DESA CILEMBU

Cara membuat anak Nakal menjadi Disiplin

Faktor dominan yang dapat membentuk karakter seorang anak tentu berbeda-beda sangat tergantung pada pola asuh didalam keluarga, dan lingkungan dimana kita tinggal, selain ada faktor-faktor lain yang menyebabkan anak menjadi nakal.
Kata nakal akan lebih enak terdengar jika kita sebut dengan bandel, sebab kata nakal lebih identik pada prilaku anak yang menjurus pada tindakan kriminal, sedangkan kata bandel menurut kriteria dan pengetahuan saya adalah lebih kepada prilaku anak yang masih dalam prilaku tingkat yang wajar, anak yang bandel hanya selalu melakukan tindakan berulang dari apa yang telah kita larang, hari ini kita nasehati, dalam jangka waktu dua sampai dengan tiga hari si anak dapat menuruti, pada hari selanjutnya kerap melakukannya lagi, begitu kira-kira kriteria bandel yang saya maksudkan.
Pada umumnya prilaku bandel ini sering dilakukan oleh anak-anak usia puber, biasanya saat anak memasuki usia sekolah tingkat pertama, karena pergaulan pada anak usia ini semakin luas dan lebih bervareasi dibandingkan pada saat anak bersekolah di tingkat dasar.
Untuk mencegah anak yang bandel tidak meningkat menjadi anak yang nakal, alangkah lebih bijaksana jika kita sebagai orang tua mulai mencoba mendisiplinkan rutinitas kegiatan mereka sehari-hari.
Dibawah ini adalah salah satu contoh Cara membuat anak bandel (Nakal) menjadi Disiplin dengan membuat jadwal rutinitas anak dalam kesehariannya.


NoJamAKTIFITASCatatan
105.00 - Bangun
205.10 - 05.30Mandi, Sholat Subuh + Mengaji
305.30 - 06.00Membantu IbuMenyapu rumah, dll
406.00 - 06.10Bersiap berangkat Sekolah
507.30 - 12.30Sekolah
612.30 - 12.45Pulang Sekolah + Sholat Dzuhur
713.00 - 14.00Tiba dirumah + Istirahat
814.00 - 14.30Buka Buku Pelajaran tadi pagi
914.30 - 15.30Main
1015.30 - 15.45Sholat Ashar
1015.45 - 17.00Mengerjakan tugas dirumahMenyiram bunga, dll
1117.00 - 17.15Mandi sore
1217.15 - 18.00Bercengkrama dengan keluarga
1318.00 - 19.30Sholat Magrib + Mengaji + Isya
1419.30 - 21.00Belajar
1521.00 -Tidur malam

Jadwal cara membuat anak nakal menjadi disiplin diatas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat ke-bandel-an sianak.
Perlu diketahui juga, sejak kelas enam SD, jadwal inilah yang telah menjadikan saya selalu meraih peringkat satu dan selalu berada pada peringkat tiga besar hingga lulus sekolah tingkat atas, walaupun saya termasuk anak yang bandel, tapi ganteng, juga pinter...orang tua saya selalu bahagia punya anak seperti saya, dan yang pasti mereka tidak terlalu setres menghadapi kebandelan saya....hlaaaa

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 komentar

Ambil pertamax nya dulu.. :)

Balas

makasih Pak Ci atas ilmunya....

Balas

begitu yg Mas... baiklah... boleh juga kalau mau menggunkan jadwal tu untuk anak2 lain... mudah2an berkesan

Balas

Cocok banget mang sama saya yang keseharian ngemong anak-anak SD, terima kasih

Balas

yang pertamax segera transfer yah :ng

Balas

semoga menjadikan anak-anak tetap bergembira :-d

Balas

wahhh kerennn ini dibuatkan jadwal nya biar lebih disimplin yah kang :)

Balas

pas banget kalau kemudian siswa di suruh bikin tugas untuk dirinya sendiri, kemudian jadwalnya di tempel di kamarnya, lalu di ikuti...bilang ajah sama siswanya setiap minggu akan di periksa ke orang tuanya masing-masing...pasti siswa bakalan manut.

Balas

awalnya mungkin disiplin karena takut, tapi sebulan kemudian anak akan menjadi terbiasa sampe tua..nih contohnya saya sendiri nih...:ng

Balas

asyik ada juga tipsnya, tapi saya nggak ada anaknya kang , kmha tah?

Balas

Tips yang bagus sekali mas :) hehe buat bekal saya nanti kalau udah punya anak nih, terima kasih infonya mas (y)

Balas

Kalo daftar tabel di atas sih dulu saya juga waktu SD pernah bikin kang, tapi bukan orang tua yang bikin melainkan inisiatif sendiri...tapi ya gitu deh namanya juga masih anak-anak, pada awalnya itu jadwal bisa dilaksanakan dengan baik tapi lambat laun suka gak diperhatiin lagi deh...

Balas

anak tetanggga masih banyak tuh, comot aja atu biji mah :D

Balas

Bagus ni, cara mendisiplinkan anak dengan melatihnya sejak dini, kebetulan anak saya masih 2 tahunan, lebih mudah untuk membentuknya

Balas

aaaamiiiin, senang rasanya jika suguhan ini berguna. ^_^

Balas

kalau dibikinin jadwal yang terlalu ketat justra saya makin bandel aja bang. hehee

Balas

Perlu juga pendekatan secara persuasif Mang, kalau anak sama orang tua ngerasa deket pasti dia juga akan nurut apa yang orang tuanya inginkan. Ini bukan mengekang anak cuma orang tua juga perlu menggiring anak memahami arti sebuah tanggung jawab.

Balas

mengajarkan disiplin sejak kecil ya Kang, saya akan pakai cara ini nanti Kang

Balas

anak nakal kok dibikin jadwal ..paling bertahan dua hari aja ituh...

Balas

langsung pasang ditembok, yg melanggar disetrap

Balas

Sadis nih, haha.

Balas

kalau begitu ya udah mendingan dibunuh ajah anaknya atuh-lah :ng

Balas

nanti....kapan kang?

Balas

akibatnya sekarang akang belum jadi orang kaya kan?

Balas

persisi kang, tujuan utamanya adalah mendidik anak sejak dini lebih nempel

Balas

itu makanya sampai seusia sekarang akang belum sukses juga kan? :ng

Balas

hehehe....yang baru nikah belum punya pengalaman kan?
teori seperti itu memang perlu diketahui oleh orang tua, tapi jika anaknya bandel setengah mati, nurut dari mananya, coba? diperlukan kedisplinan sejak dini

Balas

lha kirain saya mah ini artikel terbaru kang, eh ternyata artikel lama yang kang lembu share lagi yah di google plus... triknya boleh juga nie kang saya ikutin

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger