DESA CILEMBU

Sejarah Panas bumi

Pembangkit Listrik Panas Bumi adalah pembangkit listrik yang menggunakan panas bumi sebagai sumber energinya, dimana tenaga panas bumi ini termasuk pada sumber energi terbarukan dengan ekstraksi panasnya jauh lebih kecil dengan muatan panas bumi, Emisi karbondiokasida pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah seperdelapan dari emisi pembangkit listrik tenaga batubara.
Sejarah Panas bumi
RUU Panas Bumi nya saja baru di sahkan tanggal 26 Agustus 2014, padahal potensi energi panas bumi yang Indonesia miliki terdapat pada 251 lokasi gunung berapi yang tersebar di 26 provinsi di seluruh Indonesia yang di perkirakan potensi yang terkandung didalamnya mencapai 27.140 mw atau setara 219 milyar ekuivalen Barrel minyak, dengan kapasitas terpasang pada saat ini 1.194 atau 4 persen dari potensi yang di miliki Indonesia.
okeh-lah tidak ada yang terlambat untuk sebuah perubahan positif, yang lebih menyedihkannya lagi ternyata Jero Wacik Menteri ESDM era SBY, kemudian juga di tangkap KPK karena di duga mencuri uang rakyat. hadeuh
Pada 4 Juli 1904, Pangeran Piero Ginori Conti dari Italia di Larderello pertama kalinya menguji coba pembangkit listrik tenaga panas bumi, dan berhasil menyalakan empat buah bola lampu, setelah itu pada 1911 pembangkit listrik tenaga panas bumi untuk pertama kalinya di bangun, yang kemudian di bangun pembangkit listrik panas bumi sebagai uji coba di Beppu, Jepang dan di kalifornia, AMerika pada tahun 1920, tetapi hingga tahun 1958 hanya Italia yang memiliki industri pembangkit listrik panas bumi.
Pada tahun 1958, pembangkit listrik tenaga panas bumi bernama pambangkit Wairakei merupakan pembangkit listrik panas bumi terbesar duni di bangun di Selandia Baru yang di bangun dengan menggunakan teknologi flash steam
Baca juga Kalung gigi manusia
Pada tahun 2006 sebuah pembangkit listrik panas bumi dengan sistem siklus biner di mata air panas Shena, Alaska, Amerika mulai di operasikan, menghasilkan listrik dari sumber dengan rekor suhu terendah 57 derajat celcius.
Proyek demostrasi sudah beroperasi di 
  • Jerman, 
  • Prancis, 
  • Swiss, 
  • Australia, 
  • Inggris dan 
  • Amerika
Pemanfaatan panas bumi relatif aman dan ramah lingkungan, terutama karena tidak memberikan kontribusi garumah kaca, sehinggaperlu terus di pacu perwujudannya, karena pemanfaatan panas bumi akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak sehingga dapat menghemat cadangan minyak bumi. dengan demikian maka kenaikan BBM yang baru saja membuat negeri ini heboh kelak tidak akan lagi mempengaruhi sendi kehidupan rakyat.
Semoga Sejarah Panas bumi ini dapat menambah pengetahuan kita
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pembangkit_listrik_tenaga_panas_bumi dan http://pge.pertamina.com/
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

Bener banget Kang... pemanfaatan panas bumi masih belum optimal, dan semoga bisa dioptimalkan mengingat panas bumi kita sangat banyak hehe

Balas

Ternyata Bumi itu panas yah Pak hehehe

Balas

jika semua orang tau dari pemanfaatan panas bumi bagus terhadap bahan bakar minyak, mungkin BBM tiap tahunnya gax bakalan naik terus ya kang,,maksih atas artikelnya tentang sejarah panas bumi ini ,salam hangat :)

Balas

moga pak mentri panas bumi sudirman said dapat memaksimalkan esdm kita ya mas, ga tersangkut kasus nyolong kayak pendahulunya..

Balas

yang saya tau PLTP sibayak, ya semoga kabinet yang baru ini tidak membuat rakyat semakin nelangsa mas.

Balas

udah gitu sdm nya masih kekurangan banget katanya mah kang, kesempatan tuh.

Balas

ngga juga seh...coba ajah di pegang buminya, ngga panas kan :D

Balas

sami-sami atuh kang, da itu mah sudah kewajiban saya...jiaah elaa ;)

Balas

kalau pak said mukenya ngga lumutan kan neng?
hehehe masih keingetan bae' deh ih sama berlumut nya...hadeuh :p

Balas

betul kang, PLTP Sibayak, moga saja makin di galakkan di tempat lainnya yang masih belum di olah.

Balas

ow begitu ya sejarahnya panas bumi itu, baru tau aku, hehehe.. :)

Balas

sumber alamnya udah ngedukung..tinggal nunggu kemaun aja kan kang

Balas

ini baru didunia ya mas, puanassnya bukan main, bagaimana nanti di padang mahsyar ya duh, ampun dah ah,..ah,..ah :D

Balas

Subhanallah, itulah tools yang sudah disiapkan pencipta bumi ini yang mesti disyukuir adanya...

Balas

muhehhee,, mntab kang Lembu :D ,, mari mnm kopi kang :D .

Balas

Masalah ini saya pasrahkan sam Mang Lembu saya percaya Mamang mampu deh :)

Balas

Sejarah bumi nya sangat menarik Mang

Balas

Adanya kursi yang kepanasan lantaran didukin terus di depan komputer hehehe

Balas

Sumber energi yg baru yah..

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger