DESA CILEMBU

Main di Sawah

Sejak Troy masuk Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) kami bertiga ngga pernah lagi main disawah, sebelumnya hampir disaat sedang ngga terlalu sibuk, pagi ataupun sore hari pasti ngajak mereka main kepematang sawah dan membiarkan anak-anak bermain lumpur jika sedang ada lumpurnya. Tetangga sering bertanya kenapa membiarkan anak-anak main di tempat yang kotor, mereka merasa aneh dengan pola asuh yang saya terapkan pada anak-anak, mereka sebagai penduduk asli Desa saja ngga pernah membiarkan anak-anaknya ataupun cucu-cucunya bermain disawah....kotor.
Main di Sawah
Pola asuh seperti itu saya ambil dari pengalaman salah satu keluarga besar saya yang berprofesi sebagai dokter yang tinggal dirumah mewah, dikota. Anak-anaknya sangat dilarang untuk dapat bermain diluar rumah, jangankan bisa main di sawah, untuk bermain dihalaman rumahnya yang luas saja kedua orang tuanya kerap kali melarangnya, semua sarana dan prasarana untuk bermain telah disediakan sangat lengkap disebuah ruangan yang dibangun khusus untuk anak-anaknya bermain. Akibat yang terjadi pada saat anak-anaknya beranjak besar dan harus bersekolah, mereka jadi mudah sekali sakit.
Main di Sawah
Main di Sawah
Atas dasar hal tersebut itulah maka pola asuh yang saya terapkan (selain juga karena memang tidak mampu menyediakan sarana bermain yang lengkap) membebaskan anak-anak bermain diluar rumah, sawah dan selokan (selokan disini airnya jernih, langsung dari mata air Gunung Kareumbi)
Alhamdulillah, meskipun cuaca desa Cilembu lumayan ekstrim dinginnya, berkat pola asuh yang demikian itulah, anak-anak jadi jarang sakit dan selalu fit.
Mari kita ajak anak-anak bermain di sawah, agar mereka kelak jadi anak-anak yang kebal dari berbagai penyakit
Semoga anak-anak, dan putra-putri kita sehat dan ceria selalu, selamanya...aaamiiiin

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

52 komentar

Kelakuan saya waktu masih kecil tuh kang, sering banget maen di sawah bahkan udah SD aja saya mah masih demen maen ke sawah, apalagi kalo lagi musim miara ikan mas, disaat yang laen pada miara ikan saya juga suka ikut-ikutan miara ikan walaupun suka gak dapet hasil cuma sekedar ikut-ikutan doang...

Tapi kalo di daerah saya mah sawahnya jauh-jauh kang, udah gitu sawahnya juga gak kayak di daerah kang Lembu, itu mah sawahnya cetek, kalo disaya mah sebutnya sawah darat, kalo di saya mah yang khusus buat nanem padi mah sawah ranca banyak leutak alias lumpur...

Balas

Widiih keren euy ada ucapan selamatnya segala, tapi kenapa musti saya yang harus transfer coba, aturan saya atuh yang dapet hadiah transperan ubi cilembu...

Sok atuh ajaran saya kang, bikin kayak yang begituan...gimana caranya itu? Saya jadi kepengen nie...beneran ini mah :)

Balas

saya waktu kecil alhamdulilah selalu sehat,main di sawah terus,renang disungai,pokoknya mbolang terus hehe

Balas

hiyah kang, di sini mah sawahnya sawah saling silang, di tanam padi hanya untuk menetralisir tanahnya, sebab setelah ditanam padi hasil panen ubi akan bagus...jadi padi bukan hal yang utama disini mah, makanya sawahnya kaya gituh itu deh.

Balas

pantesan pas gede jadi tomboy ya...=)D

Balas

Saya waktu SD juga sering main kesawah, ngambil ikan cupang.. Tapi sayangnya 10th kemudian udah jadi perumahan... Sawahnya ilang... :(

Balas

waktu kecil, saya suka suka main disawah kang Lembu, maklumlah sbgai anak kampung hehe, tapi seru juga ya kang, sambil bawa urek buat ngeruk belut wkwkkwkw

Balas

dapat menjadi sumber inspirasi nih jika anakku sudah agak gede nanti kang.amiin...semoga anak2 kita selalu sehat

wah si troy sudah gede yakang

Balas

tumben komentarnya pada juara
ada apa ini?

Balas

ilang kemana?
masak sih saya masukin dompet?
nggak muat kalee

Balas

kalo saya mah ke sawah,ke kebon, ke sungai sudah biasa kang.tapi sekarang masalahnya lahan pertanian semakin kecil karna banyaknya pembangunan..

Balas

Jadi Ingat waktu masih kanak-kanak dulu ni kang, makanya jadi kuat kayak gini...

Balas

good play dech pokoknya buat si buah hati mas,, kebebasan untuk memberikan pendidikan dengan cara mengenal alam dan lingkungan sekitar akan membantu proses tumbuh kembang sang anak..
ngomong2 mas Thea ini seorang dokter ya?

Balas

Bener juga Mang Lembu,kita bisa bandingkan antara anak kampung dan anak Kota,anak kampung lebih gesit nggak takut kotor,jalan tampa alas kaki uga oke,coba anak kota gerimis sedikit saya langsung sakit,jalan tanpa alas kaki terlihat tidak normal,seperti kesakitan,,,( beda banget ) anak kampung hujan-hujanan is ok,coba anak Kota,langsung dibawa ke UGD hehehe

Balas

anak saya setiap hari main di sawah,cari belut ( ngurek ) nggolek welut nang sawah ....

Balas

jadi ingett waktu kecil nih kang dulu kalo disawah udah panenn suka dipake buat main bola kalo bukan main bola yaaa main perang jerami :D dan akhirnya gini saya gak gampang kena pnyakit mungkin dikarenakan tubuh saya sudah dibiasakan kayak gitu kali yaahh jadinya kebal :D

Balas

yia betul sekali bos, dilingkungan Saya juga ada anak yang nggak pernah dibolehkan main keluar rumah, sekarang kena panas aja langsung tepar, mudah sakit dah pokoknya, jadi selama itu wajar, sebaiknya biarkan anak-anak main diluar rumah, yang penting sebagai orang tua selalu memantau...

Balas

sepakat dengan mang de' kelak anaknya bakalan tragel dan sagala bisa mang..yakin

Balas

persis mang, kalau belutnya banyak bisa di jual dipasar, lumayan bisa buat nambahink reditan motor kan, hasilnya ;)

Balas

ilang di gondol kalong wewe pasti... =(

Balas

pembangunan memang merusak tempat maen ya kang.
stop pembangunan :D

Balas

saya sudah pasang cctv di sawah dan kebun ubi cilembu saya kang....keren kan saya ya?

Balas

kuat malu...kaya saya kan?

Balas

setuju dgn cara Kak Lembu inih..!
memang harus sedini mungkin.. ditanamkan jiwa menyatu dgn alam.. biyar adek2 sy ituh tau bagaimana kerasnya.. belantara hidup.. heheh nda nyambung ya Kak Lembu..!

kebanyakan dari kita lebih takut dgn yg namanya bakteri.. padahal yg di atas menciptakan sesuatunya itu ada manfaatnya bagi manusia.. contoh kecilnya saja pada cara makan..

kebal mana ..org yg makan pake sendok.. atau pake tangan..n di ujung jari2 kita ada bakteri khusus untuk...aahh lupa Kak Lembu kata pak Ustad.. hehehe...

pernah juga ikuti pola hidup sehat.. eee malah cepat sakit...Betul apa bener nih Kak Lembu..! hehehe

Balas

kuat luar dalam mungkin Kak Lembu..! hhihihihi

Balas

kebal nda mempan senjata begitu maksudnya ya cinta..?

Balas

hehehe... betul..betulll

Balas

yaaa... semoga jagoan2 Kakak2 di ats sehat2 selalu. tidak mudah terkena penyakit.. kalo pun kena.. semoga cepat sembuh dan dapat beraktifitas kembali

Balas

ha.ha....akhirnya bisa komentar disini ...


udah gitu aja...

Balas

aaaamiiiiin...makasih ya om :-bd

Balas

hlaaaa....perusuh komentar akhirnya masuk juga. :ng

Balas

kuat luar bisa angkat karung, kalau kuat dalam...apanya yang kuat, coba?

Balas

tumbuh kembang anak memang sangat tergantung pada siapakah ayahnya..:ng

hah...dokter?...keren juga kan saya ya

Balas

berarti nga perlu di imunisasi..tauu!!

Balas

kalau ditanya bener atau ngga, kapan sih saya salah?..mang lembu tea gituuh... =)D

Balas

WAH INDAH SEKALI VIEW PERDESAAN N SAWAHNYA DI SINI..

Balas

Saya mau masuk komentar...kalau muncul 2x....tolong padam yea..

Di kampung saya dulu tak ada sawah padi...yang ada cuma pohon getah....Jadi tak pernah merasa barmain di sawah.. :(

Balas

Saya mau masuk komentar...kalau muncul 2x....tolong padam yea..

Di kampung saya dulu tak ada sawah padi...yang ada cuma pohon getah....Jadi tak pernah merasa barmain di sawah.. :(

Balas

Sawah di daerah saya sudah ditanami tanaman perumahan Kang hehe

Balas

seindah dirimu akak =D

Balas

biarin 2x ge'..nambah banyak komentar :ng
perkebunan karet maksudnya ya?

Balas

menjadi semacam anti bodi..
sayang sudah jauh dari sawah, paling ketemu got

Balas

betul, indah sekali

Balas

Indah kalalo keless...:ng

Balas

Kalau di sana, di panggil perkebunan karet.....
hehe..betul lah tu..saya baru google :)

Balas

ini mah hobby aku banget mang lembu :)

Balas

senengnya anak-anak main disawah... lucu ya

Balas

Kalau anak main disawah sih gak masalah kang, yang ngeri itu main di jalan atau lampu merah, nanti malah terpengaruh untuk minta - minta pada pengendara mobil, motor atau sejenisnya

Balas

saya juga hadir....

"Terima kasih sudah berkomentar"

Balas

Mungkin karena antibodi tubuh semakin kuat karena menyesuaikan dengan kondisi ditambah suasananya yang masih minim pencemaran jadi bisa bikin anak 'strong' terhadap penyakit hehe

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger