DESA CILEMBU

Senyawa Aktif Mengkudu

Buah Mengkudu  (Morinda citrifolia), dibeberapa daerah dikenal dengan kemudu, kudu (Jawa), Cangkudu (Sunda), Keumeudee (Aceh), Kodhuk (Madura), Tiban (Bali), nama lain dari buah mengkudu ini juga di kenal dengan nama Noni (Hawaii), Nono (Tahiti), Nanu (Tonga), Ach (Hindi),dan Ungcoikan (Myanmar), adalah buah yang berasal dari wilayah Asia tenggara, tergolong pada famili Rubiaceae, tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 m dengan ketinggian pohon mencapai 3 - 8 meter memiliki bunga bongkol berwarna putih, buah mengkudu yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan bertotol-totol,dan saat sudah matang berwarna putih dengan bintik hitam. umumnya di konsumsi sebagai sayuran
Senyawa Aktif Mengkudu
  1. Asam Askorbat, adalah sumber vitamin C yang potensial yang merupakan antioksidan kuat untuk menetralisir radikal bebas yang mampu merusak materi genetik.
  2. Akubin dan Allzarin, senyawa aktif antibakteri seperti staphylococcus oureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli, yang adalah sejenis kuman penyebab infeksi kulit hingga terjadi bisul, kuman ini juga yang dapat menyerang saluran pencernaan
  3. Morindon, senyawa aktif berfungsi sebagai pencahar di kolon dan bersifat antiibakteri dan berfungsi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
  4. Glikosida, senyawa yang berguna untuk kesehatan jantung dan mencegah degenerasi sel,
  5. Damnakantal, senyawa yang berfungsi sebagai anti kanker sekaligus berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh,
  6. Proxeronine, senyawa yang berlimpah pada buah mengkudu yang merupakan pembentuk xeronine, di dalam usus, enzim Proxeronine mampu mengubahnya menjadi xeronine,
  7. Xeronine, senyawa yang di hasilkan oleh tubuh tetapi dalam jumlah yang terbatas, peran dari xeronine ini adalah mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein dalam sel, terutama bentuk dan rigiditas dalam sel,
  8. Skopoletin, senyawa yang mampu meningkatkan kelenjar peneal di otak yang sangat berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf dan mengatur beberapa kegiatan tubuh seperti tidur, suasana hati, masa pubertas, rasa lapar, dan prilaku seksual, fungsi lainnya dari senyawa Skopoletin ini adalah memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan sekaligus berfungsi untuk melancarkan peredaran darah
Sejarah singkat Manfaat buah mengkudu
pada 1.549 tahun silam, mengkudu digunakan sebagai herbaldi Hawaii, masyarakat setempat menyebutnya sebagai buah ajaib karena mampu mengobati beberapa macam penyakit seperti 
  • gangguan menstruasi, 
  • kejang-kejang, 
  • hipertensi, dan 
  • menambah nafsu makan
Tahun 1849, zat warna dari kulit batang dan akar pohon digunakan sebagai pewarna pada 
  • benang, 
  • kain, 
  • tenun, dan 
  • kerajinan dari bahan daun pandan
Tahun 1985, Biokimiawan dari Universitas Hawaii menemukan senyawa aktif Xeronine dan Proxeronine yang berguna untuk kesehatan.
Semoga sajian singkat tentang Senyawa Aktif Mengkudu berguna.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

asli ini loh ,,,
sy teh blm pernah makan buah mengkudu, daunnya aja pernah sy icip-icip paitnya masya Allah sesuatu ...

Balas

Iya Kang... nenek saya mempunyai penyakit darah tinggi, tapi setelah sering meminum jus mengkudu, alhamdulillah sudah berkurang hehe
Mungkin itu salah satu manfaat buah mengkudu buat kesehatan hehe

Balas

ternyata banyak sekali manfaat mengkudu, mampu menetralisir radikal bebas, menurut saya penting sekali, karena kendaraan sudah semakin banyak

Balas

di daerah saya cangkudu ini suka dijadikan campuran untuk rujak bebek ( rujak tumbuk ) baru nyadar kalau yang namanya cangkudu ini kaya akan manfaat,,,,biasanya bahan rujak itu selain cangkudu,ada juga singkong mentah ( sampeu ) tongtolang nangka,dll.......

Balas

kandungan senyawanya banyak juga pasti khasiatnya sangatlah ampuh, Tapi jujur kalau mengkudu dimakan, saya kagak doyan walaupun diblender tetap saja ogah menelannya, karena saya jijik dengan mengkudu

Balas

Saya belum pernah makan. Tapi khasiat buah ini sangat banyak. Selain daripada dapat mencegah penyakit, ada yang kata ia juga agen awet muda...
Jadi, harus dimakan... :)

Balas

1.549 tahun yang lalu mas?? lama sekali yaa.. Baru tahu sejarahnya Mengkudu..

Balas

manfaatnya banyak banget ya tapi sayang aku selalu gak bisa maeem mengkudu mesti bawaannya mau muntah :)

Balas

saya belum pernah tuh Kang minum mengkudu.
hebat nggak saya?

Balas

hah...cakep-cakep ngga gaul deh ih :D

Balas

tuh kan terbukti nyata kan...kenapa kita tidak memulai dari sekarang konsumsi mengkudu, coba

Balas

yang masih mentah buahnya bisa dirujak manis lho kang

Balas

emang demikian apalagi motor saya juga kebetulan lagi masuk bengkel euy

Balas

ya udah, kawinkeun we jeung bapak na kang :D

Balas

pantesan wajah akang jadi manis rupanya sering makan rujak mengkudu mentah ya kang :D

Balas

kirain kalau obat sakit mah wajib mencoba segala bentuk hal yang jadi obat, rupanya obat sakit juga manusia ya kang :D

Balas

rasanya itu kang.. yang super pahit, dau bau nya itu gak ketolongan... ini biasanya di daerah saya di kenal dengan nama pace kang..

Balas

hehe..awet muda mahcukup banyak senyum dan berkomentar di blog saya ajah, pasti awet muda :p

Balas

saya tau ya...keren kan saya?

Balas

harusnya tutup mata dan tutup telinganya dulu sebelum maem mengkudunya ceu

Balas

wong ngga gaol ko' pengen dibilang hebat, minum mengkudu dulu baru bisa di bilang hebat tauuuu...

Balas

Blognya keren abis, templatenya juga mendukung.....komennya pun tak kalah seru....hebat ya!!!

Ajarin dong mang....

Balas

persis kang, makanya kalau akang cemberut, pasti temennya bilang akang pace kan? :p

Balas

ngga mau ah...:D

pasti kang daniel sohibnya kang asep haryono anak bekasi yang jadi pentolan pontianak post deh nih ya :p

Balas

haha.. saya kagak pernah cemberut kang.. wajah sayakan selalu berseri-seri heheh ^_^

Balas

wah pantes mas.....dikampung saya dulu, orang-orang tua sukanya bikin rujak dengan buah mengkudu ini... ditempat saya sering disebut denagn buah pace...

Balas

hahahahha, gaul bingit kok mng lembu ,,,, :P

Balas

Didaerah ane juga banyak nih pak :v

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger