DESA CILEMBU

Mandi Wajib adalah

Mandi wajib, mandi junub, mandi besar atau mandi jinabat yang benar adalah mandi yang menurut hukumIslam adalah wajib dilakukan oleh seorang muslim baik oleh laki-laki maupun perempuan untuk membersihkan diri dari hadas besar dengan melakukan rukun atau aturan yang telah ditetapkan. Sungguh seringkali saya lupa dan melupakan hal-hal yang saya anggap sepele seperti mandi wajib ini, padahal namanya juga wajib, ya...wajib atuh. 
Apalagi tempat saya tinggal mah berada didaerah pegunungan yang cuacanya dingin, kira-kira dua kali lebih dingin dari Puncak - Bogor, sehingga jika tidak sedang berkebun ubi cilembu, saya teh jarang banget mengeluarkan keringat, dengan begitu mandi ala koboy (baca: cuci muka doang) sudah cukup-lah..lagi pula ibue' sering bilang...ini menurut ibue' loch yah...bukan menurut saya, tanpa mandi-pun saya mah tetap wangi dan manis selalu...karena sering dipuji begitu, akibatnya saya jadi jarang mandi, cukup 3 hari sekali saja, ngirit air-kan....hadeuh.
Mandi wajib, mandi junub, mandi besar atau mandi jinabat
Sebab hal tersebut diatas maka, untuk jadi pengingat, maka mandi wajib, mandi junub, atau mandi besar ini kemudian tersuguhkan untuk para adik-adik yang jarang mandi seperti saya tentunya....keren kan saya ya?
Rukun mandi wajib ada 3 :
  1. Niat dalam hati
  2. Menghilangkan kotoran dan najis dibadan
  3. Meratakan air keseluruh badan hingga kesemua lipatan-lipatan badan termasuk rambut.
Mandi Wajib dilakukan bila:
  • Melakukan hubungan pasutri
  • Keluar air mani karena bermimpi
  • Mati melainkanmati syahid
  • Keluar haid bagi perempuan
  • Nifas
  • Melahirkan 
  • Masuk Islam (bagi mualaf)
3 doa (niat) mandi wajib berdasarkan sebab :
  1. Jika mandi wajib, mandi besar atau mandi junub yang disebabkan karena haid (bagi perempuan), Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar minal haidi fardlal lillaahi ta'aalaa.
  2. Mandi wajib, mandi besar atau mandi junub yang disebabkan karena mimpi basah, melakukan hubungan pasutri maka niatnya adalah, Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlal lillahi ta'aalaa.
  3. Mandi wajib, mandi besar atau mandi junub yang disebabkan karena nifas, Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal nifasi fardlal lillahi'ta'aalaa.
Niat mandi wajib, mandi besar atau mandi junub tersebut cukup diucapkan dalam hati yang artinya adalah Sengaja aku niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar (sebutkan sebab), dan wajib karena Allah Ta'allaa
Semoga ulasan singkat dari mandi wajib ini dapat mengingatkan saya untuk tidak menyepelekan rukun-rukun wajib yang telah di tetapkan-Nya.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger