanya, ngga seperti kang Em ALbar dan kang Marnes, stu lagi kang yanto juga kang saud..beliau-beliau mah palingan ge' baca judulnya doangan...heuydeuh :p

Balas

hehe...dengan demikian, sayapun bakalan komentar panjang lebar dan luas deh di blognya kang dinan...saya kan keren, setuju ngga kang?

Balas

nyess....adem ya kang?

Balas

hihii...kang yanto ngga ngertieun ya neng...semoga yang Faham cuman kita berdua doangan deh soal berlumut mah ya :p

Balas

kenalan ajah n'diri ;)

Balas

hah..
jelek-jelek gituh, kang zach mah pejabat tauu...
masa di anggap tukang ojek seh kang...sungguh ter-laa..luh

Balas

Amin....

Semoga...

Balas

Hidup panas bumi... Hehhee...

Sudah semestinya kekayaan dimanfaatkan sebaik-baiknya... Jangan dikasi pihak luar mlulu... Kan sayang kalau kita kayak tapi malah menderita.... :)

Balas

mantap mas...
Salam blogger

Balas

terobosan menarik dari pertamina. dan sepertinya juga jadi aramah lingkungan ya mang..

di tempatku beberapa bulan lalu juga lagi populer kotoran hewan oleh orang UGM di jadikan penganti gas untuk memasak.... rata rata yang menggunakan orang yang punya ternak sapi.. . aku pernah lihat ternyata apinya gede juga dan warnanya juga biru seperti gas kompor

Balas

salam kunjungan mas, lama tak berkunjung kemari

Balas

wah mav mas, koment yg atas salah kamar, ahaha...maklum nyari kopi ga dpt" dari tadi

Balas

saya gak mau amplopnya kang ... okeh

Balas

Teryata ci akang pinter itung - itungan ... cocok deh buat mentri pertambangan :)

Dan jempol deh buat Pertamina... jadi ramah lingkungan ya

Balas

kota surabaya sini makin panas saja kenapa ya
apa karena dekat pantai ya

Balas

tak perhatiin di blog yang lain-lain juga ente komentarnya cuman basa-basi doangan bro...udah jarang BW nya pulak

ente udah jadi master blog ya?

Balas

saya sangat menyukai kejujurannya akang ko'.:D

Balas

hahaha.. iya ya rahasia lumut berdua hihi

Balas

ternyata duduk dibawah juga enakeun bacanya kang, menyimak kembali efisiennya panas bumi, santay kayak dipantay..

Balas

hayu dukung yu jadi menteri..

Balas

sepakat kang, semoga saja pemerintah yang sekarang dapat menggali dan memberdayakan kekayaan energi panas bumi secara maksimal...ya

Balas

kade weh..sabab mun lumut eta teh katincak bakalan ter-jalikeuh geura geh :D

Balas

jiaah...palingan ge' di angkat terusannya di babet keun geuraku c eneng mah.

boa-boa rek di jadikeun menteri yang berlumut geura ge'h :p

Balas

bukannya surabaya sejak di pimpin sama ibue, kian menjadi adem?

Balas

ya hiyah atuh..komo mun nyentey kaya di panteynya bersebalahan dengan saya,,,kalm saya sudah jinak dan sudah tak berlumut lagi ko'...hadeuh eta lumut masih keneh kabawa geura...:D

Balas

ogah. saya maunya kenalan sama artis

Balas

hahh?? berlumut?

Balas

itu karena ada bapake juga

Balas

nggak papa salah di sini mah selalu dimaafkan.
soalnya malah admin di sini yang punya banyak salah sama kita

Balas

kalm..maol masuk kategori gratifikasi eiuy atuh :D

Balas

sudah sewajarnya kita dengan cermat memanfaatkan energi panas bumi ini ya kang ,, toh hasil yang didapat sangat besar sekali terhadap bahan bakar minyak , biar gax tiap tahun naik terus BBM :D . ayo manfaatkan energi panas bumi ini dengan sebaik2nya hehhee, trims sudah berbagi tentang konservasi dan efisiensi panas bumi kang :) . nunggu kiriman ubi cilembunya ah :D

Balas

ini blog sekarang isinya lebih mirip portal berita, ganti haluan kang?

Balas

nah tuh...kalau sudah begitu apa yang kudu saya lakukan, UGM ajah juga udah berbuat kan? :D

Balas

adem banget malah kang :)

Balas

Pasti kaya anak cucunya nanti dengan pelbagai jenis warisan.....

Balas

Mampir baca-baca dulu kang :D

Balas

Sangat bermanfaat, saya kutip Poin ke "3. Potensi panas bumi yang di miliki Indonesia sangat besar, yaitu 27.000 MW, pemanfaatannya baru mencapai 3 persen" Sangat perlu kang...bagus...

Balas

Bole saya tumpang sekali ya Mang.. :D :D

Balas

Bersyukurlah BUMI kita diberi rahmat oleh ALLAH SWT.

Balas

Semoga aja terealisasikan bukan hanya wacana ... moga2 aja pak presiden kesasar baca artikelnya mas ini ...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger