DESA CILEMBU

Batu Akik

Ciri-ciri dan cara mengetahui batu akik asli, Tren batu akik melanda pada 4 tahun terakhir ini, perburuan batu akik dengan berbagai jenis dan keindahannya terus dilakukan, bagi warga Jawa barat, ternyata wilayah Garut yang banyak memiliki potensi batu akik dengan kualitas yang baik, tidaklah cukup bagi pencinta batu akik, untuk itu wilayah Kalimantan dan Papua sejak satu tahun terakhir mulai dirambahnya, keuntungan materi yang sangat menggiurkan dari berbisnis batu akik telah dibuktikan oleh salah satu tetanggaku, rumah bagus, kendaraan bagus dan istri yang bertambah menunjukkan betapa bisnis batu akik sangat mnyenangkan.
Hal yang sangat mendasar, jika kita ingin berbisnis batu akik, hendaknya kita mengetahui bagaimana cara Membedakan batu akik yang asli dan palsu.
Ciri-ciri dan cara mengetahui batu akik asli
koleksi pribadi
  1. Sorot batu akik dengan senter, pada jenis batu tertentu cahaya senter akan tempus jika demikian dapat dipastikan batu terebut batu akik asli.
  2. Tempelkan batu akik di pipi, jika terasa dingin, batu merupakan batu akik asli
  3. Batu akik yang asli dipastikan terdapat serat-serat baik dipermukaannya maupun didalamnya, hal terebut merupakan sifat alami dari batuan sedimen.
  4. Sulut batu akik dengan api, tidak akan ada perubahan gosong, setelah lama dibakar akan mengeluarkan sejenis minyak, jika diusap maka, cairan tersebut tidak akan menempel dan cepat mengering
  5. Sorot batu akik dengan senter, jika seratnya terlihat retak-retak dengan motif alami dipastikan batu tersebut asli.
    Cir-ciri batu Sintetis (batu akik palsu)
    1. Terasa ringan jika dibandingkan dengan batu seukurannya
    2. Jika batu sintetis dibakar akan terjadi perubahan yang signifikan yang terjadi pada batu tersebut
    3. Bening seperti kaca, tidak terlihat serat yang ada didalam batu maupun dipermukaannya, selain dari itu pada jenis batu sintetis(palsu) didalamnya terdapat gelembung seperti air.
    4. Jika dibasahi batu sintetis, warnanya tidak berubah dan lama mengeringnya.
    5. kekuatanya batu sintetis (batu akik palsu) lebih kuat dibandingkan batu akik yang asli
    Agar lebih meyakinkan setelah kita melakukan tes-tes dasar atas batu akik asli dan batu akik yang palsu, lebih baik lagi jika dilakukan pengujian.
    • Tes labolatorium untuk mengetahui kadar dan kandungan serta jenis dari batu akik tersebut. (direkomendasikan)
    • Pukul sedikit batu akik yang sedang kita uji asli dan palsu tersebut menggunakan palu,dari sini kita dapat mengetahui keaslian dari batu tersebut dengan apakah pecahan batu tersebut memiliki serat atau tidak. (tidak direkomendasikan)
    Demikian dasar-dasar pengetahuan dari cara membedakan batu akik asli dan batu akik sintetis (batu akik yang palsu), semoga bisnis batu akiknya semakin berjaya.  
    Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
    Print PDF
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    23 komentar

    Saya jadi ingat sepupu saya yang lagi doyan batu akik.

    Balas

    memang lagi musim gila batu akik sekarang ini, dimana mana banyak yang engoleksi benda tersebut ya Mang

    Balas

    wah triknya boleh disimpan ni mas, buat saudara saya yg suka mengoleksi batu akik ...

    Balas

    sekarang lagi musim cincin batu ni ya kang, batu akik, giok dll, :D

    Balas

    batu akik aku mau juga donk punya begituan :)

    Balas

    Hadeuh batu ini lagi nge-hits bingits nih di kampungku. Bahkan katanya ada yang sampe jutaan rupiah ya, Mang? Hmm...batu Akik aja udah mahal gitu, gimana dengan batu Ninik, ya?

    Balas

    mayan kan, jadi inget sama sepupunya :D

    Balas

    yang gila musimnya atau batu akik nya, coba? :p

    Balas

    sodaranya malah udah lebih pakar kale...;)

    Balas

    betul pak, selainunsur seni, hasil materinya juga lumayan loch pak.

    Balas

    mau ya bu, batu akik conbaong ajah ya...ntar di kirim deh.

    Balas

    batu ninik malah ngga laku kang, kebanyakan palsu sih :p

    Balas

    batu akik bisa buat obat kabuhulan / keselek ndak ya kang?.

    Balas

    yang kecil lucu juga ya kalau saya pakai

    Balas

    bisa juga mang, cobain ajah nrdiri...ntar kalau mamang sembuh,bisa kan dijadiin tips artikel diblognya...ditunggu artikelnya ya :D

    Balas

    punya ibue itu mah..hehe

    Balas

    anak muda sekarang kalau gak pakai cincin batu gak keren

    Balas

    koq ngerti sih mang lembu tentang spec batu akik
    emang pernah jualan gitu??

    Balas

    saya ikutan nunggu

    Balas

    emang masih muda???

    Balas

    Untung juga ujian memukul batu akik
    dengan palu tidak direkomendasikan..
    Kalau sudah pecah batu akik nya...gimmana ya?... Hayyo!!..ganti :D :D

    Balas

    ish, saya pernah medapatkan keuntungan 12 juta dalam sebulan karena bisa menjual 5 batu akik...mayan banget kan :)

    Balas

    tergantung kalau yang punyanya mau menipu, kan tipuannya ketahuan...:D

    Balas

    Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger