DESA CILEMBU

Off-road

Beberapa jenis olahraga off-road tentu patut diketahui oleh seorang pemula seperti saya yang belum lama menyukai olah raga yang dapat jadi pemicu adrenalin ini, pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga off-road menjadi wajib untuk dimiliki. Oleh sebab itu untuk menambah perbendaharaan pengetahuan, saya banyak googling dan bertanya kepada para senior di komunitas off-road Jeep yang baru satu setengah tahun ini saya ikuti.
Off-road
Diantara pengetahuan yang baru saya kenal itu diantaranya adalah ternyata untuk menjadi bagian dari komunitas offroader kita harus menjadi bagian dari Indonesia Off-road Federasi (IOF), adalah wadah bagi para pencinta olag raga ekstrim di Indonesia 
DCI (Diplomat Challenge of Indonesia) adalah ajang lomba off-road yang paling menantang dan termasuk yang paling ekstrim di Indonesia dibawah lisensi IOF dan tidak semua pencinta off-road dapat mengikutinya, disamping diperlukan beberapa kriteria yang rumit, jenis kendaraan serta segala alat bantu keamanan yang canggih juga harus dimiliki.
Beberapa jenis olah raga off-road yang sering dilombakan adalah:
  1. Cross Country, merupakan jenis lomba off-road yang lebih mengutamakan ketahanan fisik dan kemampuan kendaraan untuk melakukan safari, perlombaan ini dilakukan beberapa hari dengan rute berbagai jenis seperti melewati padang pasir, lumpur, perbukitan, menyusuri pantai, menembus hutan belantara dan lain-lain.
  2. Dune Bashing, biasa disebut dengan safari gurun adalah jenis perlombaan off-road yang dilakukan dengan rute perjalanan yang dilakukan beberapa hari melewati perbukitan dan gurun pasir.
  3. Raid, adalah jenis olah raga dengan rute melewati daerah yang tidak berpenghuni dan belum pernah dilewati oleh kendaraan, oleh karena itu maka kendaraan yang mengikuti lomba Raid ini harus memeiliki kemampuan untuk dapat menampung bahan bakar yang cukup dalam melakukan safari raid, dan kendaraan serta harus mampu membawa perbekalan yang cukup.
  4. Muding, atau lumpur adalah jenis olah raga off-road dengan melewati lahan berlumpur basah yang luas.
  5. Greenlaning, lomba jenis ini dapat diikuti oleh semua penyuka olahraga off-road ini karena rute yang dilweati hanya berupa daerah pedesaan dan pegunungan yang relatif mudah
Peralatan standar yang harus dimiliki oleh offroader adalah :
  • Snach block, atau gruond anchor
  • cangkul
  • Sekop
  • Snackle (besipengikat)
  • Strap (tali sling/penarik)
Itulah sekelumit pengetahuan baru saya seputar beberapa jenis olah raga off-road, lumayan kan?


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger