DESA CILEMBU

Virus West Nile

Mengenal Virus West Nile lebih mendalam tentu baik bagi kita agar dapat lebih waspada terhadap kehadiran virus baru yang di tularkan melalui gigitan nyamuk Culex sp yang merupakan jenis nyamuk rumahan yang dapat di temui dimana saja, berbeda dengan jenis nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah(DBD) yang hanya dapat hidup  di genangan air bersih, nyamuk jenis  Culex sp justru mampu bertelur dan berkembang biak pada genangan air kotor bahkan di selokan.
Virus West Nile
Virus West Nile pertama kali di identifikasi tahun 1937 di provinsi West Nile daerah delta sungai Nil bagian barat Uganda, Afrika Timur, sebab itulah di namai dengan Virus West Nile
Virus West Nile termasuk dalam genus flavivirus dalam famili flaviridae yang banyak di temukan pada daerah yang beriklim tropis, dan jenis nyamuk Culex sp ini adalah jenis nyamuk yang telah menjai nyamuk domestik di Indonesia.
Selain nyamuk, yang juga perlu di waspadai dalam penyebaran virus ini yang utamanya adalah burung, dalam kondisi tertentu dapat juga kuda dan beberapa mamalia lainnya.
Masuknya Virus West Nile ke Indonesia diperkirakan bermula dari migrasi burung yang berasal dari negara-negara yang terlebih dahulu terinfeksi Virus West Nile.
Baca juga 7 Pelajaran penting bagi kita
Menurut News-medical.net Virus West Nile tidak menyebar melalui kontak biasa seperti menyentuh orang yang terjangkit , tetapi harus melalui gigitan nyamuk, tetapi pada beberapa kasus penyebaran Virus West Nile dapat juga melalui transfusi darah, transplantasiorgan, penularan selama kehamilan dari ibu terhadap bayinya serta pemberian ASI.
Masa inkubasi Virus West Nile berlangsung antara 3 sampai 14 hari dengan di tandai:
  1. Demam
  2. Menggigil
  3. Nyeri kepala
  4. Nyeri punggung
  5. Nyeri otot menyeluruh
  6. Sulit tidur, gejala lanjutannya
  7. Suhu tubuh penderita dapat mencapai 40 derajat Celsius bahkan lebih,
  8. Mual,
  9. Muntah
  10. Diare dan 
  11. Nyeri lambung
Gejalanya sangat mirip dengan DBD tetapi saat cek darah kemungkinan hasilnya negatif Dengue, jika terkena virus Dengue menyerang pembuluh darah, Virus West Nile biasanya menyerang selaput otak sehingga menyebabkan penyakit ensevalitis atau meningitis atau radang otak yang mematikan.
Oleh sebab itu jika terdapat gejala-gejala seperti DBD tetapi negatif Dengue sebaiknya periksa lebih lanjut  kepada dokter spesialis
Belum ada vaksin untuk dapat menyembuhkan Virus West Nile maka, yang dapat di lakukan adalah menghindari gigitan nyamuk pada manusia salah satu caranya adalah secara rutin menguras ait di bak mandi dan membersihkan genangan air kotor dilingkungan sekitar rumah, terutama musim hujan seperti sekarang ini
Semoga kita semua waspada terhadap penyebaran Virus West Nile
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 komentar

pertamax diamankan dulu :D

Balas

wahh ternyata virus west line ini lbih ngeri dari DBD ya kang,, bisa langsung menyerang selaput otak yang sangat mematikan.. hrus giat lagi dalam menjaga kebersihan biar gax terserang oleh nyamuk culex sp ini ..trims infonya kang :)

Balas

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat pasti bisa terhindar dari virus ini.

Balas

tunggu paket ubi cilembu dari saya yea.

Balas

biarpun kecil, tapi nyamuk bisa membawa berbagai macam penyakit, seperti virus west nile ini, ada baiknya selalu menjaga kebersihan yia bos...

Balas

Kita belajar pasal serangga ya hari ni Mang?.. :D

Sangat bahaya virus ini kerana boleh terus menyerang otak...
Cara pencegahan lain contohnya guna insect repellent harapnya boleh membantu..

Balas

Penyebab nya nyamuk lagi nyamuk lagi apa kata saya bilang juga Mang rajinlah bersih bersih kaya saya suka kerja bakti keren kan?

Balas

Lalu saya dapat apa coba Mang? sudah jauh jauh saya teh datang ka Sumedang haarrrr sampai disini di habiskan oleh Mas Hary, sungguh teganya dirimu Mas pada ku yang malang ini @@,

Balas

trims infonya Kang hehe

Balas

menakutkan juga ya Virus West Nile ini,harus lebih rajin menjaga kebersihan

Balas

yg penting mah ngopi sama udud dulu mas

Balas

Kemarin heboh DBD, Ebola, eh sekarang ada virus baru.. Mesti di waspadai ini ya..

Balas

apalagi skarang msuim ujan mah, harus makin tiati ya kang

Balas

bisa menyebabkan meningitis, bahaya juga kang, terima kasih infonya.
penyebarannya udah ke Indonesia juga, harus jaga kebersihan & 3M.

Balas

yang ngga dapet pertamax dapetnya cuman keranjang ubinya doang kang :D

Balas

Virus nya bikin ngeri ya kang
Tapi nyamuknya keliat unyu ya ^^

Balas

widdih gejelanya seperti hal yang biasa, tidak terpikir akan kearah sana, tetapi sangat mematikan ya kang,

kalau DBD katanya gigitan nyamuk terjadi antara jam 11 pagi keatas, terus kalau nyamuk yang satu ini, gimana mengenalinya kang,?

Balas

ya..kenalanajah dulu, kasih senyuman paling manis pasti dia juga bakalan ngasih senyum manisnya deh :p

Balas

emang..biasanya yang unyu-unyu itulah yang berbahaya, ngga beda sama para cabe-cabe an gituh deh kang :D

Balas

betul kang, tapi awas yang di maksudkan dengan 3 M di sini bukan makan, minum dan modol kan? :p

Balas

bolehlah cuma dapat keranjangnya doang, asal banyak aja keranjangnya Kang hahahahaaaa.... kan bisa dijual :D

Balas

serius kang, saya malah baru denger tentang virus West Nile ini, ternyata berbahaya juga yah. lebih berbahaya dari demam berdarah... :)

Balas

Komentar isdebest hari ini di raih oleh kang Hary
Hadiah Ubi Cilembu akan dkiriman lewat paket langsung ke alamatnya.
di tunggu sajah yah

Balas

hlaaa....tebang agang-egeng doangan ge'kerja baktinya...huuh :)

Balas

aaamiiiin.
serangga kecil yang bisa bikin otak kita guclek ini teh deh

Balas

makanya gaol atuh...hlaaa :D

Balas

hal itulah yang terpenting, semoga kita terhindar dari radang otak gara-gara nyamuk yah-lah

Balas

betul kang, selain dari pada itu juga jangan lupa selalu mandi :D

Balas

makin banyak aja ya jenis penyakit saat ini, pasti obat nya juga mahal ya pak :)

Balas

Virus baru lagi euy.. Serem.. :(

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger