logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Virus West Nile

www.desacilembu.com
Mengenal Virus West Nile lebih mendalam tentu baik bagi kita agar dapat lebih waspada terhadap kehadiran virus baru yang di tularkan melalui gigitan nyamuk Culex sp yang merupakan jenis nyamuk rumahan yang dapat di temui dimana saja, berbeda dengan jenis nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah(DBD) yang hanya dapat hidup  di genangan air bersih, nyamuk jenis  Culex sp justru mampu bertelur dan berkembang biak pada genangan air kotor bahkan di selokan.
Virus West Nile
Virus West Nile pertama kali di identifikasi tahun 1937 di provinsi West Nile daerah delta sungai Nil bagian barat Uganda, Afrika Timur, sebab itulah di namai dengan Virus West Nile
Virus West Nile termasuk dalam genus flavivirus dalam famili flaviridae yang banyak di temukan pada daerah yang beriklim tropis, dan jenis nyamuk Culex sp ini adalah jenis nyamuk yang telah menjai nyamuk domestik di Indonesia.
Selain nyamuk, yang juga perlu di waspadai dalam penyebaran virus ini yang utamanya adalah burung, dalam kondisi tertentu dapat juga kuda dan beberapa mamalia lainnya.
Masuknya Virus West Nile ke Indonesia diperkirakan bermula dari migrasi burung yang berasal dari negara-negara yang terlebih dahulu terinfeksi Virus West Nile.
Baca juga 7 Pelajaran penting bagi kita
Menurut News-medical.net Virus West Nile tidak menyebar melalui kontak biasa seperti menyentuh orang yang terjangkit , tetapi harus melalui gigitan nyamuk, tetapi pada beberapa kasus penyebaran Virus West Nile dapat juga melalui transfusi darah, transplantasiorgan, penularan selama kehamilan dari ibu terhadap bayinya serta pemberian ASI.
Masa inkubasi Virus West Nile berlangsung antara 3 sampai 14 hari dengan di tandai:
  1. Demam
  2. Menggigil
  3. Nyeri kepala
  4. Nyeri punggung
  5. Nyeri otot menyeluruh
  6. Sulit tidur, gejala lanjutannya
  7. Suhu tubuh penderita dapat mencapai 40 derajat Celsius bahkan lebih,
  8. Mual,
  9. Muntah
  10. Diare dan 
  11. Nyeri lambung
Gejalanya sangat mirip dengan DBD tetapi saat cek darah kemungkinan hasilnya negatif Dengue, jika terkena virus Dengue menyerang pembuluh darah, Virus West Nile biasanya menyerang selaput otak sehingga menyebabkan penyakit ensevalitis atau meningitis atau radang otak yang mematikan.
Oleh sebab itu jika terdapat gejala-gejala seperti DBD tetapi negatif Dengue sebaiknya periksa lebih lanjut  kepada dokter spesialis
Belum ada vaksin untuk dapat menyembuhkan Virus West Nile maka, yang dapat di lakukan adalah menghindari gigitan nyamuk pada manusia salah satu caranya adalah secara rutin menguras ait di bak mandi dan membersihkan genangan air kotor dilingkungan sekitar rumah, terutama musim hujan seperti sekarang ini
Semoga kita semua waspada terhadap penyebaran Virus West Nile
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger