DESA CILEMBU

Jangan Syirik

Pengertian syirik adalah sikap, niat serta perbuatan menyekutukan Allah Subhanahuwa Ta'ala terutama yang berhubungan dengan aqidah dengan mencampur adukkan atas ke Esa an-Nya, seperti berdo'a, bernadzar, dan memohon atas apapun selain kepada-Nya.
Allah Subhanahuwa Ta'ala, berfirman dalam beberapa firman-Nya:
  • "Artinya: Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan" (Al-An'am: 88)
  • "Artinya: Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan Surga kepadanya,dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zhalim itu seorang pun" (Al-Maa'idah: 72)
  • "Artinya: sesungguhnya menyekutukan (Allah Subhanahuwa Ta'ala ) adalah benar-benar ke Dzhaliman yang besar" (Lukman: 13)
  • "Artinya: Sesungguhnya Allah Subhanahuwa Ta'ala  tidak akan mengamampuni dosa syirik,dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang menyekutukan Allah Subhanahuwa Ta'ala ,maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar". (An-Nisaa: 48)
Jangan Syirik
  1. Syirik besar, adalah syirik yang dapat mengeluarkan seseorang keluar dari agama Islam dan menjadikannya kekal di Neraka, jika meninggal dan belum bertaubat. Yang termasuk kedalam syirik besar yaitu: Syirik doa, Syirik niat, Syirik ketaatan dan Syirik Mahabbah(kecintaan)
  2. Syirik kecil, adalah syirik yang tidak membuat seseorang tersebut di keluarkan dari Islam, tetapi syirik kecil ini adalah perantara kepada syirik besar. Adapun yang termasuk syirik kecil adalah: Syirik Zhahir (nyata), contohnya bersumpah dengan nama selain Allah Subhanahuwa Ta'ala , dan syirik kecil yang lainnya adalah Syirik Khafi (tersembunyi), yaitu syirik atas keinginan dan niat, seperti contohnya ingin dipuji, biasa disebut dengan Riya.
Syirik kecil inilah yang ditakutkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam sabdanya: Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil. Riya.
Syirik terhadap sifat-sifat Allah Subhanahuwa Ta'ala.
  • Syirik Rububiyyah
  • Syirik Uluhiyyah
  • Syirik Asma' Wasifat
Syirik menurut menurut tempat kejadian
  1. Syirik I'tiqodi, contohnya percaya kepada dukun yang dapat mengubah takdir yang digariskan Allah Subhanahuwa Ta'ala
  2. Syirik Amali, contohnya bernazar untuk selain Allah Subhanahuwa Ta'ala, menyembelih hewan untuk selain Allah Subhanahuwa Ta'ala
  3. Syirik Lafzhi, contohnya bersumpah dengan selain nama Allah Subhanahuwa Ta'ala
Allah Subhanahuwa Ta'ala mengampuni segala dosa orang yang tidak berbuat syirik

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : قَالَ اللهُ تَعَالَى : يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَاكَانَ مِنْكَ وَلاَ أُبَالِي، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوْبُكَ عَنَانَ السَّماَءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ، يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ اْلأَرْضِ خَطاَياَ ثُمَّ لَقِيْتَنِي لاَ تُشْرِكْ بِي شَيْئاً لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً
[رواه الترمذي وقال حديث حسن صحيح ]

Terjemahan hadist yang artinya:
Dari Anas Radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wasalam bersabda: Allah Ta'ala berfirman: Wahai anak Adam, sesungguhnya engkau berdoa kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka akan Aku ampuni engkau, Aku tidak perduli (berapapun banyaknya dan besarnya dosamu). Wahai anak Adam seandainya dosa-dosamu (sebanyak) awan dilangit kemudian engkau minta ampun kepada-Ku niscaya akan Aku ampuni engkau. Wahai anak Adam sesungguhnya jika engkau datang kepada-Ku dengan kesalahan sepenuh bumi kemudian engkau menemui-Ku dengan tidak menyekutukan Aku sedikitpun maka akan Aku temui engkau dengan sepenuh itu pula ampunan. (riwayat Turmuzi dan dia berkata: hadistnya hasan shahih).
  • Untuk kehati-hatian kita bersama, Baca juga Badar Besi
Dari yang sedikitnya pengetahuan saya tentang syirik ini semoga saya dan kita semua terhindar dan dapat mendorong diri saya khususnya untuk senantiasa berupaya mempertebal keyakinan dan keimanan kepada Allah Subhanahuwa Ta'ala dagar dapat terhindar dari sifat syirik. aaaamiiiiin.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger