DESA CILEMBU

Produksi Panas Bumi Dunia

International Geothermal Association (IGA) Asosiasi Panas Bumi Internasional, tahun 2010 melaporkan pembangkit listrik tenaga panas bumi dengan kekuatan 10.715 MW(megawatt) telah terpasang di 24 negara yang di harapkan mampu membangkitkan 67.246 GWh energi listrik. IGA memperkirakan pada tahun 2015 pertumbuhan produksi panas bumi dunia akan mengalami peningkatan hingga 18.500 MW, hal ini disebabkan telah dimulainya proyek-proyek yang pada saat ini sedang dieksploitasi.
Produksi Panas Bumi Dunia

Produksi Panas Bumi Dunia menurut catatan IGA pada tahun 2010, bahwa:
  1. Amerika masih menjadi pemimpin produksi listrik panas bumi dunia dengan kapasitas 3.086 MW dari 77 pembangkit listrik panas bumi yang dmiliki Amerika, yang terbesar yang dimiliki Amerika terdapat dipertambangan panas bumi yang terletak di The Geyers, Kalifornia.
  2. Filipina sebagai urutan kedua adalah negara yang memiliki energi listrik panas bumi terbesar didunia dengan kapasitas 1.904 MW tenaga yang dihasilkan hingga 27%  kebutuhan di Filipina
Menurut hasil survei yang telah dilakukan IGA dan dari lembaga Al Gore yang disampaikan pada KTT Asia Pasifik pada Januari 2011, Indonesia dapat menjadi negara terbesar bahkan bisa menjadi negara adidaya energi listrik panas bumi dunia jika secara maksimal dieksploitasi.
  • Negara yang belum mengembangkan sama sekali energi panas bumi adalah Kanada yang memiliki kpasitas antara 1.550 MW hingga 5.000MW yang terdapat di Cordillera, Kanada yang cakupannya membentang dari British Columbia hingga Yukon.
  • Negara-negara yang telah menghasilkan 15% listrik dari energi panas bumi adalah El Salvador, kenya, Filipina, Islandia dan Kosta Rika.
  • Sistem panas bumi yang sedang ditingkatkan dengan kedalaman beberapa kilometer sudah dioperasikan di Prancis dan Jerman
Mampukan Indonesia menanggapi tantangan dari IGA dan hasil survei Al Gore pada KTT Asia Pasifik 2011 untuk menjadikan diri sebagai negara adidaya yang mampu memproduksi energi listrik panas bumi dunia ?
walahualam...dijawab.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Semoga kalau memang bisa menjadi negara adi daya panas bumi, hasil panas buminya gak dikorupsi. Sama dengan laut kita yang kaya tapi dicolong mulu.

Balas

Di Indonesia...sumbernya banyak, harus di maksimalkan...
Semoga suksess :)

Balas

andai hal tersebut dapat di lakukan, tentu ketergantungan kita pada BBM tidak lagi berdemo ya kang :D

Balas

betul bu, saya sedang berkoordinasi dengan para petingginya..:D

Balas

bumi kita sudah panas mang, apalgi orangnya hahaha

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger