DESA CILEMBU

Niat dan Cara Mandi Wajib Sesudah Haid

Bagi anak gadisku hiad pertama baru saja dilewati, laporan dari ibue' tentang bagaimana kepanikan melandanya beberapa saat setelah kehadiran haidnya ini, penjelasan yang sebelumnya sudah diberikan ibue' ternyata tidak dapat membendung kegelisahannya saat menghadapi kedatangan tamu tak diundang untuk pertama kalinya ini. 
Sore, hari ke empat kegalauannya dapat diatasi, bagian bapake yang mendapat tugas untuk menjelaskan bagaimana niat dan cara mandi wajib sesudah haid, maklum kalau soal teori bapake emang jagonya, dari pada menjelaskan pada anak gadisku yang mulai beranjak remaja mendingan tak suruh dia buka web keren ini, dan mempersilahkan membaca artikelnya secara lengkap tentang : 
Niat dan Cara Mandi Wajib Sesudah Haid
Haid merupakan penghalang bagi kaum wanita dalam melaksanakan ibadah sholat dan puasa, sebab itu wajib baginya untuk mandi wajib yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu Allaihi wa'sallam, sesuai dengan yang diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiyallahu'Anha bahwa seorang wanita bertanya kepada Nabi Shallallahu'alaihiwa'sallam, beliau bersabda: Hendaklah dia mengambil sepotong kapas atau kain yang diberi minyak wangi kemudian bersucilah dengannya. Wanita itu berkata: bagaimana caranya aku bersuci dengannya?. Beliau bersabda: Maha Suci Allah bersucilah!,Maka 'Aisyah menarik wanita itu kemudian berkata: Ikutilah (usaplah) olehmy bekas darah itu dengannya (sepotong kain/kapas). (HR. Muslim: 332)

Niat mandi wajib sesudah haid
Sengaja aku mandi membersihkan hadas haid karena Allah Ta'ala. Nawaitulghuslaliraf'ilhadatshi akbar minal haidi fardhol lillahita'ala 
Beberapa hal yang wajib dilakukan oleh seorang wanita bila telah bersih dari haid adalah membersihkan seluruh anggota badan dengan menyiramkan  air keseluruh badan sampai kepangkal rambut, adapun Cara Mandi Wajib Sesudah Haid yang diriwayatkan oleh Imam At-Tarmizi, adalah:
  1. Membaca Bismillah dan berniat mandi wajib haid
  2. Membasuh telapak tangan dan tangan hinggasiku sebanyak 3 kali
  3. Membasuh bekas haid dengan kapas atau kain, kemudian di siram air
  4. Berwudhu seperti hendak sholat, kecualai kaki dibasuh setelah mandi.
  5. Membasuh seluruh rambut di kepala hingga kepanggal rambut menggunakan jari tangan.
  6. Membasuh seluruh tubuh dan telinga sebanyak 3 kali
  7. Meratakan air keseluruh badan dari lambung kiri dan lambung kanan dari atas hingga kebawah
  8. Menggosok bagian-bagian tubuh yang tersembunyi
  9. Mambasuh kaki
Semoga anak gadisku dapat melaksanakan rukun-rukun niat dan cara mandi wajib sesudah haid diatas dengan benar, dan semoga anak gadisku diberikan kesehatan dan keceriaan selalu.


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger